Apa Itu Social Media Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

apa itu social media marketing

Social media marketing bisa menjadi strategi yang potensial untuk mempromosikan bisnis Anda secara digital. Bahkan pada awal tahun 2023 ini, jumlah pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai sebanyak 167.000.000 atau setara dengan 60,4% dari total populasi di negeri kita ini. Artinya, ada peluang besar yang bisa Anda capai dengan menjalankan social media marketing. Sebelum melaksanakan strategi ini, sudahkah Anda memahami apa itu social media marketing serta manfaatnya bagi bisnis?

Ya, Anda perlu memiliki konsep yang benar mengenai social media marketing atau pemasaran media sosial. Strategi ini tidak hanya dijalankan dengan membagikan konten di media sosial, tetapi juga Anda perlu melakukan riset agar strateginya tetap berhasil.

Simak artikel ini untuk membahas seluk-beluk social media marketing serta manfaat yang bisa dirasakan dari strategi ini!

Pengertian Social Media Marketing

Mari kita mulai dengan membahas definisi dari social media marketing serta tujuan yang bisa dicapai melalui strategi ini.

Definisi Social Media Marketing

Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis, produk, layanan, atau merek kepada target audiens. Penggunaan berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan TikTok, Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan potensial dan meningkatkan visibilitas merek.

Baca Juga: 18 Rekomendasi Social Listening Tools yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Tujuan Social Media Marketing

Setiap bisnis mempunyai tujuan yang berbeda dalam menjalankan strategi social media marketing. Pertama, social media marketing memiliki tujuan utama, yaitu membangun dan meningkatkan kesadaran merek melalui konten yang menarik dan relevan. Kehadiran bisnis secara digital melalui konten yang diunggah membuat bisnis lebih dikenal di tengah persaingan yang kian ketat.

Kedua, social media marketing bertujuan untuk penelitian dan pengembangan (research and development). Melalui tujuan ini, perusahaan bisa mengetahui tren terkini serta menghindari ketertinggalan dibandingkan kompetitornya. Berikutnya, social media marketing dilakukan dengan tujuan membangun komunitas agar bisnis bisa terhubung dengan calon pelanggan dan menciptakan ruang bagi pelanggan untuk berinteraksi satu sama lain.

Keempat, social media marketing juga bertujuan sebagai sarana hubungan masyarakat (humas). Bisnis ingin menciptakan hubungan positif dengan publik dan media sosial merupakan salah satu sarananya. Terakhir tetapi tidak kalah penting, social media marketing dijalankan untuk mendorong penjualan dan leads. Konten yang menarik dan hubungan yang terbangun dengan calon pelanggan dapat membangkitkan minat terhadap produk atau layanan dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan pembelian.

Manfaat Social Media Marketing

Social media marketing memiliki manfaat yang signifikan apabila diterapkan sebagai strategi pemasaran dalam bisnis. Berikut adalah manfaat dari social media marketing:

1. Meningkatkan Visibilitas dan Kesadaran Merek

Manfaat utama dari social media marketing adalah meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek. Anda berkesempatan untuk mempromosikan mereknya kepada audiens yang lebih luas melalui media sosial. Melalui konten yang menarik dan relevan, Anda bisa membangun brand identity yang kuat dan menghadirkan merek di benak pelanggan potensial.

2. Membangun Komunikasi dan Interaksi dengan Pelanggan

Social media marketing bermanfaat sebagai sarana komunikasi langsung dengan pelanggan Anda. Anda bisa merespons pertanyaan maupun mengatasi masalah pelanggan menggunakan media sosial. Hubungan yang terjalin bersama pelanggan dapat menciptakan loyalitas yang lebih tinggi serta membangun reputasi yang positif.

3. Meningkatkan Lalu Lintas dan Konversi

Manfaat ini bisa dirasakan dengan mengarahkan audiens untuk mengunjungi website atau landing page melalui tautan (link) pada unggahan media sosial. Anda bisa meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan konversi, baik itu berupa penjualan, leads, maupun tindakan lain yang diinginkan dari audiens. Social media marketing membuka pintu untuk mengarahkan calon pelanggan langsung ke tindakan yang diinginkan.

4. Memperluas Jangkauan Pasar

Indonesia memiliki populasi yang besar. Kini, makin banyak orang yang terhubung dengan internet dan media sosial. Berinvestasi dalam social media marketing dapat memperluas jangkauan pasar Anda, bahkan ke wilayah yang sulit dijangkau melalui metode pemasaran tradisional.

5. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Social media marketing dapat membangunnya kepercayaan pelanggan melalui konten yang informatif, konsisten, dan terpercaya. Bisnis Anda pun bisa menunjukkan kompetensi dan dedikasi kepada pelanggan potensial. Kepercayaan yang terbangun meningkatkan peluang konversi dan retensi pelanggan.

Baca Juga: 5 Langkah Membangun Strategi Social Media Holiday

6. Mudah Menentukan Segmentasi

Platform media sosial menyediakan tools untuk menargetkan audiens dengan spesifik sehingga Anda bisa menentukan segmentasi berdasarkan usia, lokasi, minat, perilaku, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa mengirimkan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat, yang pada akhirnya bisa meningkatkan efisiensi kampanye yang dijalankan.

7. Biaya yang Cukup Terjangkau

Dibandingkan dengan iklan di televisi atau cetak, social media marketing menawarkan biaya yang lebih terjangkau dan fleksibilitas yang lebih besar. Bahkan dengan anggaran yang terbatas, Anda berpeluang mencapai hasil yang efektif dengan beriklan di media sosial.

8. Mengenal Strategi yang Dilakukan Kompetitor

Melalui media sosial, Anda lebih mudah memantau aktivitas dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor. Anda bisa mengamati kampanye, memahami strategi yang berhasil dijalankan, serta menghindari kesalahan yang dilakukan. Informasi ini memberikan wawasan berharga dalam meningkatkan strategi pemasaran Anda.

9. Meningkatkan Angka Penjualan

Pada akhirnya, tujuan paling penting dari social media marketing adalah meningkatkan angka penjualan. Anda perlu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan cara menarik minat mereka melalui konten yang menarik. Tentunya Anda perlu menargetkan audiens yang tepat supaya potensi untuk konversi dan pertumbuhan bisnis bisa meningkat.

banner

Strategi dalam Social Media Marketing

Melihat manfaat di atas, tentu Anda sudah berpikir bahwa social media marketing merupakan strategi yang potensial. Alasan tersebut tidak hanya didasarkan pada banyaknya populasi Indonesia yang menggunakan media sosial, tetapi juga manfaat lain di baliknya. Agar manfaat tersebut bisa dicapai, Anda perlu menerapkan beberapa strategi di bawah ini!

1. Menjalankan Audit Media Sosial

Mulailah dengan melakukan audit media sosial. Tinjau kinerja platform media sosial Anda saat ini dengan analisis SWOT. Identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut, serta ancaman yang bisa terjadi pada bisnis Anda. Pemahaman yang jelas mengenai media sosial dapat membantu dalam merancang rencana yang lebih terfokus.

2. Menetapkan Sasaran dan Metrik

Sulit untuk mengukur keberhasilan kampanye social media marketing Anda tanpa sasaran yang jelas. Maka dari itu, tetapkan tujuan dengan metode SMART yang terdiri dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound. Selanjutnya, tentukan metrik yang akan digunakan untuk mengukur kemajuan Anda dalam mencapai tujuan tersebut.

3. Mengamati Target Audiens

Langkah ini dilakukan dengan mengenali preferensi, kebutuhan, dan kebiasaan target audiens Anda di media sosial. Memahami audiens dengan lebih baik dapat membantu Anda dalam membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

Baca Juga: Marketing Communication: Pengertian, Tujuan, dan Strategi dalam Pemasaran

4. Menentukan Platform Media Sosial yang Digunakan

Tidak semua platform media sosial cocok untuk bisnis Anda. Tentukan platform mana yang paling sesuai dengan target audiens dan jenis konten yang ingin dibagikan. Namun, jangan ragu untuk menggabungkan beberapa platform untuk mencapai audiens yang lebih luas.

5. Menentukan Strategi Konten

Konten adalah inti dari social media marketing. Anda perlu menciptakan konten yang menarik, bervariasi, dan relevan dengan target audiens. Gunakan berbagai format konten, seperti gambar, video, infografis, dan artikel, supaya audiens Anda tetap terlibat dan tertarik.

6. Menyelidiki Strategi Social Media Marketing Kompetitor

Pantau kompetitor Anda dan pelajari strategi yang mereka gunakan. Langkah ini tidak berarti Anda harus meniru, tetapi mengambil inspirasi dan menyesuaikannya dengan strategi branding yang dijelaskan. Cari tahu strategi yang berhasil dan gagal, lalu terapkan hasil penemuannya dalam strategi Anda sendiri.

7. Berkolaborasi dengan Influencer

Influencer memiliki basis pengikut yang lebih besar. Mereka bisa membantu menyebarkan pesan yang ingin disampaikan dengan lebih efektif serta meningkatkan kredibilitas Anda di mata audiens. Pilih influencer yang sesuai dengan industri Anda dan berkolaborasilah dengan mereka untuk kampanye pemasaran yang lebih luas.

8. Memanfaatkan Fitur Iklan Berbayar

Berdasarkan analisis target audiens, Anda bisa menggunakan strategi iklan berbayar untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan relevan. Platform media sosial menawarkan berbagai opsi iklan berbayar yang bisa disesuaikan dengan anggaran Anda.

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing 2021 yang Perlu Diketahui

9. Mengukur Performa Social Media Marketing

Pantau dan analisis kinerja kampanye Anda secara teratur. Gunakan metrik yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mengukur jika Anda sudah mencapai tujuan yang ditentukan. Perbaiki strategi Anda berdasarkan hasil analisis ini untuk meningkatkan efektivitas kampanye.

10. Melakukan Evaluasi secara Berkala

Terakhir, ingatlah bahwa strategi social media marketing adalah proses yang terus-menerus dan mengalami perkembangan. Lakukan evaluasi secara berkala untuk menilai keberhasilan kampanye dan memastikan Anda selalu berada di jalur yang benar menuju kesuksesan.

Kini, Anda sudah memahami apa itu social media marketing, manfaatnya bagi bisnis, dan strategi yang harus dilakukan dalam social media marketing setelah membaca artikel ini. Perlu diingat bahwa strategi social media marketing harus dijalankan secara konsisten dan terus-menerus agar Anda bisa merasakan manfaatnya secara optimal.

Tidak bisa dimungkiri bahwa menjalankan strategi social media marketing menguras waktu dan tenaga yang cukup banyak sehingga bisa mengalihkan perhatian Anda dari kewajiban mengurus kegiatan operasional bisnis. Selain itu, dibutuhkan juga keahlian di media sosial agar Anda bisa mencapai hasil yang sesuai dengan ekspektasi. 

Gunakanlah jasa sosial media dari ToffeeDev agar strategi social media marketing Anda tetap berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan. ToffeeDev sudah mendapatkan dukungan dari tim Meta (Instagram dan Facebook) dalam menghasilkan kampanye pemasaran yang sukses. Hubungi kami di sini dan mulailah berkonsultasi dengan ToffeeDev untuk strategi pemasaran media sosial Anda! Dapatkan kesempatan media sosial Anda di-review bersama ToffeeDev untuk mengetahui action plan yang strategis dalam mencapai tujuan kampanye bisnis Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top