Contoh Alt Text Serta Definisi dan Dampaknya untuk SEO Strategi

SEO ALT

Search Engine Optimization (SEO) menjadi sebuah strategi bisnis yang sedang gencar dilakukan oleh banyak perusahaan. Ada yang sudah menjalankan strategi SEO sejak lama, ada yang baru memulai melakukannya, dan ada pula yang ternyata belum tahu apapun tentang SEO beserta segala keuntungannya. Elemen di dalam SEO sendiri terhitung banyak. Dimulai dari optimasi di On Page SEO, Off Page SEO, hingga pencarian keyword yang bisa dibilang menjadi kunci dari strategi SEO ini.

Di dalam SEO sendiri, penggunaan konten dalam bentuk tulisan seperti artikel menjadi satu senjata utama. Dengan memuat keyword di dalam konten tersebut, maka optimasi website akan semakin baik pula. Keyword pilihan yang ada juga bisa semakin naik posisi di ranking mesin pencari Google. Namun di luar itu, sebenarnya ada satu bagian penting dari SEO yang harus dilakukan juga yaitu image SEO alt text.

Teknik SEO ini menjadi bagian penting dari SEO yang sayangnya lebih sering dilupakan. Mungkin banyak bisnis yang lebih fokus bermain di keyword dengan membuat artikel, tetapi melupakan penggunaan gambar (image) yang lebih proper. Sebenarnya apa yang dimaksud?

Baca Juga: Inilah yang Harus Anda Ketahui Mengenai HTTP dan HTTPS Untuk SEO

Definisi Image SEO Alt Text

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, strategi SEO menggunakan keyword sebagai senjata utama dalam bentuk konten artikel. Namun penggunaan teks di dalam image juga diperlukan untuk strategi SEO. Mengapa demikian? Karena SEO tidak hanya berpusat kepada konten teks saja, tetapi juga konten dalam bentuk image.

Jika Anda memperhatikan sebuah gambar yang ada di sebuah website, sebenarnya di dalam gambar tersebut memiliki judul sendiri yang berbeda-beda yang disebut sebagai alt text. Pertama, fungsi dari alt text itu berguna sebagai identitas atau judul dari gambar tersebut agar bisa dibedakan dengan gambar-gambar lainnya di dalam database. Namun untuk strategi SEO sendiri, image alt text berguna untuk membuat gambar tersebut bisa dioptimasi juga.

Ya, image tidak hanya berguna sebagai visualisasi dalam sebuah konten saja, tetapi juga bisa dioptimasi dalam ranking mesin pencari Google. Saat Anda membuat konten dalam satu laman menggunakan keyword, maka pencarian situs menjadi fokus utama di dalam mendapatkan ranking setinggi mungkin. Untuk gambar pun juga ada rangkingnya. Fitur pencarian images di mesin pencari Google-lah yang menjadi medium dari image SEO alt text ini.

Mengapa Alt Text Penting untuk Dilakukan?  

Alt text atau teks alternatif adalah deskripsi singkat yang disematkan dalam HTML untuk menggambarkan konten visual, terutama gambar, kepada pengguna yang tidak dapat melihat atau memproses gambar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa alt text penting:

1. Aksesibilitas

Alt text memainkan peran kunci dalam membuat konten web lebih dapat diakses bagi orang dengan disabilitas visual. Pengguna yang menggunakan pembaca layar atau perangkat bantuan lainnya dapat mendengar deskripsi gambar melalui alt text.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Alt text juga penting untuk SEO. Mesin pencari menggunakan alt text untuk memahami dan mengindeks gambar. Dengan memberikan deskripsi yang relevan dan akurat, Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda dalam hasil pencarian gambar.

3. Pemahaman Konten

Alt text membantu semua pengguna, termasuk mereka yang menggunakan koneksi internet lambat atau perangkat dengan tampilan gambar dinonaktifkan. Dengan membaca alt text, mereka dapat memahami konten yang ingin disampaikan melalui gambar.

4. Pengalaman Pengguna

Alt text juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Jika gambar tidak dapat dimuat atau jika pengguna memilih untuk menonaktifkan tampilan gambar, alt text memberikan konteks tentang apa yang seharusnya muncul.

5. Media Sosial

Saat berbagi gambar di media sosial, alt text dapat membantu menjangkau audiens yang lebih besar. Beberapa platform media sosial memungkinkan Anda menambahkan alt text ke gambar, sehingga orang dengan disabilitas atau yang menggunakan pembaca layar dapat mengakses dan memahami konten gambar.

6. Kepatuhan Hukum

Beberapa yurisdiksi memiliki persyaratan hukum terkait aksesibilitas web. Memasukkan alt text merupakan salah satu langkah untuk memenuhi persyaratan tersebut dan mencegah potensi masalah hukum.

Secara keseluruhan, penggunaan alt text adalah praktik terbaik untuk membuat web lebih inklusif, meningkatkan SEO, dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk semua orang.

Bagaimana Teks Alternatif Memberikan Dampak Pada SEO?

Alt text (teks alternatif) pada gambar memberikan dampak pada SEO (Search Engine Optimization) melalui beberapa cara:

1. Indeksasi Gambar

Mesin pencari menggunakan bot untuk menjelajahi dan mengindeks konten web. Alt text membantu mesin pencari memahami konten gambar karena memberikan deskripsi singkat tentang apa yang ada dalam gambar. Ini memungkinkan gambar diindeks dan ditemukan oleh mesin pencari.

2. Peningkatan Relevansi

Alt text yang relevan dengan konten halaman dapat meningkatkan relevansi halaman tersebut dalam hasil pencarian. Jika alt text secara akurat mencerminkan topik atau kata kunci yang relevan dengan halaman, gambar tersebut dapat dianggap sebagai elemen yang mendukung keberlanjutan tema dan kualitas konten.

3. Peningkatan Trafik Gambar

Alt text membantu menarik lalu lintas melalui pencarian gambar. Pengguna sering mencari gambar melalui mesin pencari, dan jika gambar di situs web Anda memiliki alt text yang baik, kemungkinan besar gambar Anda akan muncul dalam hasil pencarian gambar, membawa potensi pengunjung baru ke situs Anda.

4. Aksesibilitas dan Pemahaman Konten

Mesin pencari memberikan nilai tambah pada situs web yang memprioritaskan aksesibilitas. Alt text membantu mesin pencari memahami konten gambar, dan ini dapat mencerminkan kualitas dan keseluruhan relevansi halaman.

5. Peningkatan Pengalaman Pengguna

Alt text juga memainkan peran dalam meningkatkan pengalaman pengguna, yang pada gilirannya dapat memengaruhi SEO. Jika pengguna dapat memahami konten gambar dengan membaca alt text, mereka akan memiliki pengalaman yang lebih positif saat mengakses situs Anda.

6. Pencegahan Kegagalan Muatan Gambar

Jika gambar gagal dimuat, alt text akan muncul sebagai teks pengganti, memberikan konteks dan informasi tentang gambar tersebut. Ini membantu mencegah pengalaman pengguna yang buruk dan dapat mempengaruhi peringkat SEO.

Dengan memastikan alt text diatur dengan baik, relevan, dan mendukung konten halaman, Anda dapat meningkatkan keterbacaan oleh mesin pencari dan memberikan nilai tambah pada upaya SEO Anda.

Contoh Alt Text SEO Image

Bagi yang masih bingung tentang fungsi dari penggunaan teknik ini, di sini akan dijelaskan lebih detil dengan contoh kasus. Pada saat Anda ingin menggunakan gambar di dalam artikel “Resep Rendang Padang Terbaik” dengan menggunakan keyword “resep rendang padang”, maka Anda pastinya memasukkan gambar rendang di dalamnya. Nah, di sinilah kegunaan utama dari image SEO alt text. Anda harus memasukkan alt text gambar rendang tersebut dengan keyword “resep rendang padang”.

Nanti seiring optimasi yang dilakukan di laman artikel resep rendang tersebut, lama kelamaan gambar yang ada di dalam artikel tersebut akan naik posisi semakin tinggi di dalam mesin pencari Google khusus untuk gambar. Ketika orang mencari keyword “resep rendang padang” lalu masuk ke bagian gambar, image yang ada di website Anda tersebut bisa berada di peringkat atas dan semakin mudah untuk dilihat orang. Inilah yang membuat SEO alt text menjadi bagian penting yang seharusnya tidak boleh dilupakan dalam melakukan optimasi website.

Itulah penjelasan lengkap image SEO alt text yang wajib Anda ketahui. Jangan lupa untuk melakukan optimasi image, bukan hanya optimasi artikel saja agar peringkat website Anda semakin tinggi di rangking mesin pencari Google. Semoga informasi ini bermanfaat untuk penerapan strategi SEO Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top