Local SEO: Pengertian, Langkah dan Strateginya

local seo adalah

Dalam era digital saat ini, Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi suatu keharusan bagi bisnis online. Namun, bagi bisnis lokal yang ingin meningkatkan visibilitas mereka di tingkat lokal, terdapat strategi yang khusus dan lebih terfokus yang dikenal sebagai local SEO. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu local SEO, keuntungan yang dapat diperoleh darinya, langkah-langkah yang harus diambil untuk menerapkannya, faktor-faktor penting yang berperan dalam optimasi local SEO, serta strategi konten yang efektif dalam meningkatkan hasil pencarian lokal.

Pengertian Local SEO

Pengertian Local SEO

Sejarah penggunaan local SEO dimulai seiring dengan perkembangan internet dan popularitas mesin pencari (search engine) seperti Google. Pada awalnya, bisnis lokal mengandalkan media tradisional seperti iklan cetak, brosur, atau direktori nomor telepon untuk memperoleh eksposur di tingkat lokal. Namun, dengan meningkatnya penggunaan internet, orang-orang mulai mencari informasi tentang bisnis lokal secara online. Inilah saat local SEO mulai menjadi strategi penting.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa itu local SEO, mari kita simak bersama definisi serta keuntungannya di bawah ini.

Definisi Local SEO

Local SEO mengacu pada serangkaian strategi dan taktik yang digunakan untuk mengoptimalkan kehadiran online suatu bisnis agar lebih terlihat dan ditemukan oleh calon pelanggan di wilayah tertentu. Dengan fokus pada peningkatan visibilitas dalam hasil pencarian lokal, local SEO membantu bisnis untuk memiliki dan mencapai peringkat lebih tinggi pada mesin pencari seperti Google dan Bing ketika pengguna mencari produk atau jasa dalam lingkup geografis yang terbatas.

Banner SEO - General 2

Keuntungan Local SEO

Ada beberapa keuntungan penting yang bisa diperoleh dari implementasi local SEO. Pertama, local SEO membantu bisnis untuk menjangkau khalayak target yang lebih relevan secara geografis. Ini berarti bisnis dapat menarik pelanggan potensial yang berada di area dekat lokasi fisik mereka.

Kedua, local SEO dapat meningkatkan keterlihatan bisnis di Google Maps dan platform peta lainnya. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengunjungi bisnis secara fisik, meningkatkan peluang konversi dan kunjungan langsung ke alamat restoran, toko atau kantor.

Selanjutnya, layanan local SEO memungkinkan bisnis untuk bersaing dengan kompetitor lokal mereka. Dengan menerapkan strategi yang efektif, bisnis dapat memenangkan peringkat ranking yang lebih tinggi dalam hasil pencarian lokal, mengungguli pesaing mereka, dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Baca Juga: Perbedaan SEO On Page dan Off Page

Langkah-Langkah dalam Local SEO

Terdapat langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mulai menerapkan strategi local SEO, antara lain:

1. Optimalisasi Google Business Profile

Salah satu langkah pertama dalam local SEO adalah mengoptimalkan profil bisnis Anda di Google My Business. Google My Business adalah platform yang memungkinkan bisnis untuk mengelola informasi yang ditampilkan di hasil pencarian Google dan Google Maps. Pastikan untuk mengisi informasi bisnis dengan lengkap dan akurat, termasuk alamat, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi bisnis yang menarik. Selain itu, jangan lupa untuk mengunggah foto berkualitas tinggi yang mencerminkan bisnis Anda.

2. Penyesuaian NAP (Name, Address, Phone) yang Konsisten

Konsistensi data dalam informasi NAP (Name, Address, Phone) sangat penting dalam local SEO. Pastikan bahwa NAP bisnis Anda ditemukan di setiap platform online yang relevan, seperti direktori bisnis lokal, situs web, dan media sosial. Pastikan juga bahwa informasi tersebut konsisten di seluruh platform tersebut. Setiap perbedaan dalam NAP dapat membingungkan mesin pencari dan pengguna, yang dapat berdampak negatif pada peringkat dan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: 3 Langkah Praktis Local SEO Untuk Kuasai Pasar Bisnis

3. Penggunaan Kata Kunci Lokal

Menggunakan kata kunci lokal adalah strategi penting dalam local SEO. Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui kata kunci yang relevan dengan bisnis dan lokasi Anda. Gunakan kata kunci tersebut secara strategis dalam konten Anda, termasuk di judul, deskripsi, dan isi halaman web Anda. Ini akan membantu mesin pencari memahami konteks lokal bisnis Anda dan meningkatkan kemungkinan muncul dalam hasil pencarian yang relevan.

4. Membangun Tautan Lokal

Membangun tautan lokal atau backlink dari situs web lokal terkait adalah langkah penting dalam local SEO. Cari situs web lokal yang terkait dengan industri Anda, seperti direktori bisnis lokal, blog lokal, atau lembaga lokal, dan ajukan permintaan untuk mencantumkan tautan ke situs web Anda. Tautan lokal ini akan membantu meningkatkan otoritas dan kepercayaan situs web Anda di mata mesin pencari, serta meningkatkan peluang visibilitas lokal Anda.

5. Melakukan On-Page SEO

Tujuan utama dari SEO on-page adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam memahami isi konten situs web Anda. Semakin mudah konten Anda dipahami, semakin besar kemungkinan konten Anda akan muncul dalam hasil pencarian.

Prinsip ini juga berlaku untuk SEO lokal. Jika situs web Anda dapat diidentifikasi dengan mudah oleh mesin pencari, maka situs web Anda akan lebih cenderung muncul sebagai hasil yang relevan dalam pencarian lokal.

Seperti halnya praktik SEO on-page pada umumnya, Anda perlu menyertakan kata kunci (yang dapat Anda peroleh dari riset kata kunci sebelumnya) dalam meta tags, seperti URL, Heading, Judul, dan Deskripsi Meta dari postingan Anda.

6. Konsistensi Informasi Bisnis

Pastikan bahwa informasi bisnis Anda konsisten di seluruh platform online seperti website, Google Business Profile, media sosial, dan direktori bisnis lokal lainnya. Hal ini dapat membantu mesin pencari dan pelanggan untuk memahami dengan jelas informasi mengenai bisnis Anda.

7. Tinjauan Pelanggan

Tinjauan pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam meningkatkan peringkat pencarian lokal bisnis Anda. Pastikan untuk meminta pelanggan untuk meninjau bisnis Anda di platform online seperti Google Profile Business, TripAdvisor, dan platform sejenis lainnya. Tinjauan positif dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap nama bisnis Anda dan membantu untuk muncul di hasil pencarian lokal.

8. Lakukan Pemasaran Konten Lokal

Pemasaran konten lokal dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di daerah sekitar. Pastikan untuk menyertakan kata kunci lokal dalam konten Anda seperti blog, artikel, dan deskripsi produk. Selain itu, pastikan juga untuk mempromosikan konten Anda di platform online seperti media sosial, blog lokal, dan situs web direktori bisnis lokal.

Banner SEO - Ebook 2

Faktor-Faktor Penting dalam Local SEO

Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang harus Anda pahami dalam menerapkan dan menentukan strategi local SEO yang tepat, yaitu:

1. Relevansi Lokal

Relevansi lokal adalah faktor penting dalam menentukan peringkat bisnis dalam hasil pencarian lokal. Pastikan bahwa informasi bisnis Anda mencerminkan relevansi dengan lokasi Anda. Gunakan kata kunci lokal yang relevan dalam judul halaman, tag meta, dan konten Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa bisnis Anda terdaftar di direktori bisnis lokal yang sesuai dengan industri dan lokasi Anda.

2. Link Building Lokal

Link building lokal adalah proses membangun tautan ke website Anda dari website lokal yang terkait dengan bisnis Anda. Proses ini dapat membantu meningkatkan otoritas dan peringkat pencarian lokal website Anda. Pastikan untuk mencari website lokal yang terkait dengan bisnis Anda dan membangun tautan dengan mengirimkan ulasan bisnis, artikel tamu, dan memasukkan informasi bisnis Anda di direktori bisnis lokal.

3. Responsif dan Mudah Digunakan

Pastikan bahwa website Anda responsif dan mudah digunakan baik pada perangkat desktop maupun perangkat mobile. Hal ini akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan memastikan bahwa website Anda dapat diakses dengan mudah oleh pengguna dari berbagai perangkat. Selain itu, ini juga dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian lokal Anda.

4. Peringkat di Peta

Peringkat di peta, atau peringkat dalam hasil pencarian yang menampilkan peta, juga memainkan peran penting dalam local SEO. Untuk meningkatkan peringkat di peta, pastikan bahwa profil dan lokasi bisnis Anda di Google My Business diisi dengan lengkap dan akurat. Kumpulkan juga ulasan positif dari pelanggan lokal dan tanggapi dengan cepat ulasan atau pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Semakin baik peringkat bisnis Anda di peta, semakin besar peluang untuk menarik perhatian calon pelanggan.

5. Relevansi Konten

Pastikan bahwa konten yang ada di dalam website Anda relevan dengan bisnis dan kata kunci lokal yang Anda targetkan. Konten yang relevan dapat membantu meningkatkan traffic dan peringkat pencarian lokal Anda. Pastikan untuk menyertakan kata kunci lokal dalam konten yang dipublikasikan dan menyediakan informasi yang relevan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Local SEO?

6. Ulasan dan Peringkat Pengguna

Ulasan dan peringkat pengguna memiliki dampak besar pada local SEO. Kumpulkan ulasan positif dari pelanggan puas dan dorong mereka untuk memberikan umpan balik dan review positif tentang bisnis Anda di platform seperti Google My Business, Yelp, atau TripAdvisor. Tanggapi juga ulasan negatif dengan sopan dan upayakan untuk memperbaiki pengalaman pelanggan yang tidak memuaskan. Ulasan positif dan peringkat yang tinggi akan membantu meningkatkan kepercayaan pengguna dan memperkuat reputasi bisnis Anda dalam ranking hasil pencarian lokal.

Strategi Konten untuk Local SEO

Strategi Konten untuk Local SEO

Adapun beberapa strategi konten yang bisa Anda lakukan dalam penerapan local SEO adalah sebagai berikut:

1. Membuat Konten Lokal yang Relevan

Pembuatan konten lokal yang relevan adalah strategi penting dalam local SEO. Buat konten yang mengatasi kebutuhan dan minat calon pelanggan lokal. Misalnya, buat artikel atau blog tentang acara lokal, berita terkini di area Anda, atau tips dan trik yang bermanfaat bagi komunitas lokal. Ini akan membantu meningkatkan keterlibatan pengguna lokal dan meningkatkan otoritas situs web Anda di mata mesin pencari.

2. Mengoptimalkan Halaman Lokal

Optimalkan halaman lokal Anda dengan menargetkan kata kunci lokal yang relevan. Pastikan bahwa kata kunci tersebut muncul dalam judul halaman, tag meta, URL, dan konten halaman. Juga, sertakan informasi kontak yang lengkap dan akurat pada halaman lokal Anda. Hal ini akan membantu mesin pencari dan pengguna untuk lebih memahami lokasi dan relevansi bisnis Anda.

Baca Juga: SEO Facebook: Strategi Optimalisasi Media Sosial untuk Jangkauan yang Lebih Luas

3. Menggunakan Markup Lokal

Markup lokal adalah penggunaan struktur data yang disediakan oleh mesin pencari untuk memberikan informasi yang lebih rinci tentang bisnis Anda, seperti alamat, jam operasional, dan ulasan pengguna. Dengan menggunakan markup lokal, Anda dapat membantu mesin pencari memahami konten Anda dengan lebih baik dan meningkatkan kemungkinan muncul dalam hasil pencarian yang relevan. Gunakan markup lokal seperti Schema.org atau JSON-LD untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang bisnis Anda kepada mesin pencari.

Dalam era bisnis yang semakin terhubung secara digital, local SEO adalah strategi yang tak terelakkan bagi bisnis lokal yang ingin meningkatkan visibilitas produk mereka di tingkat lokal. Dengan mengoptimalkan Google My Business, menyesuaikan NAP yang konsisten, menggunakan kata kunci lokal, membangun tautan lokal, mempertimbangkan faktor penting dalam local SEO seperti relevansi lokal, peringkat di peta, ulasan dan peringkat pengguna, serta menerapkan strategi konten yang efektif, bisnis lokal dapat meningkatkan peluang mereka untuk menjangkau pelanggan potensial dalam wilayah yang terbatas. Dengan mengikuti langkah-langkah dan strategi yang disebutkan di dalam panduan di atas, bisnis lokal dapat meningkatkan peringkat mereka dalam hasil pencarian lokal, meningkatkan keterlihatan online mereka, dan mencapai kesuksesan dalam lingkup geografis mereka.

Banner SEO x CRO 2

Salah satu cara untuk mengoptimalkan upaya local SEO adalah dengan menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev. ToffeeDev adalah perusahaan yang menawarkan layanan SEO yang komprehensif dan khusus dalam membantu bisnis mengembangkan kehadiran toko online mereka. Tim ahli SEO dari ToffeeDev dapat membantu mengoptimalkan proses Digital Marketing bisnis mulai dari tahap riset keyword, pembuatan konten, hingga analisa hasil dan pengoptimalan strategi.  Oleh karena itu, Anda bisa mulai memanfaatkan jasa SEO seperti ToffeeDev untuk membuat strategi SEO yang tepat sasaran untuk diaplikasikan ke dalam website profesional yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

ToffeeDev adalah nama dari salah satu Digital Marketing Agency terkemuka di Indonesia yang siap membantu Anda untuk membangun situs web dan merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran digital yang tepat sasaran untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Profesionalisme dan pengalaman kerja tim kami yang mumpuni dalam bidang pemasaran digital, bersama dengan layanan solusi strategi digital yang lengkap dari ToffeeDev, memungkinkan kami membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat daripada yang diharapkan.

Tunggu apa lagi? Hubungi kami dan jadwalkan konsultasi Anda sekarang juga untuk menemukan dan menikmati solusi strategi digital dan website profesional ToffeeDev sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top