Multi Channel Marketing: Definisi, Fungsi dan Strateginya

multi channel marketing adalah

Artikel ini akan membahas secara komprehensif tentang pemasaran multi channel, mulai dari pengertian hingga strategi efektifnya, serta mengapa pemilik bisnis harus mempertimbangkan penggunaan strategi ini.

Pengertian Pemasaran Multi Channel

Pemasaran multi channel, juga dikenal sebagai pemasaran melalui berbagai saluran atau kanal, adalah pendekatan strategis yang memanfaatkan berbagai platform dan metode untuk mencapai target audiens. 

 

Ini mencakup penggunaan sejumlah saluran seperti online dan offline, termasuk website, media sosial, email, iklan, pemasaran konten, SMS, telepon, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman berinteraksi yang konsisten dan menyeluruh bagi konsumen di berbagai titik kontak.

5 Konsep Integrasi Kanal Pemasaran

Integrasi kanal pemasaran mengacu pada upaya untuk menyelaraskan dan menggabungkan berbagai saluran atau kanal pemasaran agar berfungsi sebagai satu kesatuan yang terkoordinasi. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang lima konsep integrasi kanal pemasaran:

 

  • Kohesivitas: Pemasaran multi channel memerlukan koordinasi yang ketat antara semua saluran yang digunakan. Ini berarti pesan dan brand harus konsisten di semua kanal untuk menciptakan pengalaman yang terpadu.
  • Penggunaan data: Data merupakan kunci dalam pemasaran multi channel. Informasi yang dikumpulkan dari berbagai saluran dapat digunakan untuk memahami lebih baik perilaku konsumen dan merancang strategi yang lebih efektif.
  • Personalisasi: Melalui pemasaran multi channel, Anda dapat melakukan personalisasi pesan dan tawaran untuk masing-masing konsumen. Hal ini dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dan konversi.
  • Konsistensi brand: Memastikan bahwa identitas brand Anda konsisten di semua saluran adalah aspek penting. Ini membantu dalam membangun citra yang kuat di mata konsumen.
  • Kolaborasi tim: Dalam pemasaran multi channel, kolaborasi antara tim yang bertanggung jawab atas berbagai saluran sangatlah penting. Komunikasi yang efektif dan sharing informasi dapat memaksimalkan hasil.

Apa Saja 6 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan dari Pemasaran Multi Channel?

Pemasaran multi channel memberikan sejumlah keuntungan yang signifikan bagi bisnis Anda. Mari kita simak enam keuntungan utama yang bisa bisnis Anda dapatkan ketika menerapkan pemasaran multi channel dengan tepat:

1. Meningkatkan Jangkauan dan Keterlibatan

Dengan menggunakan berbagai saluran, Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas. Setiap saluran memiliki audiens yang berbeda, dan dengan memanfaatkannya secara efektif, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis Anda. Selain itu, dengan berinteraksi di berbagai platform, Anda dapat meningkatkan keterlibatan konsumen yang akan berdampak positif pada konversi.

2. Diversifikasi dan Pengurangan Risiko

Mengandalkan satu saluran pemasaran saja dapat menjadi risiko. Jika ada perubahan dalam saluran tersebut atau jika saluran tersebut tidak efektif lagi, bisnis Anda dapat terkena dampak besar. Dengan pemasaran multi channel, Anda diversifikasi risiko dan memiliki lebih banyak peluang untuk sukses.

3. Menyesuaikan dengan Preferensi Konsumen

Setiap konsumen memiliki preferensi berbeda dalam berinteraksi dengan brand. Beberapa lebih suka berkomunikasi melalui media sosial, sementara yang lain lebih suka email atau pesan teks. Dengan pemasaran multi channel, Anda dapat memenuhi preferensi berbagai konsumen sehingga mereka merasa lebih terhubung dengan bisnis Anda.

4. Meningkatkan Brand Awareness dan Citra

Menggunakan berbagai saluran untuk mempromosikan brand Anda dapat membantu meningkatkan kesadaran brand. Ketika konsumen terus-menerus melihat brand Anda di berbagai tempat, mereka lebih mungkin mengingatnya. Hal ini juga membantu dalam membangun citra yang kuat dan positif di mata konsumen.

5. Kemampuan untuk Meningkatkan Keterlibatan

Dengan memanfaatkan berbagai saluran, Anda dapat meningkatkan keterlibatan konsumen. Anda dapat berinteraksi dengan mereka melalui konten yang relevan dan menarik di berbagai platform. Ini dapat berupa konten blog, posting media sosial, email newsletter, atau kampanye iklan yang disesuaikan.

6. Analisis Data yang Lebih Mendalam

Pemasaran multi channel juga memberikan kesempatan untuk mengumpulkan data lebih banyak tentang perilaku konsumen. Dengan memantau dan menganalisis data dari berbagai saluran, Anda dapat mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang apa yang bekerja dan apa yang tidak. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda secara berkelanjutan.

Baca Juga: Mengenal Strategi Mobile Marketing yang Efektif Saat Ini

5 Jenis Multi Channel Marketing

Jenis multi channel marketing yang dimaksud adalah media penggunaannya. Anggap saja pada platform apa saja praktik multi channel marketing dapat diterapkan. Berikut adalah jenis media multi channel marketing yang perlu Anda ketahui!

1. Toko Fisik

Toko fisik adalah salah satu media yang dapat Anda gunakan pada praktik ini. Karena pada umumnya pelanggan ingin mendapatkan pengalaman berbelanja yang mungkin tidak bisa mereka dapatkan di toko online.

2. Email 

Email adalah media yang bisa menghubungkan banyak channel atau platform. Anda dapat menggunakan email ketika pelanggan melakukan pembelian pada platform tertentu, seperti mengirim konfirmasi hingga mengirimkan penawaran.

Baca Juga: Pentingnya Digital Marketing Bagi Bisnis

3. Pemberitahuan atau Notifikasi

Pemberitahuan atau notifikasi yang berasal dari aplikasi bisnis Anda dapat melakukan follow up jika pelanggan Anda tidak segera melakukan transaksi padahal juga berniat melakukannya. Selain itu, pemberitahuan atau notifikasi dari aplikasi bisnis ini dapat juga memberikan informasi terkait potongan harga produk dan informasi lainnya.

4. Media Sosial

Media sosial membantu Anda untuk terhubung dengan pelanggan, yang mana juga bisa menjadi platform penjualan. Selain itu, media sosial juga menjadi tempat banyak orang yang berpotensi menjadi calon pembeli Anda. Contohnya, Anda dapat memaksimalkan media sosial seperti menggunakan jasa iklan Facebook dan platform media sosial lainnya.

5. Pesan SMS

Meskipun sekarang hampir semua orang beralih pada aplikasi pengiriman pesan, SMS masih memiliki andil dalam bidang penjualan dan pemasaran suatu produk. Menggunakan layanan SMS sebagai salah satu media praktik multi channel marketing Anda untuk dapat berhubungan dengan pelanggan. Mulai dari mengirim konfirmasi, follow up, hingga penawaran dari produk Anda.

3 Fungsi Multi Channel Marketing

Praktik multi channel marketing sendiri dapat memberikan banyak manfaat pada suatu bisnis. Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan multi channel marketing.

1. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas terhadap Manajemen Penjualan

Praktik multi channel marketing berfungsi untuk memberikan dampak baik pada manajemen penjualan Anda. Hal ini dikarenakan ketika suatu perusahaan mengedepankan pemasaran di banyak platform. 

Di setiap platform tersebut pun memiliki ketentuan penjualan yang berbeda-beda. Maka dari itu, perusahaan mengoptimalkan kualitas manajemen penjualan pada platform yang mereka gunakan. Karena makin banyak platform yang bisa digunakan pelanggan untuk bertransaksi produk Anda, maka makin tinggi pula tingkat penjualan secara kuantitatif pada perusahaan. 

2. Mendapatkan Keuntungan yang Kompetitif

Praktik multi channel marketing berfungsi untuk memberikan perusahaan Anda keuntungan yang kompetitif. Hal ini karena multi channel marketing mampu menunjukkan gap antara strategi Anda dengan strategi kompetitor. Ketika Anda menemukan celah atau gap tersebut, jadikan strategi selanjutnya yang tidak dimiliki oleh kompetitor. 

3. Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Mengembangkan praktik multi channel marketing berfungsi untuk mendapatkan pelanggan yang berhubungan dengan perusahaan Anda sebanyak-banyaknya atau yang biasa disebut dengan istilah engagement rate. Tujuan awal memperbanyak platform yang dapat diakses oleh pengguna untuk berhubungan dengan perusahaan hingga membeli produk Anda adalah untuk memperbanyak pelanggan dan melakukan branding.

Karena pada praktik multi channel marketing, setiap platform tidak akan digabungkan menjadi satu. Seluruh perhitungan yang ada tetap berfokus pada platform itu sendiri. Maka, bisa Anda bayangkan jika memiliki lebih dari satu platform dan setiap platformnya memiliki total pelanggan yang banyak. Secara keseluruhan, total pelanggan Anda pun juga makin banyak.

Baca Juga: 3 Perbedaan Internet & Digital Marketing

4 Strategi Efektif Pemasaran Multi Channel

Untuk berhasil dalam pemasaran multi channel, Anda perlu merancang strategi yang efektif. Berikut adalah empat strategi yang dapat Anda terapkan:

1. Mengidentifikasi Kanal yang Tepat untuk Target Audience

Pertama-tama, Anda perlu memahami siapa target audiens Anda. Setelah itu, identifikasi saluran-saluran yang paling sesuai untuk mencapai mereka. Misalnya, jika target audiens Anda adalah generasi muda, media sosial seperti Instagram dan TikTok mungkin lebih efektif daripada iklan televisi.

2. Mengintegrasikan dan Mengelola Konten

Konten adalah salah satu elemen kunci dalam pemasaran multi channel. Pastikan konten Anda relevan dan berharga bagi konsumen. Selain itu, selaraskan konten Anda di semua saluran untuk menciptakan pengalaman yang koheren.

3. Menjaga Konsistensi Brand di Berbagai Kanal

Penting untuk menjaga konsistensi brand di seluruh saluran. Ini termasuk logo, warna, gaya penulisan, dan pesan brand. Konsumen harus dapat dengan mudah mengenali brand Anda di mana pun mereka berinteraksi.

4. Melacak dan Mengukur Kinerja Setiap Kanal

Menggunakan alat analitik adalah kunci untuk memahami kinerja setiap saluran. Melalui pengukuran, Anda dapat menentukan saluran mana yang memberikan hasil terbaik dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Ini membantu Anda mengoptimalkan anggaran pemasaran Anda.

Kesimpulan

Pemasaran multi channel adalah strategi yang penting dalam dunia bisnis saat ini. Dengan memanfaatkan berbagai saluran, Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas, mengurangi risiko, dan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Untuk berhasil, penting untuk merancang strategi yang sesuai dengan target audiens Anda dan mengelola saluran dengan baik.

Pemilik bisnis harus mempertimbangkan kerja sama dengan Digital Marketing Agency yang berpengalaman seperti ToffeeDev untuk mengimplementasikan strategi pemasaran multi channel dengan tepat. ToffeeDev memiliki track record yang solid dalam membantu bisnis memanfaatkan potensi pemasaran multi channel.

Digital Marketing Agency seperti ToffeeDev telah menginvestasikan waktu dan upaya untuk membangun keahlian dan pengalaman yang mendalam dalam dunia pemasaran digital dan multi channel. Kami memiliki tim yang terlatih dan berpengetahuan luas tentang berbagai saluran pemasaran yang efektif. Dengan bekerja sama dengan agency yang memiliki keahlian ini, Anda dapat yakin bahwa strategi Anda akan dijalankan dengan baik.

Tertarik untuk mencoba jasa kami? Hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami segera dan tingkatkan visibilitas dan performa bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top