Pentingnya Digital Marketing Bagi Bisnis

Pentingnya Digital Marketing

Pentingnya Digital Marketing bagi bisnis mungkin tidak lagi bisa dibantah. Entah Anda berbisnis online atau tidak, Digital Marketing tetap jadi salah satu cara terbaik untuk mengenalkan brand dan produk/layanan Anda kepada khalayak luas.

Terlebih, marketing bisa disebut sebagai ujung tombak bisnis supaya konsumen mengetahui adanya produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Marketing atau pemasaran meliputi segala upaya mengenalkan produk hingga membantu konsumen membuat keputusan dalam melakukan pembelian.

Nah, di tengah perkembangan dunia online yang sangat pesat, Anda perlu memahami pentingnya Digital Marketing. Perkembangan dunia online yang begitu pesat membuat Digital Marketing menjadi makin penting. Bagaimana maksudnya? Mari pahami informasinya melalui pembahasan lengkap di bawah ini.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital Marketing juga bisa disebut online marketing, yaitu segala upaya marketing yang terjadi di internet atau secara digital. Artinya, upaya pemasaran dilakukan melalui saluran-saluran digital. Ada begitu banyak saluran digital yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti mesin pencari (search engine), media sosial, email, dan tentu saja website. Melalui saluran-saluran inilah Anda bisa terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Saat ini, Digital Marketing sangat penting untuk mengenalkan bisnis Anda dan meningkatkan brand awareness dari konsumen. Anda mungkin menyadari bahwa sekarang hampir setiap brand memiliki website sendiri, minimal memiliki akun di media sosial.

Melalui saluran-saluran digital tersebut, Anda bisa membuat konten digital sebagai cara untuk mengenalkan brand ke masyarakat luas. Banyaknya saluran Digital Marketing juga membebaskan Anda untuk mengolah kreativitas dan membuat campaign yang ideal.

Misalnya, Anda bisa membuat blog post secara rutin yang membahas soal topik-topik relevan dengan bisnis Anda. Anda juga bisa mengunggah video proses produksi di media sosial. Ada begitu banyak cara, dan ini membuktikan pentingnya Digital Marketing untuk bisnis Anda. 

Baca Juga: 3 Perbedaan Internet & Digital Marketing

Alasan Pentingnya Digital Marketing bagi Bisnis

Pentingnya Digital Marketing bagi bisnis tidak perlu diragukan lagi. Digital Marketing membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas, jauh lebih besar daripada metode pemasaran tradisional. Bahkan, Digital Marketing bisa disesuaikan agar lebih presisi membidik segmentasi tertentu dalam target pasar Anda. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan rasio konversi konsumen.

Ada beberapa poin yang menegaskan pentingnya Digital Marketing bagi bisnis Anda, di antaranya:

  1. Fokus pemasaran bisa diarahkan pada target prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan bisnis Anda.

  2. Digital Marketing lebih efektif daripada metode tradisional.

  3. Digital Marketing lebih bisa diukur (measurable).

  4. Lebih mudah mengutak-atik dan menyesuaikan strategi Digital Marketing.

  5. Digital Marketing bisa meningkatkan rasio konversi pembelian produk Anda.

  6. Persaingan lebih seimbang, bisnis kecil Anda mungkin bisa bersaing dengan bisnis besar.  

  7. Berkomunikasi dengan calon pembeli di setiap tahap dalam buying process.

  8. Campaign marketing tidak terbatas pada lokasi atau waktu tertentu

5 Jenis Digital Marketing

Seperti yang dijelaskan di atas, Digital Marketing adalah segala upaya pemasaran yang terjadi secara online. Artinya, ada begitu banyak saluran dan jenis pemasaran yang bisa Anda coba. Paling tidak, ada lima jenis Digital Marketing yang paling umum digunakan dan terbukti paling efektif, di antaranya: 

1. Content Marketing

Content marketing adalah bentuk promosi yang paling umum di dunia digital, yaitu mencakup segala hal mulai dari perencanaan, pembuatan, publikasi, dan distribusi konten Anda kepada target audiens. 

2. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization alias SEO sangat bergantung pada mesin pencari online, yang saat ini didominasi oleh Google. Namun, Anda perlu memiliki website terlebih dahulu. Baru setelahnya Anda menerapkan strategi SEO untuk memastikan bahwa website dan konten Anda memiliki ranking yang lebih baik dalam hasil pencarian Google. 

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Profit dengan Digital Marketing

3. Social Media Marketing

Sesuai namanya, social media marketing adalah upaya pemasaran produk melalui media sosial. Biasanya brand-brand terbesar di dunia menggunakan media sosial untuk membangun brand awareness dan meningkatkan engagement.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Brand Awareness dengan Digital Marketing

4. Influencer Marketing

Anda mungkin sudah sangat akrab dengan influencer marketing tanpa menyadarinya. Saat ini, fenomena influencer memang sedang meningkat pesat. Intinya, Anda bekerja sama dengan sosok influencer yang memiliki followers besar di media sosial untuk mempromosikan produk atau brand Anda. 

5. Video Marketing

Video marketing terbukti sangat efektif dan lebih disukai oleh pengguna media sosial saat ini. Intinya, Anda perlu menerjemahkan konten dan informasi penting ke dalam bentuk video, lalu mengunggahnya ke media sosial atau di website Anda. 

Banner - Ads General

5 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis 

Untuk mendalami digital marketing, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa menjadi pilihan Anda. 

1. Menggunakan Strategi Content Marketing

Digital marketing akan sulit dipisahkan dengan konten medianya. Digital marketing sendiri memiliki banyak media yang dapat digunakan untuk pemasarannya. Beberapa di antaranya adalah media sosial, website, email, bahkan panggilan telepon hingga SMS. 

Sebagian besar dari media yang digunakan untuk menerapkan digital marketing memerlukan konten untuk dapat melakukan pemasaran. Maka dari itu, buatlah pemasaran yang dapat disisipkan ke dalam sebuah konten. Salah satunya seperti artikel informatif yang masih berkaitan dengan produk atau layanan yang Anda jual.

2. Menggunakan Strategi Media Sosial

Media sosial adalah salah satu media yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan digital marketing. Sejauh ini, media sosial mulai berganti arah yang awalnya untuk berinteraksi tidak dibatasi ruang menjadi tempat untuk melakukan bisnis. 

Gunakan media sosial sebijak mungkin untuk pemasaran bisnis Anda dengan menggunakan akun bisnis atau profesional. Akun tipe ini akan memfasilitasi Anda dengan sederet fitur untuk menunjang pemasaran menjadi mudah dipahami. Fitur-fitur tersebut juga mampu membantu Anda untuk menunjukkan sejauh mana Anda memenuhi target yang telah direncanakan.

Banner - Ebook Ads

3. Menggunakan Pemasaran melalui Email

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan email. Strategi ini dapat Anda lakukan kepada pelanggan yang pernah membeli produk Anda, atau pelanggan yang pernah mengunjungi website bisnis Anda.

Melalui email ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan digital marketing Anda. Beberapa di antaranya seperti, menanyakan kepuasan pelanggan, menanyakan testimoni pelanggan, menyarankan produk lain, hingga mengirim informasi terkait potongan harga atau bisnis Anda sendiri.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Metode Design Thinking dan Fungsinya untuk Digital Marketing

5. Menggunakan Pengiklanan Pay-Per-Click

Strategi ini adalah strategi yang memberikan bisnis Anda keuntungan apabila iklan yang terpasang diklik oleh pelanggan. Pada umumnya iklan Anda akan berada pada halaman pencarian search engine, seperti Google jika menggunakan strategi pengiklanan ini. Seringnya, strategi ini menggunakan Jasa Google Ads, karena sebagian besar pengguna internet menggunakan Google sebagai search engine pada browser mereka.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Profit dengan Digital Marketing

5 Cara Menerapkan Digital Marketing bagi Bisnis

Seperti yang disinggung di atas, ada begitu banyak saluran Digital Marketing yang bisa Anda coba. Setiap saluran memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga Anda perlu memilih yang paling tepat. Secara umum, ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk menciptakan strategi Digital Marketing yang sesuai dengan kebutuhan Anda, di antaranya: 

1. Buat Website atau Landing Page

Langkah pertama yang dianjurkan adalah membuat website atau landing page untuk bisnis Anda, baik untuk bisnis dengan produk barang maupun jasa. Website atau landing page bisa digunakan sebagai “etalase” bisnis Anda. Nantinya, setiap saluran marketing bisa dihubungkan dengan website untuk menciptakan pengalaman pembelian yang mulus.

2. Promosi di Media Sosial

Anda seharusnya sudah memahami pentingnya media sosial bagi bisnis anda. Media sosial adalah wajah brand Anda yang paling dekat dengan konsumen. Buatlah akun di media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Metode Design Thinking dan Fungsinya untuk Digital Marketing

3. Jual di Marketplace

Selanjutnya, jika Anda menjual produk, alangkah baiknya untuk hadir pula di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Menambah saluran dapat membantu meningkatkan peluang penjualan dan pendapatan Anda.

4. Terapkan Strategi SEO atau SEM

Website Anda yang sudah dibuat sebelumnya perlu didukung dengan strategi SEO untuk meningkatkan jumlah traffic atau kunjungan. Buatlah konten secara berkala menggunakan kaidah SEO untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.

Banner - Lead Gen Ads

5. Kerja sama dengan Influencer

Lakukan kolaborasi dengan KOL atau influencer di berbagai media sosial, seperti Instagram atau TikTok. Cara ini cukup efektif untuk mengenalkan brand Anda. Pastikan saja influencer yang Anda pilih memang aktif di bidang yang sama dengan bisnis Anda.

Masih banyak cara menerapkan Digital Marketing bagi bisnis Anda. Akan tetapi, kelima cara di atas sudah cukup efektif untuk direkomendasikan kepada Anda. Hal ini membuktikan pentingnya Digital Marketing bagi bisnis Anda. Jadi, sudah saatnya untuk memberi perhatian lebih pada strategi Digital Marketing bisnis.

Tak perlu melakukannya sendiri, Anda bisa langsung menggunakan jasa dari ToffeeDev. Kami menyediakan berbagai layanan Digital Marketing yang komprehensif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan! Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat