Pengertian Identitas Produk Brand dan Merek

pengertian identitas produk brand dan merek

Jika Anda telah membuat sebuah brand atau merek dalam bisnis, langkah selanjutnya tentu membuat brand tersebut dikenal lebih oleh banyak orang. Cara yang dapat dilakukan adalah menciptakan identitas produk yang tepat agar pelanggan lebih mudah mengenali produk Anda.

Perlunya identitas produk yang tepat dan unik membantu pelanggan untuk membedakan produk Anda dengan produk kompetitor. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat.

Lantas, apa itu pengertian identitas produk brand dan merek? Untuk memahami identitas produk dengan jelas, berikut kami jelaskan pengertian identitas produk hingga tips membangun identitas produk brand dan merek.

Apa Itu Pengertian Identitas Produk?

Setiap produk tentu harus memiliki sebuah identitas yang jelas. Hal tersebut dilakukan agar produk dapat dengan mudah dikenal oleh semua golongan masyarakat.

Saat itulah peran sebuah identitas menjadi penting bagi produk atau layanan yang telah dibuat. Brand yang diciptakan menghasilkan suatu keistimewaan tersendiri bagi pelanggannya dengan identitas produk.

Identitas produk bisa diciptakan melalui desain yang menarik, nama yang unik, atau slogan yang mudah diingat. Pelanggan akan lebih mudah mengenali produk Anda dan merasa terhubung dengan brand tersebut jika memiliki identitas produk yang khas.

Biasanya terdapat kesan yang muncul di hati pelanggan sehingga membuat mereka akan selalu mengingat ciri dari brand tersebut. Contohnya kualitas produk, harga, ataupun layanan yang diberikan. 

Identitas suatu produk bisa menjadi sangat penting dan memiliki berbagai macam fungsi guna mempromosikan produk dengan berbagai merek.

Baca Juga: Pengertian Identitas Produk dan Cara Membangunnya

Banner SEO - General 2

3 Fungsi Identitas Produk dan Merek

Ilustrasi Logo Brand

Fungsi identitas produk tidak hanya sebagai simbol yang mewakili perusahaan atau bisnis, melainkan dapat dijadikan sebagai alat untuk membedakan produk Anda dengan produk kompetitor.

Ketika suatu identitas produk dapat berpengaruh terhadap branding perusahaan, maka identitas produk memang memiliki banyak fungsi yang menjadikan suatu produk dikenal dan sangat istimewa.

Berikut merupakan rangkuman fungsi dari identitas produk brand dan merek:

1. Branding

Branding adalah proses pembuatan identitas untuk suatu produk yang digunakan untuk memperkenalkan produk agar lebih mudah diingat pelanggan.

Branding ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut serta membantu mempromosikan produk ke target pasar yang lebih luas. Jika branding telah berhasil dicapai, produk akan lebih mudah diingat oleh konsumen sehingga lebih mudah dipromosikan dan dijual.

Baca Juga: Pentingnya Identitas Visual bagi Sebuah Brand

2. Ciri Khas

Ciri khas dalam identitas produk adalah komponen-komponen unik yang membedakan suatu produk dari produk lainnya. Ciri khas ini bisa berupa nama produk, logo, warna, desain, slogan, atau bahkan suara atau aroma yang khas. 

Ciri khas bertujuan untuk membantu konsumen mengingat produk tersebut, dan membedakannya dari produk lain yang ada di pasaran.

3. Memiliki Nilai yang Berbeda

Nilai yang berbeda bisa berupa nilai unik yang dimiliki oleh produk tersebut, seperti keunggulan teknologi, kualitas terbaik, atau keunikan desain yang tidak dimiliki oleh produk lain.

Fungsi dari identitas suatu produk memang sangat menguntungkan perusahaan. Selanjutnya perusahaan harus membangun cara agar sebuah brand bisa lebih dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

4. Membangun Loyalitas Pelanggan

Identitas produk atau brand yang kuat membantu membangun loyalitas pelanggan. Identitas yang unik dan menarik membuat produk menonjol dari pesaing, meningkatkan pengenalan dan kepercayaan. Konsumen lebih cenderung membeli produk dari merek yang dikenal dan terpercaya.

Identitas brand yang kuat juga menciptakan ikatan emosional dengan konsumen. Nilai dan filosofi merek yang dikomunikasikan membantu membangun hubungan yang lebih dalam. Konsumen lebih loyal pada merek yang mereka rasakan memiliki hubungan dengan mereka.

Identitas produk yang jelas membantu konsumen memahami apa yang ditawarkan produk. Pengalaman pelanggan yang konsisten dengan identitas merek meningkatkan kepuasan pelanggan. Konsumen yang puas lebih cenderung terus membeli dari merek yang sama.

Identitas brand yang kuat juga mendorong advokasi merek. Konsumen loyal merekomendasikan merek kepada orang lain. Advokasi merek menarik pelanggan baru dan meningkatkan pangsa pasar.

Contohnya Apple. Identitas brand Apple dibangun di atas nilai desain inovatif, kesederhanaan, dan kemudahan penggunaan. Loyalitas pelanggan Apple sangat tinggi, dan banyak yang merekomendasikan produk Apple kepada orang lain. Identitas brand Apple membantu perusahaan menjadi salah satu merek paling berharga di dunia.

Banner SEO - Ebook 2

Apa Saja Elemen dari Identitas Produk dan Brand?

Berikut adalah beberapa komponen utama dari identitas produk dan merek:

1. Nama

Nama yang mudah diingat dan diucapkan, serta relevan dengan produk atau layanan, dapat membantu konsumen untuk lebih mudah mengenali dan mengingatnya.

2. Logo

Logo yang unik dan menarik dapat menjadi simbol visual yang kuat bagi produk atau layanan.

3. Tagline

Tagline adalah frasa singkat yang merangkum manfaat utama atau nilai jual produk atau layanan.

4. Warna

Penggunaan warna yang konsisten dapat membantu menciptakan identitas visual yang kuat bagi produk atau layanan.

5. Tipografi

Penggunaan font yang konsisten dapat membantu meningkatkan pengenalan dan daya tarik produk atau layanan.

6. Kemasan

Kemasan yang menarik dan informatif dapat membantu produk atau layanan menonjol di rak dan menarik perhatian konsumen.

7. Pengalaman pelanggan

Cara konsumen berinteraksi dengan produk atau layanan, baik melalui layanan pelanggan, situs web, atau media sosial, dapat memainkan peran penting dalam membangun identitas merek yang kuat.

8. Nilai dan filosofi merek

Nilai dan filosofi merek yang dikomunikasikan kepada konsumen dapat membantu membangun hubungan emosional dengan mereka.

9. Cerita merek

Cerita yang menarik tentang asal mula produk atau layanan dapat membantu membangun koneksi dengan konsumen.

10. Inovasi

Kemampuan untuk terus berinovasi dan menawarkan produk atau layanan baru dapat membantu merek untuk tetap relevan dan menarik bagi konsumen.

Komponen-komponen identitas produk dan merek ini saling terkait dan bekerja sama untuk menciptakan citra yang unik dan menarik bagi konsumen. Dengan mengembangkan identitas yang kuat, perusahaan dapat meningkatkan peluang mereka untuk mencapai kesuksesan di pasar yang kompetitif.

Banner SEO x CRO 2

4 Tips Membangun Identitas Produk Brand dan Merek

Untuk membangun sebuah identitas produk, tentu Anda harus mengetahui apa saja cara yang perlu untuk dilakukan dalam membangun identitas produk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara membangun identitas produk dalam bisnis Anda.

1. Gunakan Berbagai Referensi

Untuk menciptakan identitas produk yang efektif, dibutuhkan referensi dari produk-produk yang sudah ada di pasaran dan dikombinasikan dengan ide-ide yang muncul. Dengan memadukan berbagai referensi ini, diharapkan akan menghasilkan suatu identitas produk yang dirancang dengan baik dan menciptakan nilai baru bagi konsumen.

2. Gunakan Strategi dan Konsep yang Matang

Setelah produk siap dengan identitas yang lengkap dan tepat, langkah selanjutnya adalah membangun strategi marketing yang tepat sasaran. 

Perusahaan perlu membentuk tim yang terdiri dari berbagai divisi, seperti sales, marketing, dan pemasaran untuk mengembangkan konsep dan strategi yang tepat sebelum dipromosikan ke target pasar. Produk yang memiliki brand  atau merek tersebut diharapkan dapat dijual dengan efektif dan mencapai target penjualan.

Baca Juga: Tujuan Strategi Pemasaran terhadap Brand

3. Menunjukkan Kelebihan Produk

Tunjukkanlah kelebihan produk yang sedang dipromosikan dengan cara menampilkan keunggulan merek mulai dari bahan yang digunakan hingga proses pengemasan. Hal ini akan memengaruhi proses keputusan pembelian konsumen.

Konsep penjualan dan pemasaran akan berjalan dengan baik jika Anda menunjukkan kelebihan produk yang tidak dimiliki produk kompetitor lainnya. Dengan begitu, perusahaan akan meraih keuntungan yang lebih banyak.

4. Perkenalkan Logo Kepada Pelanggan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan logo kepada pelanggan, seperti menampilkan logo secara konsisten di semua platform, sertakan logo dalam komunikasi dengan pelanggan, lakukan kampanye promosi yang menampilkan logo secara eksplisit, dan berikan hadiah atau diskon kepada pelanggan yang berhasil mengingat dan mengenali logo produk.

Konsumen akan melihat detail produk dari kemasan yang terlihat secara visual, jika kemasan tersebut terlihat menarik dan unik biasanya konsumen akan terpikat.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai identitas produk. Jika Anda sedang menjalankan bisnis dan ingin agar produk Anda berjalan dengan sempurna ToffeeDev hadir membantu mewujudkan keinginan tersebut. 

ToffeeDev melayani pembuatan logo design agar brand yang Anda ciptakan semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

Selain itu, kami memiliki berbagai macam layanan digital marketing yang tidak perlu diragukan lagi untuk mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari layanan SEO, Digital Marketing, Graphic Design juga masih banyak layanan yang lainnya. 

Tunggu apalagi? Segera hubungi kami di sini.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top