Mengenal Ubersuggest untuk Riset Keyword beserta Fiturnya

ubersuggest adalah

Keyword research adalah sebuah kegiatan yang harus Anda lakukan dalam proses optimasi SEO. Kegiatan keyword research ini juga bisa menjadi tools membantu Anda untuk mendapatkan traffic yang banyak. Salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah Ubersuggest. Sebuah keyword research tool atau pencarian kata kunci buatan sang “master SEO” Neil Patel.

Tool gratis ini bisa membantu Anda untuk mencari keyword – keyword yang bisa digunakan untuk website Anda. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa itu Ubersuggest dan manfaat – manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tool ini?

Mari kita membahas apa sebenarnya Ubersuggest itu.

Ubersuggest dari Neil Patel

Ubersuggest adalah website yang menyediakan tool gratis, lengkap, dan populer ciptaan Neil Patel. Tool ini bisa membantu Anda dalam melakukan riset keywordkeyword yang bisa digunakan untuk meningkatkan optimasi dari SEO Anda. Ada banyak informasi berguna yang akan diberikan oleh Ubersuggest untuk bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih dan riset keyword Anda.

Dalam memanfaatkan ubersugest, Anda bisa mendapatkan beberapa informasi seperti:

  1. Rank Tracking : Melacak peringkat website untuk keyword tertentu.
  2. Site Audit : Gambaran umum mengenai aspek SEO website.
  3. Keyword Overview : Gambaran mengenai keyword tertentu yang diinput.
  4. Keyword Ideas : Ide-ide kata kunci lainnya yang masih relevan dengan pencarian.
  5. Content Idea : Ide konten dari situs lain yang berkaitan dengan keyword tertentu.
  6. Title Idea: Ide judul yang menarik dan relevan untuk konten Anda

Menggunakan tool seperti ini akan memudahkan pekerjaan Anda, terlebih lagi proses keyword research bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak informasi yang harus Anda miliki agar bisa memilih keyword mana yang bisa Anda jadikan target keyword.

Fitur-Fitur Ubersuggest dan Fungsinya

Manfaat dari Fitur Traffic Overview Ubersuggest sangat beragam untuk perkembangan bisnis Anda. Salah satu keunggulannya adalah mempermudah identifikasi kata kunci utama yang digunakan oleh pesaing.

Hal ini memungkinkan Anda untuk merancang strategi guna memastikan bahwa situs web Anda dapat mencapai kinerja yang setara atau bahkan melampaui situs web pesaing.

Berikut ulasan lengkap fitur-fitur utama beserta fungsinya yang disediakan oleh Ubersuggest, diantaranya:

1. Domain Overview

Anda dapat melihat bagaimana performa dari pesaing Anda, mulai SEO, content marketing, hingga strategi social media marketing mereka. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat bagaimana kinerja dari website yang dimiliki. Dimulai dari jumlah total trafik yang telah masuk, organic keywords yang telah dimiliki, hingga trafik secara detil dalam beberapa bulan terakhir.

Fitur Ubersuggest akan menampilkan hasil insight untuk Anda dari strategi – strategi yang digunakan oleh para kompetitor, yang bisa Anda adaptasikan kedalam strategi Anda sendiri.

Banner SEO - General 2

2. Top SEO Page

Kompetitor akan selalu musuh utama dari bisnis Anda, termasuk dalam pertarungan dalam website. Anda sebenarnya bisa melihat bagaimana kompetitor Anda bekerja untuk konten-konten yang telah mereka buat sebelumnya. Dari sana, Anda bisa mengambil konten mana yang harus dibuat karena memiliki jumlah pencari yang banyak sesuai dengan keyword yang ada di halaman web.

Dari fitur ini, Anda bisa mendapatkan sebuah report mengenai jumlah ranking halaman – halaman teratas dari kompetitor Anda, sekaligus organic keyword apa saja yang mereka gunakan. Dan juga halaman – halaman yang juga disukai oleh situs seperti Facebook.

3. Keyword Suggestion

Ubersuggest membantu Anda mencari kata kunci yang sesuai untuk situs web Anda. Alat ini menyajikan informasi mengenai volume pencarian, tingkat persaingan, dan rekomendasi kata kunci alternatif.

Anda bisa mendapatkan banyak keyword ideas dengan menggunakan tool ini. Ubersuggest akan menampilkan informasi mengenai search volume, kompetisi, dan tren dari setiap keyword. Informasi ini dikumpulkan berdasarkan data dari para pesaing Anda, dan apa saja yang dicari orang – orang di mesin pencari atau Google, agar konten yang kita miliki muncul di hasil pencarian.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam suggested keyword sesuai dengan pencarian keyword yang telah dimasukkan hasil pencarian sebelumnya. Jadi dari satu keyword saja, bisa muncul berbagai macam sisi-sisi baru sesuai keyword yang bisa digali lebih dalam. Konten di dalam website Anda pun juga dipastikan menjadi lebih beragam.

4. Content Ideas

Anda bisa menemukan berbagai ide untuk konten web – konten Anda dengan tool ini. Mengetahui apa yang akan Anda tulis, bisa membantu Anda untuk melaksanakan strategi content marketing dalam digital marketing.

Ubersuggest juga bisa membantu Anda menemukan inspirasi konten dengan ukup cmasukkan topik yang Anda minati, dan Ubersuggest akan memberikan rekomendasi topik yang relevan untuk Anda tulis. Selain itu, Anda dapat melihat ide konten terkini dan populer langsung dari mesin pencari.

5. Backlink Data

Backlink bisa jadi salah satu cara untuk mempengaruhi strategi SEO Anda. Dengan Ubersuggest  Anda bisa melihat konten apa saja yang sering di link oleh orang – orang banyak dalam lingkungan Anda. Anda dapat mendekati orang – orang tersebut dan meminta mereka untuk membuat backlinks yang menuju website Anda.

Sekarang saatnya kita membahas cara menggunakan Ubersuggest untuk mendapatkan informasi penting yang bisa digunakan untuk SEO Anda.

6. Title Ideas

Ubersuggest juga dapat membantu Anda menemukan ide judul untuk artikel Anda. Hanya dengan memasukkan topik, Ubersuggest akan memberikan saran judul yang menarik dan sesuai.

Peran penting dari judul yang menarik adalah untuk menarik perhatian pembaca dan meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO) pada artikel Anda. Tingkat kompetisi antar website agar muncul dalam hasil pencarian organik, menjadi poin penting dari pentingnya menggunakan judul yang menarik.

7. Tracking Website Pada Mesin Pencarian Online

Kegunaan Ubersuggest lainnya adalah dapat membantu Anda memantau posisi situs web Anda di mesin pencari. Alat ini memberikan informasi tentang perubahan peringkat situs web, memungkinkan Anda untuk mengevaluasi keberhasilan strategi SEO yang sedang Anda terapkan.

Banner SEO - Ebook 2

Cara Menggunakan Ubersuggest

Dibawah ini adalah cara menggunakan Ubersuggest yang baik:

  1. Masuk ke dalam website Ubersuggest atau dengan masukkan alamat https://app.neilpatel.com/id/ubersuggest pada browser Anda.
  2. Di beranda Ubersuggest, klik tombol opsi “Keyword Ideas” di menu bar atas. Opsi tersebut memfasilitasi pencarian serta analisis kata kunci terkait yang dapat dijadikan inspirasi konten.
  3. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah masukkan keyword Anda yang ingin di analisa, kemudian pilih juga negara atau bahasa.
  4. Selanjutnya Anda akan mendapatkan hasil laporan yang berisi keyword overview, keyword idea, volume pencarian dan page title URL.
  5. Anda bisa mengekspor laporan ini ke dalam file CSV
  6. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikan berbagai info tersebut untuk website Anda.

Banner SEO x CRO 2

Selain pilihan keyword, Anda juga akan menemukan beberapa istilah berikut :

  1. Search Volume : Jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu dalam periode sebulan terakhir
  2. Cost per Click (CPC) : Rentang harga yang harus dibayarkan ke Google untuk setiap kali pengguna mengklik iklan produk.
  3. Paid Difficulty (PD) : Tingkat persaingan berbayar untuk suatu kata kunci. Semakin tinggi angkanya, semakin sulit kompetisinya.
  4. SEO Difficulty (SD) : Tingkat persaingan organik untuk suatu kata kunci. Semakin tinggi angkanya, semakin sulit untuk bersaing secara organic.

Bagaimana? Apakah Anda akan menggunakan Neil Patel Ubersuggest sebagai keyword research tool Anda? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa klik untuk share artikel ini.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan! Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat