google pagespeed insight
Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight
Maret 24, 2021
meta description
5 Cara Membuat Meta Description Terbaik
Maret 24, 2021

5 Situs Mendapatkan Short URL Terbaik

short url terbaik

Short URL adalah bentuk pendek atau sederhana dari link yang dimiliki oleh halaman website. URL adalah salah satu faktot penting dalam website, selengkapnya baca disini. Umumnya, URL yang dimiliki oleh halaman cukup panjang. Hal ini akan menyebabkan penggunanya rentan mengalami kesalahan saat mengetik secara manual. Untungnya, ada situs short URL terbaik yang bisa mengonversi URL panjang menjadi lebih pendek agar mudah digunakan. 

Pilihan Situs Short URL Terbaik

Dengan menggunakan situs ini, Anda juga bisa membuat URL khusus agar mudah dihafal. Nah, apa saja situs short URL terbaik yang bisa digunakan? Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Bitly

Bitly adalah salah satu situs short URL terbaik yang banyak digunakan oleh pegiat digital. Alasan menggunakan Bitly adalah Anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu untuk memendekkan link yang dimiliki. Sayangnya, kode URL pendek yang didapatkan sangat random.

Jika ingin URL Bitly yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya Anda mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar, Anda bisa mengonversi URL panjang menjadi lebih pendek dengan kata-kata yang lebih mudah dihafal.

Selain bisa mengubah kode menjadi lebih pendek, situs ini juga bisa memantau berapa banyak orang yang sudah menggunakan tautan tersebut. Misal, link itu digunakan oleh 1000 orang, dashboard dari aplikasi akan menunjukkan komposisi dari user yang mengaksesnya.

2. Tinyurl

Tinyurl juga merupakan pionir dari situs pemendek URL. Pengembang dari situs ini sudah merilis Tinyurl sejak tahun 2002 lalu. Tidak mengherankan jika pengguna dari website ini tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ada dua kelebihan Tinyurl yang diberikan kepada penggunanya. Pertama, pengguna tidak perlu melakukan login untuk melakukan proses konversi dari link panjang menjadi lebih pendek.

Kelebihan kedua, semua link yang sudah dikonversi menjadi lebih pendek bisa digunakan sampai kapan pun. Artinya, tidak akan terjadi dead link yang menyebabkan situs Anda kehilangan banyak pengakses.

3. Tiny.cc

Tiny.cc menyediakan dua layanan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Layanan pertama digratiskan sehingga Anda bebas melakukan proses konversi paling panjang menjadi pendek tanpa harus login terlebih.

Layanan kedua bersifat premium sehingga Anda harus membayar sebesar $5  setiap bulannya. Dengan layanan ini, Anda tidak hanya bisa melihat berapa banyak URL diakses. Namun, Anda juga bisa melihat demografi dari user yang sudah memakai link tersebut.

4. T2M

Secara umum, T2M menawarkan layanan yang hampir sama dengan tiga website yang sudah dibahas di atas. Namun, ada beberapa kelebihan yang membuat Anda harus mempertimbangkan platform ini saat melakukan branding pada produk atau perusahaan.

Anda bisa membuat link khusus yang validitasnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Anda membuat short link dari salah satu halaman promosi. Setelah periode promosi selesai, link tersebut akan menjadi invalid dan tidak bisa diakses oleh pengguna internet.

5. Rebrandly

Rebrandly bisa digunakan untuk mengatur validitas URL yang dipendekkan. Selain itu, Anda juga bisa membuat URL lengkap dengan QR code agar lebih mudah diakses oleh pengguna internet, khususnya yang menggunakan ponsel.

Inilah beberapa situs short URL terbaik yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan beberapa situs di atas Anda bisa membagi halaman website dengan mudah khususnya saat ditampilkan pada media sosial atau bentuk visual seperti poster.

Sebagian besar situs pemendek URL di atas bisa digunakan secara gratis. Bahkan, Anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakannya. Jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, ada baiknya menggunakan versi premium yang ditawarkan.

Nana Damayanti
Nana Damayanti
Saya adalah Founder dari ToffeeDev Saya menyukai design yang bukan hanya bagus di mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments