Strategi Digital Marketing yang Akan Membawa Bisnis Anda Menuju Kesuksesan

strategi digital marketing

Sebagaimana diketahui, semenjak pesatnya perkembangan teknologi dan koneksi internet tersedia di seluruh pelosok, kegiatan belanja online meningkat secara drastis. Hal ini berimbas pada peningkatan kegiatan pemasaran digital. Selain lebih praktis, pemasaran digital juga lebih hemat biaya. Tak heran jika kini pemasaran digital menjadi pilihan utama para pebisnis. 

Tingginya persaingan membuat masing-masing pebisnis berkompetisi dengan menciptakan konten unik untuk menarik atensi calon konsumen dan meningkatkan konversi. Bahkan, tak sedikit pebisnis yang menggunakan jasa digital marketing agency untuk memenangkan persaingan. 

Apa Yang Dimaksud Strategi Digital Marketing?

Digital marketing merupakan kegiatan memasarkan atau mempromosikan produk atau merek menggunakan media digital. Tujuan utamanya untuk menarik calon potensial secara cepat. Sementara strategi pemasaran digital dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengomunikasikan, mempromosikan, serta menjual jasa atau barang melalui internet. 

Pemasaran digital memberi banyak keuntungan. Selain hemat anggaran, hasilnya lebih terukur, jangkauan target lebih luas, dan target pasar lebih spesifik. Tak hanya itu saja, pemasaran digital juga efisien tempat dan tenaga, tanpa batasan waktu, dan mudah dalam pengelolaan dan kontrol. Alhasil, produktivitas meningkat. 

Tujuan Digital Marketing

Sebelum menentukan strategi pemasaran digital, Anda harus mempertimbangkan dan menetapkan tujuan lebih dulu. Dengan mengetahui apa yang menjadi tujuan Anda, keseluruhan strategi pemasaran digital dapat didorong untuk mencapai target yang ditetapkan. Secara umum, terdapat sejumlah tujuan pemasaran digital, di antaranya sebagai berikut. 

1. Brand Awareness

Salah satu tujuan pemasaran digital adalah untuk meningkatkan nilai dan citra merek produk atau layanan kepada audiens sehingga tercipta kesadaran merek. Mengembangkan UPS (Unique Selling Point) efektif untuk membedakan merek yang satu dengan lainnya sehingga memudahkan audiens mengingat merek tersebut.  

2. Menghasilkan Leads 

Tujuan lain dari pemasaran digital adalah menghasilkan leads yang berkualitas supaya proses penjualan produk atau layanan lebih efektif. Leads merupakan audiens yang memiliki ketertarikan tinggi dan berencana membeli produk tersebut. Pengembangan database yang dipadukan dengan follow up efektif menghasilkan leads potensial. 

3. Menambah Traffic 

Menambah trafik juga merupakan tujuan dari pemasaran digital. Selain meningkatkan lalu lintas website, pengunjung juga akan mendapatkan informasi penting mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. 

4. Konversi

Selain tiga tujuan di atas, bisa dibilang konversi adalah tujuan pemasaran digital yang paling banyak dijadikan target para pebisnis. Makin tinggi konversi, makin tinggi pula keuntungan yang diperoleh, termasuk pemanfaatan anggaran marketing.

 Jasa SEO

Strategi Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis 

Dalam proses memasarkan produk atau layanan secara digital tentu membutuhkan strategi yang sesuai demi mendapatkan hasil yang ditargetkan. Bisa dibilang, tanpa strategi, Anda akan kesulitan bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari strategi pemasaran digital agar bisnis dapat berkembang dan meraih omzet maksimal. 

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

1. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi SEO adalah upaya meningkatkan situs website agar mendapatkan peringkat tinggi di hasil mesin telusur untuk kata kunci dan frasa terkait bisnis Anda. Makin banyak kata kunci terindeks mesin telusur, makin tinggi peringkat Anda. Secara otomatis makin banyak orang akan melihat dan mengenal situs web dan bisnis Anda.

SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda dari target audiens. Target utamanya adalah konsumen yang aktif mencari produk atau layanan yang ditawarkan, termasuk pengguna yang mencari konten di halaman teratas. Namun, untuk mendapatkan peringkat teratas sekaligus meningkatkan kredibilitas situs website, Anda bisa menerapkan optimasi On Page atau Off Page SEO. On-page SEO merupakan optimasi dari ke halaman website milik Anda, sedangkan proses optimasi off-page SEO mengarah ke luar website dengan backlink atau link building.

2. Pay Per Click (PPC)

Strategi pemasaran digital yang kuat dan rendah biaya adalah pay per click. PPC adalah bentuk iklan berbayar yang mengandalkan sistem berdasarkan lelang. Dengan PPC, Anda akan menawar kata kunci sesuai bisnis untuk ditampilkan pada iklan. Iklan ini akan muncul di bagian atas hasil pencarian, di atas daftar organik. Jika audiens mengklik iklan tersebut, maka Anda akan membayar untuk itu. Dengan kata lain, Anda tidak membayar ruang iklan, hanya membayar untuk hasilnya.

Bagi pebisnis baru, PPC adalah strategi pemasaran digital yang efektif mendorong lalu lintas situs website Anda. PPC bertujuan untuk menjangkau pencari kueri transaksional, yang artinya siap membeli produk atau layanan Anda. Ketika audiens mengklik iklan Anda, secara otomatis ia akan beralih ke halaman arahan dan melihat ajakan bertindak (CTA) untuk berkonversi, baik dengan membeli produk, mendaftar ke buletin email, atau tindakan lainnya. PPC adalah salah satu metode periklanan berbayar yang paling hemat biaya.

3. Content Marketing

Dalam content marketing, bisnis Anda berfokus untuk menjangkau, melibatkan, dan terhubung dengan konsumen melalui konten. Konten ini dapat mencakup artikel, video, brosur, infografis, dan lainnya yang bersifat informatif dan memberikan nilai bagi pengguna. Untuk mengaplikasikan content marketing, Anda harus menargetkan keyword yang relevan dengan bisnis.

Tujuan keseluruhan dari content marketing adalah untuk memberikan informasi berharga kepada audiens, meningkatkan lalu lintas, dan menghasilkan konversi. Dari sudut pandang teknis, content marketing juga berfokus pada pengoptimalan konten untuk mesin telusur sehingga dapat meningkatkan visibilitas Anda di hasil pencarian. Dengan kemampuan untuk terhubung dengan audiens di seluruh dunia dan hemat biaya, content marketing adalah strategi pemasaran digital yang cerdas untuk digunakan.

Content marketing adalah strategi jangka panjang dan berkelanjutan yang memberikan Return Of Investment (ROI) mengesankan. ROI tersebut mencakup prospek, klien baru, dan peningkatan rasio konversi. 

4. Media Sosial Marketing

Media sosial marketing berfokus pada brand awareness dan meningkatkan konversi. Kampanye pemasaran media sosial bisa menggunakan satu atau beberapa platform media sosial, tergantung pada target audiens. Beberapa platform populer untuk strategi ini, meliputi Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn.

Tujuan dari media sosial marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan konversi, serta membangun dan mempertahankan reputasi bisnis Anda. Itulah sebabnya media sosial marketing berfokus pada pembuatan konten informasi dan promosi serta interaksi dengan pengguna di berbagai platform. 

Pengguna media sosial biasanya tidak hanya menggunakan platform untuk memposting hal bersifat pribadi, melainkan juga berbagi konten dengan teman dan keluarga. Kebanyakan dari pengguna media sosial juga menggunakannya untuk tetap terhubung dengan situs belanja favorit atau sekadar mengikuti website tertentu untuk mendapatkan informasi dan promosi terkini.

Jika Anda hanya memiliki website, tetapi tidak aktif di media sosial, maka secara tidak langsung Anda telah membatasi audiens untuk terhubung dengan bisnis. Hal ini bisa berdampak pada pendapatan Anda. Oleh karena itu, apa pun bisnis yang Anda jalankan, pastikan untuk mempromosikannya melalui media sosial.Demikianlah informasi singkat mengenai pengertian dan strategi digital yang dapat diterapkan untuk mendongkrak bisnis Anda. Apabila dirasa sulit, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency yang akan membantu menyelesaikan permasalahan Anda. Dijamin, bisnis Anda makin maju dan mampu bersaing dengan kompetitor lain!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat