Mengenal Strategi Mobile Marketing yang Efektif Saat Ini

Perangkat mobile menjadi pilihan utama banyak orang untuk mengakses berbagai macam hal di internet. Mulai dari mengetahui berita dan tren terbaru, berkomunikasi, hingga sebagai sarana hiburan. Tidak bisa dipungkiri lagi jika saat ini, ranah mobile menjadi salah satu hal penting yang menjadi perhatian banyak pihak. Bagi sebuah perusahaan atau brand, ini bisa menjadi cara mereka dalam meraih dan mendapatkan perhatian publik, sehingga akan bisa menghasilkan calon pelanggan potensial. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan strategi mobile marketing yang efektif. Ada banyak channel yang bisa Anda gunakan untuk mencoba menarik perhatian para pelanggan. Mulai dari website hingga berbagai macam bentuk media sosial yang saat ini sudah banyak jumlahnya.

Mobile user bukanlah jenis pelanggan baru yang aneh. Hal ini menandakan keinginan banyak orang untuk pesan, konten, dan layanan yang berbeda melalui pilihan ukuran layar dan bentuk. Mereka hanyalah pelanggan Anda yang terkoneksi dengan cara yang beda. Setiap brand dan perusahaan harus dapat dan harus berbicara dengan mereka melalui cara yang sama ketika  Anda menangani semua pelanggan yang lain. Mereka hanya ingin berinteraksi melalui perangkat yang paling berguna dan nyaman bagi mereka.

Untuk itu, mari kita mengenal secara lebih dalam dari strategi mobile marketing yang akan bisa membantu bisnis berkembang menjadi lebih baik dan bisa bersaing dengan para kompetitor. Perhatikan berbagai informasi penting yang ada di bawah ini.

Strategi Mobile Marketing

Mobile marketing adalah strategi pemasaran online atau digital multi-channel yang ditujukan untuk menjangkau audiens yang berada di perangkat mobile seperti tablet dan smartphone atau perangkat lainnya. Hal ini dilakukan melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, dan aplikasi. Perkembangan mobile yang semakin maju dan cepat mewajibkan para pemasar mencari dan melakukan hal yang berbeda untuk bisa menciptakan engagement dalam omnichannel yang sebenarnya. Untuk mendapatkan dan mempertahankan perhatian pembeli potensial, konten harus strategis dan sangat personal sehingga bisa membuat mereka tertarik.

Namun, Anda harus bisa memberikan treatment yang sama antara target audiens yang menggunakan mobile dengan target audiens lainnya. Google melaporkan bahwa 77 persen pencarian dari perangkat mobile dilakukan di rumah atau kantor, hanya 17 persen saat bepergian. Pengguna seluler harus mendapatkan konten yang sama. Jika Anda hanya memberi mereka sedikit potongan konten dari apa yang ditawarkan di situs web “asli”, maka hal ini akan membuat mereka frustasi serta menciptakan kebingungan yang sebenarnya tidak diperlukan. Jika Anda mencoba menebak bagian mana dari konten Anda yang dibutuhkan pengguna mobile atau seluler, maka hal ini bukanlah sesuatu yang efektif. Sajikan konten yang sama seperti yang dilihat pengguna desktop Anda, yang membedakan hanyalah format dan bagaimana mereka mengakses konten-konten tersebut. Jangan sampai Anda hanya memberikan konten untuk dekstop di perangkat mobile mereka. Membuat mereka harus melakukan zoom untuk membaca sebuah konten adalah cara yang salah. Untuk kegiatan marketing ini, selalu berpegang dengan prinsip mobile first untuk bisa menghasilkan konten yang bisa dinikmati dengan nyaman oleh para pengguna mobile.

Anda tidak dapat memutuskan perangkat mana yang akan digunakan oleh pelanggan untuk mengakses internet. Mereka bisa memilih apa yang nyaman untuk digunakan. Anda bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman yang sama kepada mereka dan tidak dibatasi oleh perangkat apa pun yang dipilih untuk mengakses hal tersebut.

Mobile marketing dapat melakukan keajaiban untuk mendorong nilai dari sebuah brand dan permintaan untuk produk atau layanan dengan memanfaatkan perangkat seluler. Hal ini juga memungkinkan sebuah brand untuk terhubung dengan lebih banyak konsumen secara real time di titik manapun dalam customer life cycle.

Baca Juga: 3 Kesalahan Umum Pada Mobile Marketing

Komponen dari Strategi Mobile Marketing yang Efektif

Ada berbagai komponen yang akan bisa membentuk sebuah strategi kampanye pemasaran mobile yang efektif. Hal ini akan bisa membantu Anda untuk mencapai berbagai macam goalMobile marketing jauh melampaui pesan teks dan aplikasi saja. Untuk memiliki pengalaman pemasaran yang kohesif, Anda harus mempertimbangkan desain responsif secara menyeluruh.

1. Mobile-friendly Website

Mobile-friendly website akan bisa menghasilkan pengalaman dalam mengkonsumsi konten mobile yang pas di layar tanpa perlu melakukan usaha ekstra, memuat dengan cepat, dan bebas dari berbagai kendala. Alasan terpenting untuk mempertahankan situs yang mobile friendly adalah untuk menciptakan user experience (UX) yang konsisten dan menarik. Mobile UX memiliki efek dramatis pada setiap tahap siklus pembelian.

2. Pesan yang Mobile-friendly

Jenis mobile marketing yang memanfaatkan pesan SMS (layanan pesan singkat) dan MMS (layanan pesan multimedia) adalah dua metode langsung yang dapat dan juga cukup sering digunakan untuk mengirim konten ke pelanggan. Namun Anda harus bijak dalam memanfaatkan pemasaran melalui sms yang satu ini. Walaupun sudah mulai ditinggalkan, namun cara ini masih bisa menghasilkan sesuatu yang cukup berguna.

Jasa SEO

3. Landing Page yang Nyaman

Iklan dan landing pages yang mobile friendly menjadi komponen selanjutnya yang harus menjadi perhatian Anda. Gunakan desain responsif yana secara otomatis akan memformat konten halaman web untuk tampilan yang optimal di perangkat apa pun. Termasuk landing pages, CTA yang menarik tidak akan dilirik jika format untuk membacanya akan menyulitkan para pembaca. Percuma saja jika iklan yang didesain dan dibuat dengan baik akan sulit terbaca. Para calon pelanggan akan secara instan meninggalkan Anda.

4. Aplikasi Mobile-Friendly

Aplikasi seluler yang ramah akan bisa memberikan peluang untuk mendorong engagement yang lebih dalam dengan pelanggan Anda. Jelajahi berbagai hal yang bisa membuat aplikasi Anda bisa berhasil dan nyaman untuk digunakan. Perhatikan juga apakah aplikasi ini bisa menjadi langkah yang tepat untuk bisnis dalam meraih tujuan akhirnya.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui 4 Prinsip Customer Engagement

Merencanakan Strategi Pemasaran Online Mobile Anda

Strategi yang satu ini bisa digunakan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Untuk menghasilkan program yang efektif, ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan.

1. Ciptakan Mobile Buyer Persona

Memahami audiens merupakan langkah pertama dalam setiap strategi pemasaran apa pun. Buyer persona pembeli adalah alat yang berharga untuk membantu memahami siapa pelanggan Anda. Persona ini bisa menjadi representasi fiktif dari berbagai jenis target audiens yang ingin Anda jangkau. Buatlah profil yang menjelaskan latar belakang masing-masing, deskripsi pekerjaan, sumber informasi utama, tujuan, tantangan, jenis konten yang disukai, keberatan, dan/atau peran dalam proses pembelian.

Melalui hal ini Anda akan bisa lebih mudah dalam menentukan channel dan pesan pemasaran apa yang bisa membantu Anda. Memiliki gambaran yang jelas tentang audiens akan bisa memudahkan berbagai proses selanjutnya. Amati kebiasaan penggunaan mobile, manfaatkan pengujian A/B, dan bangun persona pembeli yang berguna untuk strategi mobile marketing Anda.

Baca Juga: 7 Tips Mobile Marketing yang Berguna untuk Bisnis Anda

2. Tentukan Tujuan Anda

Sebelum Anda meluncurkan strategi mobile marketing, tentukan terlebih dahulu apa tujuan dari dilaksanakannya strategi ini. Buat kalender pemasaran, tentukan sasaran dan tetapkan key performance index (KPI) yang akan bisa membantu dalam pengukuran kinerja yang ada di semua saluran. Tentukan tujuan utama, audiens utama, dan bagaimana Anda mengembangkan engagement yang bisa membantu dalam mencapai berbagai tujuan akhir Anda.

3. Tentukan KPI

Seperti yang sudah disampaikan di atas, KPI akan menjadi hal yang penting untuk dimiliki di awal perencanaan  Sama seperti upaya pemasaran Anda yang lain, mobile marketing akan perlu untuk diuji dan dioptimalkan agar bisa bisa efektif. Tentukan KPI yang realistis dan terukur dalam menentukan keberhasilan kampanye yang Anda jalankan.

  • Engagement: Sediakan konten yang sesuai untuk mobile bagi calon pelanggan yang mencari informasi mengenai industri atau produk Anda. Pastikan website sudah responsif untuk mendukung para pengguna mobile serta membantu dalam meningkatkan SEO seluler.
  • Akuisisi: Pastikan berbagai bentuk tindakan lanjutan Anda sudah mobile friendly. Konsumen yang sudah engage masih akan bisa kabur jika berbagai tindakan Anda selanjutnya tidak bisa membuat mereka betah. Berikan kemudahan bagi seseorang untuk mengisi berbagai data atau membaca berbagai konten lanjutan dari Anda.
  • Customer service: Layanan pelanggan bisa menjadi sebuah pemasaran yang sangat besar. Memungkinkan pelanggan dan Anda untuk saling terhubung. Mereka bisa memberikan pertanyaan yang membuat mereka bingung, disisi lain Anda akan bisa memberikan jawaban yang mungkin akan bisa membuat mereka bertahan dan ingin menjalin hubungan baik lebih lanjut. Manfaatkan berbagai platform untuk bisa menghadirkan layanan yang terbaik untuk para pelanggan.

Baca Juga: 3 Alasan Desain Web Responsive Adalah Strategi SEO Terbaik

4. Pantau Berbagai Metric yang Berhubungan

Google Analytics menjadi salah satu alat yang dapat membantu memantau penggunaan mobile dalam situs Anda. Data perilaku para pelanggan akan mengungkapkan seberapa baik konten mobile yang sudah Anda sajikan. Engagement dan data konversi akan bisa menunjukkan apakah beberapa landing pages utama masih perlu dioptimalkan atau tidak bagi untuk pencarian melalui mobile. Ada berbagai macam metric lainnya yang akan bisa membantu dalam menghasilkan strategi yang tepat sasaran dan juga efektif.

Keuntungan Mobile Marketing

Mobile marketing yang dijalankan dengan baik akan bisa memberikan Anda beberapa kelebihan yang tentunya akan sangat menguntungkan. Beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Akses yang Sangat Mudah

Perangkat mobile tentu akan selalu berada di sisi para penggunanya hampir sepanjang hari. Rata-rata pengguna perangkat ini akan menghabiskan lebih dari satu jam per hari di berbagai aplikasi media sosial Ini adalah alasan mengapa Anda harus fokus pada strategi mobile marketing. Aksesibilitas yang ditawarkan oleh perangkat mobile ini akan memastikan bahwa iklan/kampanye Anda dapat dengan mudah dilihat oleh target audiens kapanpun dan dimanapun

Baca Juga: Mobile First Index SEO: Pengertian dan Cara Optimasinya

2. Lokasi dan Personalisasi

Melalui mobile marketing, Anda akan memiliki kemampuan untuk menjangkau orang-orang di mana saja, kapan saja. Mulai dari tempat kerja, rumah, atau bahkan saat liburan. Manfaatkan pemasaran berbasis lokasi untuk bisa menciptakan konten yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan para pencari informasi. Ada banyak informasi yang dapat dikumpulkan tentang preferensi pengguna, semua ini karena perangkat mobile mereka. Hal ini akan bisa membantu dalam personalisasi iklan yang dapat disesuaikan untuk berbicara langsung dengan satu orang. Semuanya akan berdasarkan hal-hal seperti riwayat pembelian dan lokasi. Pesan yang dipersonalisasi akan lebih memungkinkan untuk dilihat dan ditanggapi.

3. Potensi Untuk Viral

Berbagi informasi dengan keluarga dan teman ataupun khalayak ramai merupakan salah satu hal yang digemari dari media sosial. Terutama jika iklan atau kontennya tersebut sangatlah menarik atau memiliki nilai yang patut untuk dibagikan. Perangkat mobile akan bisa meningkatkan potensi hal-hal untuk “menjadi viral.” Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur tanpa usaha atau biaya ekstra bila menghasilkan konten berharga yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga: Memulai Viral Marketing

4. Transaksi yang Instan

Ponsel adalah teman bagi orang-orang yang termasuk pembeli impulsif dan para pemilik bisnis. Kemudahan yang dihadirkan akan bisa mendorong terjadinya sebuah pembelian. Tidak perlu repot-repot untuk mendapatkan produk atau jasa yang diinginkan. Anggap saja seperti sedang mengantri di toko. Ada banyak barang menarik yang bisa membuat perhatian Anda tertuju padanya saat menunggu. Jika sudah tertarik, maka kemungkinan untuk membeli produk tersebut menjadi semakin tinggi, apalagi jika mudah untuk diraih.

Iklan pada perangkat mobile juga melakukan hal yang sama. Kita semua menggunakan ponsel sebagai bentuk hiburan dan cara mengusir kebosanan. Jika kita masih merasa bosan, maka hal ini dapat menimbulkan minat pada sesuatu yang baru, seperti produk dan jasa yang Anda tawarkan. Berbagai penawaran online yang berhasil menarik perhatian akan bisa memungkinkan terjadinya pembelian.

Viral Mobile Marketing

Seperti yang disebutkan di atas, strategi yang satu ini akan bisa memberikan brand atau perusahaan Anda kesempatan untuk viral. Ada banyak bentuk pemasaran online yang bisa digunakan, namun tidak ada yang lebih baik daripada pemasaran viral melalui platform yang terkenal dan digunakan banyak orang. Salah satunya mempromosikan produk dan bisnis menggunakan sosial media yang sedang populer seperti Tik Tok. Anda akan bisa mendapatkan kesuksesan dengan cepat menggunakan viral marketing apalagi dalam bentuk format yang bisa dinikmati dengan mudah di perangkat mobile. Dengan membuat konten yang bisa menjadi viral maka akan bisa semakin mudah mencapai goal yang diinginkan. Buat konten dari sudut yang unik mengenai industri dan brand Anda.

Baca Juga: Viral Marketing: Pengertian, Kelebihan, Contoh, dan Caranya

Gabungkan Dengan SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu strategi yang digital marketing paling hemat biaya dan bisa memberikan ROI yang memuaskan. Setiap bisnis harus fokus pada SEO jika ingin memasarkan secara online, termasuk dalam dunia mobile. SEO menjadi proses yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya tambahan. Kombinasikan hal ini dengan strategi mobile marketing untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan efektif. Tingkatkan jangkauan dari bisnis secara organik.dan dapatkan juga hasil tahan lama dan akan bisa diperbarui. Bila Anda bingung mencari agensi yang bisa membantu Anda, maka gunakan  Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. 

Para ahli SEO kami akan bisa membantu bisnis Anda untuk berkemabng ke tinggkat selanjutnya. Strategi yang digunakan juga sangat aman sehingga tidak perlu takut terkena pinalti. Kami juga selalu berusaha memberikan hasil terbaik yang mengikuti berbagai update algoritma dari Google, sehingga tidak perlu ragu lagi karena setiap optimasi akan dipastikan tidak akan ketinggalan dengan berbagai pembaruan yang ada.

Membuat website teroptimasi dengan baik dan sempurna. Tunggu apalagi, mari kembangakan bisnis Anda ketingkat selanjutnya dan capai berbagai macam goal Anda. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mari memulai konsultasi di sini

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat