Memahami Strategi SEO On-Page Untuk Website Anda

Dalam optimasi SEO sebuah website, bagian On-Page menjadi salah satu hal terpenting untuk diperhatikan. Hal ini akan bisa membantu sebagai ranking signal yang bisa membuat website Anda muncul pada SERP. Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa memahami strategi SEO On-Page yang bisa digunakan untuk website Anda. Ada banyak strategi yang bisa diterapkan, namun bila tidak memahaminya, maka hasil yang didapatkan bisa tidak maksimal. Mari kita mulai mengenali berbagai strategi ini.

Apa Itu Strategi SEO On-Page

SEO On-Page mengacu pada pengoptimalan apa pun yang bisa dikontrol dan ditambahkan pada website Anda. Dengan optimasi pada halaman ini, Anda bertujuan untuk membuat website lebih bermanfaat dan berharga bagi pengguna. Meningkatkan peringkat atau visibilitas Anda dalam hasil pencarian di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Ada beberapa faktor peringkat yang harus menjadi perhatian. Anda ingin mengoptimalkan semua faktor ini. Meluangkan waktu untuk mengoptimalkan masing-masing faktor ini akan bisa meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian sekaligus membuatnya kompetitif dan sulit dikalahkan.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Ranking Google Search

Faktor optimasi SEO On-Page yang harus Anda fokuskan meliputi:

  • URL
  • Title tag
  • Meta description
  • Heading tags
  • Alt tags
  • Keywords
  • Konten
  • Speed
  • Internal linking
  • Gambar
  • Mobile-friendliness

SEO On-Page juga akan bergantung pada konten halaman. Apa pun yang ada di dalam situs web dapat berpotensi mempengaruhi SEO. Selain faktor di atas, ada juga kode HTML, CSS, JavaScript, dan masih banyak lagi yang bisa mempengaruhi rangking Anda.

Strategi On-Page akan membantu mesin pencari menganalisis website dan konten yang terhubung dengannya. Sehingga dapat mengidentifikasi apakah permintaan pencari relevan dengan apa yang disajikan oleh sebuah website. Google terus memperbarui algoritme mereka sehingga dapat lebih memahami maksud dari pencari dan memberikan hasil pencarian yang memenuhi kebutuhan pengguna tersebut. Seiring berkembangnya algoritma Google, website Anda juga harus demikian.

Bagi bisnis besar atau kecil, penting sekali untuk mengoptimalkan SEO. Hal ini mewakili salah satu strategi pemasaran digital paling umum, dan tetap sangat populer karena pengembalian investasinya yang cukup memuaskan. Faktanya, SEO On-Page menawarkan ROI terbaik dari hampir semua strategi pemasaran digital dengan biaya yang relatif rendah dan manfaat jangka panjang yang dapat membantu website tumbuh dan menghasilkan traffic secara pasif selama bertahun-tahun.

Berikut ini adalah beberapa strategi dalam optimasi SEO On-Page website Anda.

1. Optimasi URL

Menyertakan kata kunci Anda di URL dibandingkan rangkaian panjang angka acak akan membuat situs Anda lebih mudah dinavigasi dan memberi orang pemahaman yang lebih baik tentang topik yang disajikan di halaman Anda.

Manakah dari URL berikut yang ingin Anda kunjungi?

  • https://www.contoh.com/category/subcategory/keyword.html
  • https://www.contoh.com/125typu4f5ww56fifl6639j875fe.html

Gunakan URL yang bersih dan terorganisir untuk meningkatkan arsitektur website dan membantu dalam usaha mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian yang relevan.

Baca Juga: URL itu Apa? Mengapa Penting Dalam Internet?

2. Pentingnya Title Tag

Untuk menampilkan website Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP), Google harus tahu mengenai maksud dari halaman pada website tersebut. Menggunakan kata kunci tertentu di title tag setiap halaman (<title>, </title>) akan bisa memudahkan crawler dari mesin pencari untuk memahami website Anda.

Jasa SEO

3. Optimasi Meta Description

Meta description tidak mempengaruhi optimasi halaman Anda secara langsung. Ini adalah fitur yang membantu pengguna, untuk bisa mempelajari lebih lanjut tentang halaman Anda. Fakta bahwa Google akan mem-bold istilah pencarian pengguna yang muncul dalam deskripsi meta Anda menjadi alasan lain untuk melakukan optimasi meta description untuk halaman di website Anda. Sertakan kata kunci terkait dalam deskripsi untuk hasil terbaik.

4. Tambahkan Heading Tags

Untuk heading tags, tidak hanya mesin pencari yang membutuhkannya, para pembaca juga sangat membutuhkan hal ini. Gunakan heading tag di seluruh konten agar bisa memecahnya dan membuatnya lebih mudah dibaca dan skimmable bagi pengguna. Anda juga dapat menambahkan kata kunci inti atau kata kunci terkait untuk memberikan lebih banyak konteks kepada mesin pencari mengenai konteks dari konten yang sudah dibuat.

Baca Juga: Pentingnya Heading Tag untuk Keberhasilan SEO Anda

5. Menggunakan Alt Tags

Alt tags memberikan lebih banyak informasi untuk multimedia, seperti gambar dan video. Mesin pencari tidak dapat melihat multimedia, jadi akan bergantung pada atribut alt untuk memberikan informasi mengenai sebuah multimedia. Contohnya, jika Anda memiliki foto mobil, maka alt tags Anda dapat berisi penjelasan dari gambar. Tambahkan nama deskriptif ke file gambar sehingga Google bisa mendapatkan ide yang lebih baik tentang multimedia Anda. Jika bisa gunakan keyword di dalam alt tags.

6. Membuat Konten yang Efektif

Konten sangat penting untuk optimasi On-Page. Dengan konten, para pengunjung akan bisa masuk dan tertarik mengunjungi website. Baik itu untuk membaca posting blog atau melihat halaman produk, orang-orang akan menelusuri konten Anda. Mengoptimalkan konten dapat membantu mesin pencari memahami dan memberi peringkat pada konten, yang dapat mengarahkan orang untuk menemukan website Anda.

Beberapa bentuk optimasi pada konten yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Menggunakan kata kunci Anda dalam judul dan paragraf
  • Memecah konten menjadi sesuatu yang skimmable
  • Melengkapi konten dengan gambar yang bermanfaat
  • Memastikan konten menggunakan ejaan dan tata bahasa yang benar
  • Membuat konten yang bermanfaat dan bisa dipercaya

Selain itu, Anda juga bisa secara teratur menambahkan informasi baru pada konten ataupun membuat konten baru. Sehingga mesin pencari akan melihat bahwa Anda aktif secara online. Menemukan dan menghapus konten duplikat juga meningkatkan SEO di halaman Anda. Konten duplikat mengacu pada konten serupa di beberapa halaman di dalam website. Konten duplikat ini harus dihindari, karena:

Google tidak tahu halaman mana yang harus diberi peringkat. Ketika banyak halaman yang berisi informasi sama persis, mesin pencari tidak akan tahu halaman mana yang akan diberi peringkat dalam hasil pencarian.

Konten duplikat membingungkan pengunjung situs. Saat pengunjung menemukan konten duplikat di situs Anda, ini bisa menciptakan kebingungan. Mereka mungkin tidak tahu langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Konten duplikat menimbulkan masalah di funnel Anda. Mencegah para audiens mengambil tindakan.

Baca Juga: Inilah 6 Penerapan SEO On-Page pada Website

7. Jangan Lupakan Internal Link

Internal link menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan dalam SEO On-Page. Seiring dengan pertumbuhan situs Anda, penting sekali mengembangkan proses internal linking. Hal ini dikarenakan internal link akan bisa membantu crawler dalam menjelajahi situs Anda, menemukan konten baru, dan memahami konteks halaman yang berbeda.

Baca Juga: Memahami Perbedaan SEO On-Page dan SEO Off-Page

Itulah dia berbagai strategi optimasi SEO On-Page untuk situs Anda. Jangan lupakan juga page speed dan mobile-friendliness. Dua hal ini menjadi hal yang cukup penting juga. Untuk bisa lebih memahami hal ini, mulai konsultasi bersama Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya dengan efektif. Mari mulai kerja sama yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan berbagai keuntungan yang menarik.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat