Tips Belajar UI/UX Design yang Harus Diketahui

Welcome back to Toffee #SharingMonday! Kali ini bersama saya Hansel sebagai UI/UX Designer di Toffedev. Setiap Senin, kami akan share insights seputar digital marketing, design, dan website.

Profesi sebagai UI dan UX Designer pastinya saat ini sudah cukup terdengar familiar. Banyaknya lowongan yang tersedia di bidang UI dan UX design tentunya membuat banyak orang yang tertarik belajar di bidang ini. Menariknya, pekerjaan ini sering kali tidak mengharuskan seseorang untuk mempelajari suatu jenis pendidikan tertentu. Ilmu yang dibutuhkan untuk mempelajari UI dan UX design bisa dipelajari sendiri asalkan kamu ada niatan dan mau terus belajar.

Nah, jika penasaran dengan bidang ini dan ingin mencoba memiliki karier sebagai seorang UI dan UX designer. Berikut ini tips belajar UI dan UX design yang perlu kamu ketahui.

1. Pelajari Prinsip UI Design

Hal yang menjadi cakupan dari user interface atau UI ialah seluruh aspek visual yang ditampilkan di website atau aplikasi. Jadi, cara pertama untuk belajar UI design yaitu dengan lebih mengenal apa saja prinsip dari UI design itu sendiri. Pelajari hal dasar terlebih dahulu sehingga nanti kamu bisa memasuki dunia design dengan mudah dan bisa menyampaikan apa saja ide kreatifmu. Ada beberapa prinsip dari UI design yang perlu diketahui. Pertama adalah warna, pelajari dasar-dasar warna dan psikologi warna. Setelah itu, prinsip lain yang harus diketahui adalah balance atau keseimbangan, contrast hingga typography. Seorang UI designer harus mampu membuat desain yang seimbang dengan memperhatikan kontras dan tentunya memilih font huruf yang mudah dibaca. Selanjutnya adalah konsisten, prinsip ini paling penting karena dengan konsisten kamu bisa menciptakan desain yang lebih baik.

2. Cari Tahu Tentang Proses Kreatif UI/UX

Setelah mengetahui prinsip sebelumnya, kamu juga harus belajar proses kreatif dari profesi UI/UX designer. Proses kreatif pertama adalah discover yang menjadi awal dimulainya dari setiap project. Di proses ini setiap designer harus mulai melakukan riset, mencari inspirasi, dan mengumpulkan ide. Selanjutnya adalah tahap define di mana designer harus sudah bisa mendefinisikan ide yang telah dimiliki. Proses kreatif selanjutnya adalah develop atau pengembangan saat designer mulai membuat konsep dan mengujinya hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam proses ini, designer harus bisa selalu meningkatkan dan menyempurnakan ide agar hasilnya lebih maksimal. Terakhir adalah delivery yang mengharuskan desainer untuk memproduksi dan menyelesaikan projectnya.

3. Perbanyak Referensi

Salah satu hal yang terpenting untuk belajar UI dan UX design yaitu dengan selalu menambah pengetahuan dengan mencari referensi. Kamu harus sudah bisa memilih desain yang baik dan menarik serta mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari suatu desain. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperbanyak referensi. Kamu bisa mencari referensi melalui buku, artikel, website, dan juga sosial media. Kita bisa menemukan referensi di sosial media seperti Instagram dan TikTok yang sekarang sering digunakan. Banyak content creator UI/UX membuat video dan portofolio untuk mengajarkan cara mudah dalam UI/UX design. Hal-hal ini bisa kita gunakan sebagai referensi untuk project kita.

4. Mempelajari Software  yang Dibutuhkan UI/UX Designer

Selain memperbanyak referensi, kamu juga harus mulai belajar menggunakan tools atau software yang diperlukan sebagai UI/UX designer. Kamu bisa menyalurkan idemu dengan menggunakan beberapa software yang biasa kamu gunakan. Untuk sekarang ini banyak UI/UX Designer menggunakan software seperti Adobe XD dan Figma karena aplikasi ini memudahkan kita untuk membuat prototype dalam project pembuatan website atau aplikasi. Selain itu software ini masih bisa digunakan secara free, dan sangat mudah untuk diakses pada windows maupun MacOS.

5. Mencari Teman Diskusi

Cara belajar UI/UX design yang terakhir adalah dengan mencari teman diskusi. Kamu bisa ikut komunitas yang mempertemukan para UI/UX designer. Jika memiliki kesulitan kamu bisa langsung bertanya kepada mereka untuk mencari solusinya. Selain akan mendapatkan banyak ilmu baru. Hal ini pastinya juga bisa menjalin banyak koneksi. Kamu juga bisa mengikuti program, kelas, atau bahkan seminar mulai dari berbayar hingga yang free mengenai UI/UX design yang sekarang sudah tersedia. Dari sini kamu bisa mendapatkan link atau koneksi untuk belajar lebih sebagai UI/UX designer.

Beberapa tips belajar UI/UX design yang tadi bisa langsung kamu coba dan terapkan. Jika ingin memiliki karier di bidang ini, cobalah untuk selalu konsisten saat mempelajarinya dan jangan mudah menyerah. Sekian insights hari ini, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share. Serta jika Anda mempunyai usulan topik untuk kami bahas di video berikutnya, silakan comment di bawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat