Tips Maintenance Website Secara Profesional

 

Selamat datang di Toffee #SharingMonday bersama saya Bagus, seperti biasa setiap hari seninnya kami hadir untuk membagikan insight seputar Digital Marketing, Web Development, dan juga Desain.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan coba membagikan Tips Maintenance Website Secara Profesional. Tujuan dari maintenance sendiri adalah untuk memastikan bahwa website anda masih berjalan sesuai dengan fungsi dan juga kebutuhannya.

Jenis maintenance website sendiri dapat kita bagi 3 berdasarkan periodenya, yang pertama Maintenance Mingguan, yang kedua Maintenance Bulanan dan yang ketiga Maintenance Tiap Kuartal.

Maintenance Mingguan dilakukan untuk mencegah “tabungan masalah” yang mungkin saja bisa menumpuk karena kita jarang memeriksa website yang kita miliki. Maintenance Mingguan itu antara lain :

  1. Mengecek Halaman dan Tautan yang kita miliki, apakah masih masih berjalan sesuai dengan kegunaan dan fungsinya. Jadi kita bisa mengecek halaman-halaman apakah secara tampilan dan fungsional masih sesuai atau masih bekerja dengan baik.
  2. Periksa seluruh update komponen website, ini seperti update core WordPress dan juga update Plugin, karena ini berpengaruh dalam performa website. Fungsi dari update ini juga memperbaiki bug yang mungkin ada pada versi sebelumnya.
  3. Hapus komentar spam. Ini lebih menunjukkan bahwa website kita terlihat lebih terawat karena komentar-komentar yang ada dalam website kita hanya komentar-komentar yang relevan, dan juga tidak ada komentar-komentar spam yang tidak sesuai dengan topik yang kita bagikan kepada pembaca.

Maintenance selanjutnya adalah Maintenance Bulanan dilakukan untuk mendapatkan hasil dari analisis yang cukup mempresentasikan kenyataan, tidak diambil terlalu cepat dan juga tidak diambil terlalu lambat. Maintenance Bulanan ini ada 3 cara :

  1. Meninjau performa SEO, kita bisa melihat traffic dari website apakah menurun atau meningkat. Dan apabila menurut kita bisa mengecek apa faktor yang membuat traffic kita turun, sehingga pada bulan berikutnya kita bisa meningkatkan traffic yang kita miliki
  2. Review Konten dalam Website, apakah konten dalam website kita itu up to date atau masih mengikuti tren yang terdahulu. Kita bisa mengikuti tren yang sekarang , sesuai dengan kebutuh user , sesuai dengan apa yang user cari. Karena konten yang up to date atau sesuai dengan kebutuhan user saat ini mempengaruhi dari performa SEO sendiri.
  3. Tes kecepatan loading website, jangan sampai pengunjung website meninggalkan website anda karena loading website yang terlalu lama. Ini akan sangat membosankan dan membuat user tidak betah untuk menunggu dan segera meninggalkan halaman website anda.

Maintenance yang terakhir adalah Maintenance Tiap Kuartal, yang dilakukan tiap 3 bulan sekali, diantaranya:

  1. Memeriksa Info Kontak Aktif, kita memeriksa informasi kontak yang ada dalam website kita, apakah kontak tersebut masih aktif atau sudah berganti misalkan seperti nomor kantor atau nomor handphone. Dan apabila ada perubahan data nomor kita bisa segera mengupdatenya agar nantinya pengunjung website lebih gampang menghubungi kita dan tidak menghubungi nomor yang tidak aktif.
  2. Memperbaiki dan Memperbarui Desain Website. Apakah desain website anda masih terkesan jadul, anda mungkin bisa mengubah desain website anda menjadi lebih modern, mengikuti tren yang mungkin sedang naik pada saat ini.
  3. Periksa Masa Aktif Durasi Domain, jangan sampai anda lupa untuk memeriksa masa aktif dari domain anda, apabila sudah expired nantinya website anda tidak bisa diakses dan lebih parahnya lagi domain anda akan dihapus secara otomatis.

Nah itu tadi Tips Maintenance Website Secara Profesional dari saya, apabila anda memiliki saran topik yang mungkin ingin kami bahas, silahkan komen di bawah dan jangan lupa share video ini apabila kalian suka. Dan sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat