Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Benar

Di era serba online ini, hampir semua bisnis membutuhkan website. Dengan adanya website, bisnis akan terlihat lebih profesional dan tentunya, lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki sebuah bisnis, sangat disarankan untuk membuat website yang baik dan profesional untuk bisnis Anda.

Tentu saja, Anda dapat membuat website bisnis Anda sendiri. Tetapi, tidak semua orang memiliki kemampuan atau pengalaman untuk membuat website bisnis yang berkualitas. Jangan khawatir. Sekarang ada banyak agensi penyedia jasa pembuatan website yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda.

Tapi jangan sembarangan dalam memilih layanan pembuatan website. Karena website merupakan representasi terbesar bisnis Anda di dunia maya, Anda harus memilih penyedia jasa pembuatan website yang baik. Penasaran bagaimana caranya? Mari perhatikan tips memilih jasa pembuatan website di bawah ini.

8 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Baik untuk Bisnis

Ada beberapa tips memilih jasa pembuatan website berkualitas untuk mengembangkan bisnis secara online. Berbicara mengenai bisnis di zaman sekarang, sudah banyak para pebisnis yang memasarkan produknya secara digital, dengan website sebagai salah satu medianya. Apabila saat ini Anda sedang ingin membuat website dari suatu agensi, Anda perlu memahami terlebih dahulu beberapa tips memilih jasa pembuatan website berikut ini.

1. Cari Tahu Profil Pembuat Website

Tips memilih jasa pembuatan website yang pertama dapat dimulai dari mengetahui profil pembuat website atau agensi. Saat mencari agensi, hal inilah yang sebaiknya pertama kali Anda amati. Anda bisa melihat visi juga misi perusahaan disini, juga siapa yang bertanggung jawab. Informasi lain berupa kontak atau alamat juga tertera di company profile.

Anda juga bisa tahu siapa tim dibalik layar pembuatan website, dan tahu harus menghubungi siapa kalau website bermasalah. Kegiatan yang sedikit membosankan ini akan memberi berkah suatu saat nanti, percayalah!

2. Amati Portfolio Pembuat Website

Anda tidak harus wawancara untuk bisa tahu hasil karya dari agensi penyedia jasa pembuatan website. Mereka yang profesional tak sungkan menampilkan portofolio pada situs resmi. Dengan melihat hasil karyanya, dari sini Anda bisa tahu apa agensi ini sesuai atau tidak.

Di bagian portofolio, Anda bisa menjumpai informasi seperti foto tim yang disertai sertifikat keahlian, atau hal lain seperti afiliasi dengan perusahaan besar lain. Tak jarang, agensi penyedia layanan pembuatan website profesional membuat kompetisi yang bisa Anda ikuti, dan semua bisa Anda lihat di bagian ini.

Tapi, saat menilai, janganlah terpaku pada banyak atau sedikitnya portofolio yang ditampilkan. Fokus saja pada kualitas karya dan tampilan website yang dihasilkan, itu yang terpenting. Bisa saja agensi tersebut tak mau menampilkan semua karya karena ada perjanjian dengan klien.

Baca Juga: Fungsi Blog di Dalam Website Perusahaan

3. Kredibilitas dan Legalitas

Kredibel berarti bisa dipercaya, dan legal berarti telah berizin. Carilah agensi yang telah terdaftar sebagai perusahaan, misalnya CV, lebih bagus lagi kalau PT. Ini salah satu bukti kalau agensi tersebut benar-benar profesional dalam menawarkan jasa pembuatan website. Hal ini sangat penting terutama apabila Anda ingin membuat website untuk bisnis dikarenakan tampilan website yang dibuat harus terjamin baik, dinamis, dan profesional.

Agensi besar cenderung akan tetap dominan di model bisnis apapun, ini karena kredibilitas perusahaan sudah lama terbangun di mata konsumen. Atribut ini tak diperoleh singkat, dan jelas kualitas agensi seperti ini lebih bisa diandalkan.

Agensi yang independen juga ada yang bagus, tapi kadang mereka punya kendala saat dihubungi. Agensi yang legal berarti punya kredibilitas, meski karya yang dibuat baru beberapa. Tapi ini memberi ketenangan bagi Anda saat muncul masalah pada website.

Jasa SEO

4. Lihat Demo dan Testimoni

Jasa pembuatan website terbaik biasanya menyertakan demo juga hasil karya pada laman situsnya. Nah, Anda bisa lihat seberapa bagus kinerja agensi lewat demo ini. Demo yang ditampilkan bisa berupa apapun, termasuk bahasa pemrograman yang dipakai.

Anda juga bisa lihat testimoni konsumen lain untuk cari tahu kualitas agensi ini. Komentar klien lain sangat penting, terutama untuk rujukan. Jangan lupa bagian ini, karena Anda bisa melihat apresiasi, saran, juga kritik, yang ditujukan pada agensi.

Testimoni bisa punya peran layaknya bukti kalau agensi tersebut benar-benar bisa diandalkan. Review dari konsumen lain penting untuk Anda baca. Anggap saja ini seperti saat Anda ingin belanja online lalu melihat-lihat review dari konsumen lain lebih dulu sebelum membeli.

5. Cek Kelengkapan Fitur yang Disediakan

Agensi yang satu pasti menawarkan fitur berbeda dari agensi lainnya. Wajar saja, hal ini karena persaingan usaha antar agensi penyedia jasa pembuatan website yang makin marak. Dari sekian banyak, pilih satu agensi yang menawarkan fitur yang sekiranya Anda butuhkan di website.

Kualitas website dinilai dari fitur yang diterapkan, dan ini harus Anda pelajari. Fitur yang mumpuni bisa meningkatkan kinerja website Anda di peramban. Dan jelas, ini akan membantu sekali meningkatkan rating website Anda di mesin pencari.

Untungnya, banyak pihak penyedia layanan pembuatan website yang menjelaskan fiturnya secara gamblang di tiap daftar paketnya. Tugas Anda hanya mencari tahu fitur apa yang sekiranya tepat sesuai dengan kebutuhan website dan tentunya, sesuai dengan budget Anda.

Baca Juga: Bagaimana Karakteristik Website Yang Ideal?

6. Keamanan Data

Isu paling santer di dunia online yaitu keamanan data. Memang, tak ada yang sempurna di ranah maya, semua pasti ada celah atau bug yang bisa disusupi siapapun. Meski tak akan setenar kasus Cambridge Analytica, tapi ini harus jadi perhatian serius.

Anda pasti tidak ingin database yang berisi seluruh file website terekspos. Oleh karena itu, saat hendak memilih agensi penyedia jasa pembuatan website, pastikan agensi tersebut memang sudah paham betul mengenai masalah keamanan siber dan data.

Yang tak kalah penting, Anda juga harus tahu bagaimana tanggung jawab agensi jika masalah seperti ini terjadi. Pastikan Anda tahu lebih detail tentang isu keamanan siber dan data dari agensi tersebut.

7. Pastikan Ada Garansi

Idealnya, agensi profesional tidak hanya berfokus membuat website saja. Mereka juga akan memberi garansi atau jaminan kalau website buatan mereka benar-benar bisa diandalkan. Klaim atau garansi bisa memberi Anda rasa aman.

Semisal ada error code saat install plugin, agensi siap kapanpun menangani masalah seperti ini. Hanya saja, pastikan kalau garansi yang diberi bersifat gratis. Karena tak jarang agensi meminta biaya tambahan dengan mengatakan error yang terjadi terlalu parah.

Gangguan teknis di website bisa terjadi kapanpun, dan garansi juga harus mencakup masalah seperti ini. Sebagai konsumen, Anda berhak tanya atau bahkan meminta garansi. Jangan takut dianggap cerewet, karena ini merupakan hak yang harus Anda dapat.

8. Pastikan Apakah Ada Biaya Maintenance

Kebanyakan agensi menarik biaya maintenance pada bulan pertama sebagai bagian dari layanan, tapi ada juga yang tahunan. Tergantung paket yang diambil, Anda bisa mengambil paket sesuai dengan kebutuhan, baik sebatas pembuatan website saja atau plus maintenance.

Ini yang harus Anda pahami jika tak ingin ribut-ribut masalah harga jasa pembuatan website dan invoice yang nantinya harus Anda bayarkan. Tegaskan, berapa lama maintenance yang didapat, juga adakah biaya tambahan untuk ini. Maintenance bisa mencakup apapun, termasuk saat plugin dalam wp-admin minta upgrade.

Baca Juga: Mengapa Biaya Membuat Website Mahal? Ini Penjelasannya!

Nah itu tadi adalah 8 tips memilih jasa pembuatan website. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar di bawah ini, ya! 

Bila Anda ingin membuat website bisnis yang dinamis, profesional, dan fungsional, Toffeedev menyediakan jasa pembuatan website profesional yang terpercaya. Mari membuat website bisnis yang profesional dengan Toffeedev!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat