Apa Itu Cloudflare? Apa saja fungsinya?

apa itu cloudflare

Apa itu Cloudflare? Mungkin masih banyak penggiat bisnis digital yang belum familier dengan nama ini. Namun, bila membutuhkan pengelolaan blog atau website secara cepat dan aman, Cloudflare bisa jadi pertimbangan krusial. Nah, sebelum mengenal Cloudflare, kita harus mengetahui tentang CDN dulu. Yuk, simak pembahasannya sampai selesai di artikel berikut ini.

Sekilas tentang Apa Itu Cloudflare

CDN singkatan dari Content Delivery Network yang merupakan sekelompok server global yang tersebar di beberapa negara. Jaringan CDN berfungsi sebagai jalur pengiriman konten dari satu server untuk suatu situs web.

Singkatnya, berkat adanya jaringan CDN, konten mempercepat operasional sebuah situs web saat mengirimkan konten kepada pengunjung website.

Tentang Cloudflare

Cloudflare memang CDN, tetapi memiliki fitur ekstra yang standarnya lebih bagus dibandingkan dengan CDN. Berkat adanya layanan Cloudflare, pengunjung website dapat terhubung ke server secara langsung. Ibarat penjaga, fitur ini juga dapat mendeteksi kemungkinan aktivitas yang mengancam keamanan website yang berpotensi dilakukan oleh pengunjung website.

Terlebih lagi, pengunjung suatu website tidak melulu manusia normal. Bisa jadi, ada yang mengirim semacam bot untuk memasukkan atau meninggalkan virus di dalam website tersebut. Bila lengah sedikit saja, website dapat diserang sehingga menjadi lambat atau bahkan mengalami shut down. Strategi ini dikenal sebagai serangan DDoS yang meningkatkan beban server sampai mengalami overload.

Berkat adanya penjagaan dari Cloudflare, website dapat beroperasi dengan baik. Semua serangan malware dari luar dapat langsung ditangkis.

banner

8 Fungsi Cloudflare

Inilah delapan fungsiyang wajib diketahui semua penggiat bisnis digital:

1. Mempercepat Kinerja Website

Cloudflare memfilter semua aktivitas pada website sehingga kinerja website lebih cepat. Cukup mengaplikasiknnya pada website dan secara otomatistelah menjadi nameserver Anda.

Baca Juga : 7 Cara Mempercepat Loading Blog Anda

2. Membantu Mengarahkan Pengunjung pada Koneksi Tercepat

Dengan cara ini, pengunjung website dapat menjelajahi website Anda dua kali lebih cepat. Pengunjung akan diarahkan pada koneksi tercepat saat mengunjungi website Anda.

3. Melacak Kemungkinan Adanya Trafik yang Berbahaya

Meskipun agak ribet, cara ini terjamin lebih aman. Pengunjung tidak akan langsung bisa mengakses website, melainkan harus melakukan permintaan akses dulu. Server Cloudflare akan mengecek setiap permintaan akses untuk memastikan pengunjung ini aman untuk masuk ke website dan mencegah under-attack yang mungkin terjadi. Singkatnya, Cloudflare akan melindungi website dari berbagai jenis serangan.

4. Berfungsi Sebagai Tempat Penyimpanan Sementara Konten Statis Website

Cloudflare juga bisa sebagai tempat penyimpanan sementara untuk konten statis website. Konten statis yang dimaksud adalah gambar atau foto, JavaScript, CSS, dan masih banyak lagi. Intinya, Cloudflare dapat mengurangi penggunaan kapasitas server sehingga website masih bisa menampung data yang lebih penting dan bersifat permanen.

5. Membantu Pengunjung Melakukan Browsing Secara Offline

Koneksi internet mendadak putus sehingga hosting mengalami gangguan? Tenang, halaman website sudah tersimpan. Pengunjung tetap bisa mengakses website tanpa halangan karena sudah ada cache konten yang tersimpan di dalam data center atau server.

6. Mendeteksi Setiap Pengunjung yang Datang ke Website Lewat Tayangan

Lewat tampilan tersebut, Anda akan mengetahui setiap pengunjung. Bila bukan manusia biasa, melainkan bot atau potensi ancaman sejenis, Cloudflare bisa langsung mengusirnya. Website Anda pun akan tetap aman.

7. Mengurangi Adanya Spam pada Website

Banyaknya spam yang masuk ke website (baik lewat kolom komentar di blog atau buku tamu) ibarat sampah yang dibuang orang lewat sembarangan ke rumah kita. Cloudflare memiliki fungsi untuk mengurangi adanya spam sehingga menjadi lebih ‘bersih’, tidak berat, dan aman.

8. Memperingatkan Adanya Infeksi Virus pada Komputer

Cloudflare juga dapat mendeteksi adanya infeksi virus pada computer. Oleh karena itu, pengunjung yang mau masuk ke website diarahkan untuk mengisi CAPTCHA terlebih dahulu demi keamanan.

Nah, bagaimana? Bila tertarik untuk mulai menggunakan Cloudflare, segeralah kunjungi websitenya. Setelah mendaftarkan diri di Cloudflare , masukkan nama domain yang ingin dilindungi. Jangan lupa, ikuti terus petunjuk yang tertera saat mendaftar di sana. Ini termasuk proses pengambilan DNS serta konten dari website.

Nah, sudah tahu apa itu Cloudflare? Sekarang saatnya menggunakan aplikasi ini pada website Anda. Jangan khawatir jika belum memiliki website untuk bisnis karena ToffeeDev bisa membantu Anda dalam proses pembuatannya. Hubungi kami segera untuk menggunakan jasa pembuatan websitedari ToffeeDev! Mulailah bekerja sama untuk membangun website bisnis yang lebih cepat dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung situs web Anda!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat