3 Cara Membuat Website Multibahasa dengan Praktis dan Mudah

cara membuat website multibahasa

Dalam era globalisasi dan digitalisasi yang terus berkembang, memiliki kehadiran online menjadi krusial bagi kesuksesan bisnis karena setiap orang aktif menggunakan internet setiap harinya. Oleh karena itu, memiliki website multibahasa menjadi suatu keharusan bagi para pemilik bisnis online untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Melalui artikel ini, ToffeeDev akan membahas bagaimana cara website multibahasa dengan mudah menggunakan plugin WordPress. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui mengapa memiliki website multibahasa adalah hal yang penting terlebih dahulu. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Mengapa Penting untuk Memiliki Website Multibahasa?

Dengan adanya internet, dunia makin terhubung dan komunikasi lintas batas tidak lagi menjadi kendala. Oleh karena itu, memiliki website multibahasa menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa hal ini begitu penting.

1. Menjangkau Audiens Global

Penting untuk diingat bahwa dunia internet tidak mengenal batas geografis. Dengan memiliki website multibahasa, Anda dapat menjangkau audiens global tanpa terbatas oleh batasan bahasa. Hal ini dapat membuka pintu bagi kolaborasi bisnis, pelanggan potensial, dan kemitraan lintas batas yang dapat memperluas cakupan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Cara Agar Sebuah Website Bisa Naik ke Halaman Pertama Google

2. Meningkatkan Kredibilitas dan Profesionalisme

Website multibahasa mencerminkan kesiapan bisnis Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai latar belakang. Hal ini dapat menciptakan kesan bahwa bisnis Anda memiliki jangkauan global dan serius dalam menyajikan informasi kepada audiens internasional. Meningkatkan kredibilitas adalah langkah penting dalam membangun kepercayaan pelanggan.

3. SEO Internasional

Mesin pencari memberikan nilai tambah pada situs web yang menyediakan konten relevan dengan bahasa lokal. Dengan menyediakan versi multibahasa dari konten di website Anda, peringkat SEO internasional pada website Anda pun dapat meningkat. Hal ini akan membantu pelanggan potensial dari berbagai belahan dunia untuk menemukan produk atau layanan Anda dengan lebih mudah.

Banner - SEO General

4. Ekspansi Bisnis yang Lebih Mudah

Website multibahasa dapat menciptakan landasan yang kokoh untuk ekspansi bisnis secara global. Anda dapat dengan cepat menyesuaikan konten, strategi pemasaran, dan komunikasi dengan kebutuhan pasar lokal. Fleksibilitas ini membantu dalam menjawab perubahan tren dan kebutuhan konsumen di setiap wilayah.

5. Peningkatan Pengalaman Pengguna

Memberikan opsi dari banyak bahasa kepada pengunjung website Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan. Pengunjung dari berbagai belahan dunia dapat dengan mudah memahami konten, instruksi, dan informasi yang disajikan, menciptakan lingkungan online yang lebih ramah pengguna. Peningkatan pengalaman ini dapat berkontribusi pada loyalitas pelanggan dan retensi.

Baca Juga: Ketahui Cara Memulai Strategi SEO untuk Website Baru Bisnis Anda

Cara Membuat Website Multibahasa dengan Mudah

Cara Membuat Website Multibahasa dengan Mudah

Dalam era digital yang terus berkembang, membuat website multibahasa merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan daya saing. Untuk mengimplementasikan fitur ini dengan mudah, Anda dapat menggunakan plugin pada platform WordPress. Berikut ini adalah beberapa plugin terbaik beserta panduan instalasi dan konfigurasinya.

1. Transposh

Transposh adalah plugin penerjemah website di WordPress yang digunakan oleh Neil Patel untuk website miliknya. Dengan kemampuan menerjemahkan ke 117 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia dan Basa Jawa, Transposh menawarkan solusi efektif untuk website multibahasa.

Kelebihan:

  • Cepat dan mudah mendapatkan hasil translasi.
  • Terintegrasi dengan jasa alih bahasa profesional.
  • Hasil translasi dapat diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya.
  • Mendukung penggunaan alternate hreflang yang direkomendasikan oleh Google.

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan kesulitan dalam mengedit hasil translasi.
  • Hasil translasi otomatis tidak selalu 100% akurat.

Instalasi dan Konfigurasi:

  • Unduh plugin Transposh dari website resmi.
  • Pilih bahasa yang ingin dimasukkan ke dalam website multibahasa.
  • Lakukan translasi secara bertahap untuk menghindari kesalahan.
  • Konfigurasi pengaturan, pastikan opsi tertentu tidak dicentang.
  • Simpan pengaturan dan lakukan proses translasi dengan mengklik “Translate All Now.”

Banner - Ebook SEO

2. Polylang

Polylang adalah plugin yang ditujukan untuk manajemen translasi di website. Dengan logo berupa kepala burung Kakaktua, Polylang merupakan plugin multibahasa yang populer dengan 400.000 instalasi aktif dan nilai hampir sempurna, yaitu 4,5.

Kelebihan:

  • Dokumentasi dan FAQ lengkap untuk panduan penggunaan plugin.
  • Dukungan komunitas jika Anda mengalami kendala saat menggunakan plugin.

Kekurangan:

  • Dalam versi gratis, pengguna perlu melakukan translasi secara mandiri.
  • Versi premium diperlukan untuk mengoptimalkan permalink atau slug konten translasi secara otomatis.

Instalasi dan Konfigurasi:

  • Dapatkan plugin Polylang langsung dari WordPress directory.
  • Tambahkan bahasa yang diinginkan setelah mengaktifkan plugin.
  • Lakukan konfigurasi URL untuk memastikan indeksing yang baik.
  • Buat konten multibahasa dengan mudah dan lakukan translasi elemen-elemen lebih detil.

Baca Juga: Berapa Total Biaya Pembuatan Website?

3. Weglot

Weglot adalah plugin multibahasa WordPress berbayar yang menyediakan translasi otomatis dengan kualitas tinggi. Dengan lebih dari 60 pilihan bahasa, Weglot memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengedit konten multibahasa.

Kelebihan:

  • Membuat website multibahasa dengan kualitas tinggi dan cepat.
  • SEO-friendly.
  • Weglot Dashboard memudahkan penyuntingan teks, media, dan meta.

Kekurangan:

  • Fitur hanya tersedia dengan berlangganan.

Instalasi dan Konfigurasi:

  • Dapatkan Weglot dari WordPress directory dan lakukan instalasi gratis.
  • Masukkan kode API dari berlangganan Weglot.com.
  • Konfigurasi bahasa asal dan tujuan, lalu simpan konfigurasi.
  • Plugin akan menjalankan tugasnya secara otomatis setelah konfigurasi selesai.

Transposh Polylang atau Weglot

Mana yang Lebih Baik: Transposh, Polylang, atau Weglot?

Dalam memilih plugin untuk membuat website multibahasa, pertimbangan antara Transposh, Polylang, dan Weglot perlu dilakukan dengan cermat. Setiap plugin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi pengguna.

Untuk memilih mana plugin terbaik antara Transposh, Polylang, atau Weglot, Anda perlu memperhitungkan prioritas dan kebutuhan spesifik penggunaannya. Jika kecepatan dan integrasi dengan jasa alih bahasa profesional menjadi penting, maka Transposh bisa menjadi pilihan.

Namun, bagi yang lebih mengutamakan panduan pengguna dan dukungan komunitas, Polylang bisa menjadi opsi yang baik. Sementara itu, bagi yang menginginkan kualitas translasi tinggi dan kemudahan pengelolaan melalui Weglot Dashboard, Weglot bisa menjadi solusi terbaik. Pastikan untuk mengevaluasi kebutuhan Anda dengan cermat sebelum membuat keputusan akhir.

Banner - SEO x CRO

Apakah Anda sudah memahami bagaimana cara membuat website multibahasa? Pemilihan plugin yang digunakan untuk membuatnya sebaiknya didasarkan pada kebutuhan dan prioritas spesifik Anda. Apa pun pilihan plugin yang ingin digunakan, langkah-langkah untuk mencapai website multibahasa yang efektif sudah lebih dekat. Jangan lupa bahwa keberhasilan online tidak hanya tergantung pada fitur multibahasa, tetapi juga strategi SEO yang terintegrasi dengan baik.

Apabila Anda membutuhkan mitra untuk membantu mengoptimalkan website Anda secara keseluruhan, ToffeeDev siap membantu. Dengan pengalaman dan pengetahuan dalam layanan SEO, ToffeeDev dapat membantu meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis Anda di pasar global. Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang untuk konsultasi lebih lanjut dan dapatkan solusi SEO yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Bersama ToffeeDev, jadikan website Anda sebagai alat yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat