Membangun Website Mobile Friendly: Mengapa Hal Ini Penting dalam SEO?

mobile friendly website

Mobile friendly website bukan lagi menjadi pilihan, melainkan sebuah keharusan. Buktinya, sudah banyak pengguna internet yang beralih dari perangkat desktop ke perangkat mobile dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan. Untuk memenuhi kebutuhan mereka, Anda perlu membuat website yang mobile friendly dan bisa diakses di perangkat seluler dengan optimal.

Konsep mobile friendly website telah menjadi lebih dari sekadar tren. Malahan setiap bisnis harus menghadirkan website yang mobile friendly untuk meningkatkan pengalaman pengguna.  

Pengertian Mobile Friendly Website

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang mengapa website mobile friendly begitu vital, mari kita pahami terlebih dahulu apa arti dari istilah ini. Sebuah website mobile friendly adalah suatu situs web yang dirancang dan diatur sedemikian rupa agar dapat tampil dan berfungsi dengan baik di berbagai perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet. Karakteristik utama dari website mobile friendly meliputi tata letak yang responsif, teks yang mudah dibaca tanpa perlu zoom, serta tautan dan tombol yang cukup besar untuk diakses dengan jari.

Apa itu Mobile Friendly Website?

Website mobile friendly adalah desain website yang responsif terhadap perangkat seluler. Ini berarti ketika pengguna mengakses website Anda melalui smartphone atau tablet, konten dan tata letak akan menyesuaikan diri secara otomatis untuk memberikan pengalaman yang optimal. Dengan kata lain, website mobile friendly menghilangkan kebutuhan untuk melakukan zoom in atau zoom out, serta menggeser layar secara horizontal untuk melihat seluruh isi halaman.

Mengapa Mobile Friendly Penting untuk Pengalaman Pengguna?

Pentingnya memiliki website yang mobile friendly tidak dapat diabaikan. Penggunaan perangkat seluler dalam mengakses internet terus meningkat, dan jika website Anda tidak dapat memberikan pengalaman yang baik pada perangkat-perangkat tersebut, Anda berpotensi kehilangan pengunjung dan pelanggan potensial. Berikut ini adalah alasan mengapa mobile friendly penting untuk pengalaman pengguna yang optimal:

1. Meningkatkan Kecepatan dan Keterlibatan

Website yang dirancang untuk perangkat seluler cenderung memiliki waktu muat yang lebih cepat. Hal ini sangat penting mengingat pengguna sering kali bersifat impulsif dan tidak suka menunggu lama. Dengan website yang responsif, pengguna akan lebih terlibat dan lebih mungkin untuk menjelajahi lebih dalam.

2. Memperbaiki Tingkat Pemahaman dan Navigasi

Tata letak yang disesuaikan untuk perangkat seluler membuat konten lebih mudah dibaca dan dipahami. Teks yang tidak terlalu kecil atau besar membantu pengguna untuk fokus pada informasi yang relevan, sementara navigasi yang sederhana memungkinkan mereka menemukan apa yang mereka cari dengan mudah.

Baca Juga: Mobile First Experience dan Keunggulannya Bagi Website Anda

3. Meningkatkan Retensi dan Konversi

Pengalaman pengguna yang baik berkontribusi pada retensi pengunjung. Jika pengguna merasa nyaman dan mudah berinteraksi dengan situs Anda, mereka lebih cenderung kembali dan bahkan melakukan tindakan konversi, seperti pembelian produk atau pengisian formulir.

4. Mendukung Strategi SEO

Google dan mesin pencari lainnya memberikan peringkat yang lebih baik pada website yang mobile friendly. Dalam algoritma terbarunya, Google bahkan menggunakan versi mobile dari situs Anda untuk menilai dan menentukan ranking dalam hasil pencarian. Jika website Anda tidak mobile friendly, ini dapat berdampak negatif pada peringkat SEO Anda.

Pentingnya Struktur Navigasi yang Sederhana

Setelah memahami mengapa mobile friendly penting, mari kita bahas faktor lain yang tak kalah krusial, yaitu struktur navigasi yang sederhana. Memiliki tata letak yang mudah dinavigasi oleh pengguna sangatlah penting, karena ini akan membantu mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan tanpa kesulitan. Sebuah struktur navigasi yang efektif dapat membawa dampak positif pada pengalaman pengguna, serta membantu meningkatkan tingkat retensi dan konversi.

banner

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Navigasi yang Efektif

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menciptakan struktur navigasi yang efektif untuk website Anda. Pertama-tama, pastikan bahwa menu navigasi Anda terorganisasi dengan baik dan mudah dipahami. Gunakan label yang jelas untuk setiap kategori atau halaman, dan hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau samar.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan urutan dan hierarki dalam menu navigasi Anda. Tempatkan halaman yang paling penting dan sering dikunjungi di bagian atas, sementara halaman yang lebih spesifik atau jarang dikunjungi dapat ditempatkan lebih dalam dalam struktur menu.

Tidak kalah penting adalah meminimalkan jumlah tautan yang diperlukan untuk mencapai halaman tertentu. Semakin sedikit tautan yang diperlukan, semakin mudah pengguna dapat mencapai tujuan mereka. Cobalah untuk menghindari struktur navigasi yang terlalu dalam atau rumit, karena hal ini dapat membuat pengguna merasa kebingungan dan frustrasi.

Baca Juga: 6 Langkah Cara Membuat Website di WordPress untuk Pemula

Dampak Struktur Navigasi pada Pengalaman Pengguna

Struktur navigasi yang baik memiliki dampak positif pada pengalaman pengguna. Pengguna akan lebih mudah menemukan informasi yang mereka cari, mengurangi rasa frustrasi, dan meningkatkan rasa percaya terhadap situs Anda. Selain itu, navigasi yang efektif juga berdampak pada waktu tinggal pengunjung di situs Anda. Pengunjung yang dapat dengan mudah melakukan navigasi halaman-halaman situs akan lebih cenderung menjelajahi lebih dalam dan menghabiskan waktu lebih lama di situs Anda.

Selain itu, struktur navigasi yang sederhana dan intuitif dapat membantu mengarahkan pengguna menuju tujuan konversi, seperti melakukan pembelian atau mengisi formulir kontak. Dengan mengarahkan pengguna melalui perjalanan yang mudah, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Tips Membuat Mobile Friendly Website

Tips Membuat Mobile Friendly Website

Setelah memahami pentingnya memiliki website yang mobile friendly dan struktur navigasi yang efektif, saatnya kita membahas tips-tips penting dalam menciptakan website yang responsif dan optimal. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa website Anda siap untuk penggunaan pada perangkat seluler:

1. Responsif dan Fleksibel untuk Berbagai Layar

Salah satu kunci utama dalam menciptakan website mobile friendly adalah membuatnya responsif terhadap berbagai ukuran layar. Ini berarti bahwa tampilan dan tata letak website akan menyesuaikan secara otomatis dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Untuk mencapai hal ini, Anda perlu menggunakan teknik desain responsif, seperti menggunakan media queries dalam kode CSS Anda.

2. Optimalisasi Gambar dan Konten

Gambar dan konten yang tidak diatur dengan baik dapat memperlambat waktu muat website pada perangkat seluler. Pastikan Anda mengompres gambar sehingga ukurannya lebih kecil, tanpa mengorbankan kualitas visual. Selain itu, pertimbangkanlah untuk menyediakan versi gambar yang lebih ringan khusus untuk perangkat seluler.

Selain itu, hindari penggunaan konten berat seperti video autoplay atau animasi yang kompleks. Ini dapat mengganggu pengalaman pengguna dan mempengaruhi waktu muat halaman.

3. Kecepatan dan Performa yang Baik

Kecepatan website merupakan faktor krusial dalam pengalaman pengguna. Pengguna yang harus menunggu terlalu lama untuk memuat halaman cenderung akan meninggalkan situs Anda. Pastikan bahwa website Anda dioptimalkan untuk kecepatan dengan mengurangi ukuran file, menggunakan caching, dan meminimalkan jumlah permintaan server.

4. Desain Minimalis dan Konten Prioritas

Desain minimalis adalah kunci untuk menciptakan tampilan yang bersih dan mudah dibaca pada perangkat seluler. Hindari penggunaan elemen yang berlebihan atau mengganggu, serta prioritaskan konten yang paling penting. Pengguna harus dapat dengan mudah mengidentifikasi tujuan utama dari halaman Anda tanpa harus berjuang melalui tumpukan informasi.

5. Penerapan Tautan yang Mudah Diklik

Tautan dan tombol pada website mobile friendly harus cukup besar dan mudah diakses dengan jari. Ini penting karena pengguna akan menggunakan sentuhan jari untuk berinteraksi dengan layar. Pastikan juga bahwa tautan memiliki jarak yang cukup agar pengguna tidak secara tidak sengaja mengklik tautan yang salah.

6. Menerapkan Struktur Konten yang Jelas

Organisasi konten yang baik membantu pengguna untuk menemukan informasi dengan cepat dan mudah. Gunakan subjudul, daftar, dan paragraf singkat untuk memecah teks menjadi bagian yang mudah dicerna. Pastikan bahwa struktur konten Anda mudah diikuti, dan hindari teks yang terlalu panjang tanpa adanya pemisahan visual.

7. Uji Coba pada Berbagai Perangkat

Sebelum meluncurkan website Anda, penting untuk menguji tampilannya pada berbagai perangkat seluler. Pastikan bahwa tampilan dan fungsionalitasnya konsisten di berbagai ukuran layar dan perangkat yang berbeda. Hal ini membantu memastikan bahwa pengguna dari berbagai jenis perangkat dapat mengakses website Anda dengan baik.

Baca Juga: Panduan Penulisan Konten SEO yang Efektif

8. Mengoptimalkan Fitur ‘Tap to Call’ dan Peta

Jika bisnis Anda memiliki fitur ‘Tap to Call’ untuk panggilan telepon atau peta lokasi, pastikan bahwa fitur ini dioptimalkan untuk penggunaan pada perangkat seluler. Pengguna harus dapat dengan mudah menghubungi Anda atau menemukan lokasi bisnis Anda dengan sekali sentuhan.

9. Pengaturan Tampilan untuk Modus Potrait dan Landscape

Pastikan bahwa website Anda menampilkan tampilan yang baik baik pada mode potrait (vertikal) maupun landscape (horizontal). Beberapa pengguna mungkin lebih suka mengakses website dalam posisi tertentu, dan Anda harus memastikan bahwa tampilannya tetap optimal dalam kedua mode.

Dalam era digital yang terus berkembang, memiliki website yang mobile friendly adalah kunci untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang optimal sekaligus meningkatkan kinerja SEO Anda. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menciptakan website yang responsif, cepat, dan mudah dinavigasi pada berbagai perangkat seluler.

Apabila membutuhkan bantuan dalam merancang dan mengembangkan mobile friendly website yang unggul, ToffeeDev siap membantu Anda. Sebagai Digital Marketing Agency, kami percaya bahwa website yang mobile friendly dibutuhkan agar bisa mendapatkan peringkat teratas di SERP Google. Tim website development siap turun tangan dalam membuat website yang profesional dan merepresentasikan bisnis Anda di dunia digital. Hubungi kami dan mulailah berkonsultasi untuk pembuatan website mobile friendly impian Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top