NPM Adalah: Pengertian dan Cara Kerjanya

npm adalah

Node Package Manager atau NPM adalah sebuah perangkat lunak manajemen paket untuk bahasa pemrograman JavaScript. NPM digunakan untuk menginstal, mengelola, dan mempublikasikan paket-paket perangkat lunak yang ditulis dalam JavaScript.

JavaScript dapat dijalankan di luar browser oleh sebuah runtime environment yang bernama Node.js. Di dalam ekosistem Node.js, terdapat banyak sekali package atau library yang dapat membantu para developer dalam membuat aplikasi. Namun, bagaimana cara mengelola paket tersebut? Di sinilah peran Node Package Manager (NPM) hadir sebagai solusi.

Apa itu NPM?

apa itu npm

NPM adalah singkatan dari Node Package Manager, sebuah alat manajemen paket yang digunakan dalam lingkungan bahasa pemrograman JavaScript. Dengan adanya NPM, memungkinkan pengguna untuk mengunduh, menginstal, dan mengelola berbagai jenis paket dan modul JavaScript yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi.

NPM dapat membantu para pengembang untuk mencari dan menginstal berbagai paket atau modul yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi atau situs, serta memperbarui dan menghapus paket yang telah terinstal. Selain itu, NPM juga memungkinkan para pengembang untuk membuat dan meluncurkan paket atau modul buatan mereka ke dalam komunitas, yang nantinya dapat digunakan oleh pengembang lain.

NPM atau Node Package Manager adalah alat yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Mengetahui cara kerja NPM sangat penting karena:

  1. Mengelola Dependensi: NPM memungkinkan pengembang untuk mengelola dependensi dari proyek mereka dengan mudah. NPM daapt membantu pengembang untuk menginstal dan mengelola paket-paket yang dibutuhkan oleh proyek mereka dengan mudah, termasuk versi paket yang dibutuhkan.
  2. Mengelola Proyek: NPM juga membantu pengembang dalam mengelola proyek. NPM memungkinkan pengembang untuk membuat dan mengelola skrip yang membantu dalam membangun, menjalankan, dan menguji proyek.
  3. Kolaborasi: Pada sebuah tim pengembangan perangkat lunak, setiap anggota tim mungkin perlu menginstal dan menggunakan paket-paket yang sama. Penggunaan NPM bisa membantu tim dapat memastikan bahwa setiap anggota tim menggunakan versi yang sama dari setiap paket.
  4. Distribusi: NPM juga memungkinkan pengembang untuk mendistribusikan paket-paket mereka ke seluruh dunia dengan mudah. Hal ini memudahkan pengembang untuk berbagi kode dengan pengembang lain dan untuk mengembangkan komunitas open source.

Baca Juga : Framework: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Cara Kerja NPM

NPM atau Node Package Manager adalah alat yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Mengetahui cara kerja NPM sangat penting untuk para tim pengembang perangkat lunak dapat mengelola proyek, berkolaborasi, serta memungkinkan distribusi perangkat lunak tersebut secara mudah. Berikut adalah cara kerja dari Node Package Manager (NPM) yang harus Anda ketahui:

1. Langkah-Langkah Penginstalan NPM

Pertama-tama, Anda perlu menginstal NPM di komputer yang Anda miliki. Untuk melakukannya, Anda perlu menginstal Node.js, karena NPM sudah disertakan dalam instalasi Node.js.

Untuk menginstal Node.js, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Node.js dan mengunduh versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda. Setelah mengunduh file instalasi, jalankan installer dan ikuti petunjuk yang muncul di layar.

Setelah berhasil menginstal Node.js, Anda akan secara otomatis memiliki NPM diinstal di komputer Anda.

2. Mengelola Dependensi dengan NPM

Salah satu fitur utama NPM adalah kemampuannya untuk mengelola dependensi proyek. Ketika Anda memulai proyek baru, Anda mungkin perlu menginstal paket-paket tertentu untuk membangun proyek tersebut.

Dalam NPM, Anda dapat mengelola dependensi dengan membuat file package.json. File ini berisi daftar dependensi proyek beserta versi yang dibutuhkan.

Untuk menambahkan paket baru, cukup jalankan perintah npm install <nama_paket> –save. Perintah ini akan menginstal paket baru dan menambahkannya ke file package.json secara otomatis.

3. Mencari dan Mengunduh Paket NPM

NPM memiliki repositori paket yang besar dan banyak digunakan oleh pengembang web. Untuk mencari paket yang sesuai, Anda dapat menggunakan perintah npm search <kata_kunci>.

Setelah menemukan paket yang sesuai, Anda dapat mengunduhnya dengan perintah npm install <nama_paket>. Perintah ini akan mengunduh paket dan menginstalnya di proyek Anda.

Jasa SEO

4. Menjalankan Skrip NPM

Selain mengelola dependensi, NPM juga memungkinkan Anda untuk menjalankan skrip proyek. Anda dapat menambahkan skrip kustom ke file package.json dan menjalankannya dengan perintah npm run <nama_skrip>.

Misalnya, jika Anda ingin menjalankan skrip start yang ada di file package.json, cukup jalankan perintah npm run start. NPM akan secara otomatis menjalankan skrip tersebut.

5. Menerbitkan Paket NPM

Jika Anda ingin berbagi kode yang Anda buat dengan pengembang situs lain, Anda dapat menerbitkan paket NPM. Untuk melakukannya, Anda perlu membuat akun di situs NPM dan menjalankan perintah npm publish.

Perintah ini akan mengunggah paket Anda ke repositori NPM dan membuatnya tersedia untuk diunduh oleh pengembang situs lain.

Baca Juga : 5 Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Perbedaan NPM dan NPX

perbedaan npm dan npx

NPM dan NPX adalah alat manajemen paket yang dikembangkan oleh Node.js, namun keduanya memiliki perbedaan dalam cara kerja dan penggunaannya. Berikut adalah perbedaan utama antara NPM dan NPX:

1. Fungsi Utama NPM

NPM digunakan untuk menginstal dan mengelola paket secara global, sehingga dapat digunakan pada seluruh proyek atau aplikasi yang dibangun dengan Node.js. NPM juga memungkinkan pengguna untuk meluncurkan dan membagikan paket yang telah dibuat ke komunitas.

2. Fungsi Utama NPX

NPX atau Node Package eXecute digunakan untuk menjalankan perintah atau skrip dari paket secara sementara atau lokal. Node Package eXecute ini tidak perlu menginstal paket secara global terlebih dahulu, sehingga pengguna dapat menghindari konflik atau masalah dependensi. NPX juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah atau skrip dari paket yang belum terinstal di komputer pengguna.

Baca Juga : Bahasa Pemrograman Phyton: Sejarah, Fungsi, dan Cara Belajar

Kesimpulan

NPM adalah package manager yang sangat berguna dalam pengembangan aplikasi Node.js. Kehadiran NPM akan sangat membantu kita untuk dapat menginstal, mengelola, dan membagikan package dengan mudah. 

NPM menyediakan ribuan paket perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi web dan server-side, mempercepat waktu pengembangan, dan meningkatkan kualitas kode.

Dalam bisnis, penggunaan NPM dapat membantu menghemat waktu dan biaya pengembangan perangkat lunak. Dengan menggunakan paket perangkat lunak yang sudah tersedia di NPM, tim pengembang dapat fokus pada pengembangan fitur khusus yang diperlukan oleh bisnis, dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk membangun fungsi-fungsi umum yang sudah tersedia di NPM.

Selain itu, NPM juga menyediakan alat untuk mengelola dependensi dan versi paket perangkat lunak yang digunakan dalam proyek. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa aplikasi yang dibangun oleh tim pengembang bisnis berjalan dengan lancar dan bebas dari konflik dependensi.

Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya melalui situs ataupun aplikasi mobile, sangat disarankan untuk memahami kehadiran NPM ini. Anda akan memiliki gambaran tentang kondisi situs bisnis yang sedang dikembangkan, sehingga dapat dengan mudah berdiskusi tentang apa yang Anda inginkan pada situs bisnis Anda dengan pengembang situs.

Tidak hanya itu, di zaman digital saat ini, apapun industri yang Anda pilih, tentu tidak akan terlepas dari kebutuhan pemasaran digital maupun eksistensi digital melalui situs. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan jasa web developer seperti Toffeedev untuk menyusun strategi pemasaran yang jitu dan aplikatif.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, Toffeedev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.
Tunggu apa lagi, mari mulai mendigitalkan bisnis Anda bersama Toffeedev, sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat