Wix vs WordPress: Mana Platform Website Terbaik?

Wix vs Wordpress

Dua jenis platform website yang banyak diketahui orang adalah website builder dan content management system. Pada sisi website builder orang-orang banyak mengenal Wix, sedangkan untuk content management system, pasti banyak yang mengenal WordPress.

Namun jika Anda adalah seorang pemula, platforma manakah yang lebih cocok untuk Anda gunakan?

Wix vs WordPress

Keduanya adalah tool yang bisa digunakan untuk membuat website. Namun keduanya memiliki perbedaan.

Wix adalah sebuah website builder yang akan memudahkan Anda untuk membuat website tanpa harus memahami coding  atau bahasa pemrograman lainnya. Wix memiliki visual builder dengan elemen yang pre-built yang bisa Anda tambahkan pada area apa saja dalam halaman situs Anda.

WordPress adalah sebuah content management system (CMS). Yang akan membebaskan Anda dalam membuat dan mengelola berbagai macam konten. Selain itu CMS juga menyediakan tool untuk mengatur tampilan dan kinerja website.

WordPress juga merupakan sebuah self-hosted platform. Dimana Anda harus mencari diman website Anda akan di hosting, dan Anda harus membayar untuk layanan hosting ini, namun Anda akan mendapatkan kontrol dan kebebasan dalam menaikan performa, keamanan, dan optimasi situs.

Beberapa hal yang akan dibahas adalah:

  • Kemudahan dalam penggunaan
  • Manajemen Situs dan Kemudahan kostumisasi
  • Performa
  • Keamanan

Kemudahan Dalam Penggunaan

Kemudahan dalam penggunaan menjadi sebagai faktor yang cukup penting, terlebih lagi jika Anda baru memulai untuk membuat website sendiri, dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk mempelajari platform ini.

Dari sisi Wix, ada banyak kemudahan yang ditawarkan, mulai dari tahap pendaftaran hingga kustomisasi website. WordPress juga tidak sulit untuk digunakan, ada dashboard tempat dimana Anda melakukan berbagai kustomisasi, namun Anda membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Terlebih ketika Anda harus mendesain halaman atau post.

Manajemen Situs dan Kemudahan kostumisasi

Beberapa manajemen situs yang harus Anda lakukan adalah seperti mengupdate situs, troubleshooting, memperbarui atau menghapus postingan dan lain-lain.

Wix memiliki kemudahan dalam manajemen situs, salah satunya adalah ketika website Anda butuh untuk di update. Wix memiliki developer yang akan membantu dalam melakukan tugas ini. Namun fungsionalitas dari Wix memiliki sebuah batasan, seperti opsi untuk SEO yang kurang maksimal dan mendukung.

Terlebih lagi Anda harus membayar paket premium untuk mendapatkan kemudahan ini.

WordPress memberikan Anda akses penuh, seperti kustomisasi struktur dari URL, dan ada berbagai macam plugin yang bisa membantu Anda baik itu gratis ataupun yang berbayar.

Wix memang menawarkan kemudahan, namun memiliki opsi yang terbatas, sedangkan WordPress menyediakan banyak opsi serta plugin yang akan membantu Anda.

Baca Juga: Seluk Beluk Content Management System yang Penting Untuk Website

Performa

Wix yang merupakan platform hosted memiliki tim tersendiri untuk memastikan semua hal berjalan dengan lancar, waktu loading yang cukup cepat dan stabil adalah hasil dari optimasi gambar otomatis dengan Content Delivery Network (CDN).

Tidak melibatkan user adalah salah satu keuntungan yang ditawarkan untuk orang-orang yang tidak ingin repot-repot mengurus website mereka. 

Sedangkan WordPress memberikan Anda  kebebasan dalam memilih layanan hosting. Jadi pastikan bahwa Anda memilih layanan hosting. Yang dapat memberikan Anda keuntungan, terutama dalam site speed.

Keamanan

Wix adalah hosted platform yang memberikan keamanan lebih karena :

  • User tidak diberi akses untuk mengedit inti fungsionalitas software.sehingga website rentan terhadap kejahatan internet

 

  • Platform akan di update dengan otomatis, dan tidak ada software yang kadaluarsa.

 

2 poin ini menjadikan Wix memiliki keamanan yang cukup kuat dan aman untuk Anda gunakan.

Sedangkan untuk WordPress, masalah keamanan dapat menjadi masalah yang kompleks. WordPress lebih sering diserang oleh penjahat online. Oleh karena itu selalu update situs, plugin, dan tema untuk memberikan perlindungan yang terbaik untuk website Anda.

Kesimpulan

Proses membuat website bukan hal yang mudah, platform-platform ini hadir untuk memudahkan Anda. Dengan memilih platform yang tepat, proses dari membuat website akan terasa mudah. Oleh karena itu pilihlah platform yang cocok bagi Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda tentang Wix vs WordPress? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat