Cara Kerja Menjadi Penulis Online
Mengenal Cara Kerja Menjadi Penulis Online
April 16, 2020
Barisan Aplikasi Untuk Membuat Jadwal Kerja
Barisan Aplikasi Untuk Membuat Jadwal Kerja
April 16, 2020
Show all

Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine?

Cara Kerja Google Search Engine

Cara Kerja Google Search Engine

Siapa yang belum menggunakan Google Search Engine? Bisa dipastikan semua orang yang sudah mengenal internet pasti sering menggunakan mesin pencari ciptaan Google tersebut. Dengan Google Search Engine, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan hingga mencari apa yang sedang ingin didapatkan. Bisa dibilang, teknologi ini membawa kemudahan di dalam hidup Anda. Dengan apa yang telah diberikan, pastinya muncul rasa penasaran tentang bagaimana cara kerja Google Search Engine.

Jika memang Anda ingin tahu mengapa teknologi ini bisa memberikan Anda hasil pencarian yang terbaik. Sekaligus mampu digunakan tanpa adanya kesulitan sedikitpun, simak penjelasannya di bawah ini.

Google Search Engine

Sebelum masuk ke dalam penjelasan cara kerja Google Search Engine, mari mengenal terlebih dahulu dengan teknologi ini. Sebenarnya dalam perjalanan mesin pencari Google, banyak orang sudah memberikan tanggapan bahwa ketika berbicara mengenai internet, maka itu adalah Google.

Tentu saja itu menjadi satu pendapat yang wajar. Apalagi jika mau dibandingkan dengan apa yang telah Google berikan kepada masyarakat dunia, termasuk Anda. Saat ini, Google menguasai pasar mesin pencari hingga 92%. Berarti bisa dibilang bahwa Google hampir menguasai pasar dan meninggalkan pesaingnya sangat jauh sekali. Inilah mengapa banyak orang menganggap Google adalah internet, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, data website yang dimiliki Google juga yang paling banyak di antara lain. Jadi ketika orang mulai mencari informasi yang mereka butuhkan di dalam Google, hampir pasti mereka menemukan apa ynag dibutuhkan. Keberadaan Google tidak mungkin bisa dikalahkan oleh mesin pencari lainnya. Apalagi ketika Google telah dipandang sebagai penemuan terpenting sejak adanya internet.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara kerja Google Search Engine? Mengapa alat ini bisa menemukan apa yang Anda butuhkan setiap waktunya?

Cara Kerja Google Search Engine

Dalam cara kerjanya, ada tiga tahap yang harus dilakukan, yaitu crawling, indexing, dan retrieval:

Crawling

Sebagai tahap pertama, crawling berguna untuk mengambil data dari semua website yang ada di dalam internet. Di dalam proses crawling ini, Google akan mengambil data seperti judul, kata kunci, internal link, gambar, dan lainnya. Teknologi yang melakukan crawling disebut bot atau spider. Mereka mampu membaca ribuan halaman tiap detiknya. Bahkan untuk halaman yang sebelumnya sudah pernah kunjungi namun mengalami perubahan dari sisi konten.

Indexing

Setelah crawling, selanjutnya adalah indexing. Tahap ini ada untuk memproses data yang sudah didapatkan dari hasil crawling untuk dikumpulkan di dalam database. Jadi Google Search Engine tahu apa saja yang ada di dalam website tersebut dengan mudah karena sudah dikumpulkan sesuai kategorinya.

Retrieval

Terakhir ada retrieval, yaitu proses Google Search Engine memproses permintaan yang diminta oleh Anda, sebagai pengguna, ketika sudah memasukkan keyword  di dalam Google. Nantinya, mesin pencari akan mulai mencari di database untuk dikumpulkan dan diberikan kepada Anda. Sudah pasti apa yang diberikan itu merupakan yang cocok dengan keyword yang dimasukkan.

Mudah untuk mengenal cara kerja Google Search Engine. Jadi sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara kerjanya. Itulah mengapa jangan pernah meremehkan kemajuan teknologi karena sudah pasti dibuat untuk memudahkan manusia beraktivitas.

Baca Juga: Google Search Console, Pahami dan Ketahui Manfaatnya

Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini agar semakin banyak yang tahu informasi bermanfaat seperti cara kerja Google Search Engine.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *