Perbedaan Sitemap XML vs HTML
Melihat Perbedaan Sitemap XML vs HTML
April 29, 2020
Cara Penggunaan CMS Yang Tidak Tepat
Mengetahui Cara Penggunaan CMS Yang Tidak Tepat
April 29, 2020
Show all

Cara Kerja Google Search Dalam Mengindeks Kata Kunci

Cara Kerja Google Search Dalam Mengindeks Kata Kunci

Cara Kerja Google Search Dalam Mengindeks Kata Kunci

Siapa yang saat ini belum pernah membuka atau menggunakan Google? Pastinya tidak ada yang belum pernah menggunakan Google ketika sudah kenal yang namanya internet. Mungkin mengapa Anda ada di artikel ini juga karena Google. Sebagai sebuah inovasi atau teknologi, Google memiliki nilai yang sangat berharga di mata masyarakat dunia. Semuanya membutuhkan Google dan selalu menggunakannya setiap waktu. Untuk bisa memberikan apa yang dibutuhkan, Google memiliki caranya sendiri. Salah satunya adalah cara kerja Google Search dalam mengindeks kata kunci.

Ya, untuk setiap website yang ada pada saat ini, mengapa nama atau halaman mereka bisa muncul di Google Search adalah berkat teknologi di dalamnya. Google memiliki cara kerja sendiri dalam mengindeks kata kunci, khususnya bagi halaman yang telah dioptimasi oleh SEO (Search Engine Optimization).

Dengan optimasi SEO, tentunya ada beberapa hal yang harus dilengkapi agar Google bisa lebih untuk melakukan indeks. Salah satunya adalah optimasi dengan keyword. Bisa dibilang, dalam SEO, keyword adalah bagian penting yang wajib ada. Dengan pemilihan keyword yang tepat dan optimasi On Page dan Off Page yang baik, maka halaman tersebut bisa dilihat dan dicek oleh Google. Jika performanya bagus, maka bisa membuat halaman website muncul di halaman pertama Google Search.

Namun untuk cara kerja Google Search dalam mengindeks kata kunci, pastinya ada langkah-langkah yang dilakukan oleh teknologi ini. Ingin tahu lebih dalam? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Kerja Indeks Google Search

Dalam cara kerja indeks Google Search, mesin Google akan mencoba menemukan halaman tersebut. Jika sudah berhasil ditemukan, mesin akan mencoba mempelajari dan memahami berbagai elemen yang memang terdapat di dalam halan tersebut. Inilah yang disebut sebagai proses pengindeksan.

Apa saja elemen yang biasa dicek oleh mesin Google? Dimulai dari tulisan, gambar, hingga video. Satu paket lengkap halaman tersebut memang harus dicek secara sempurna oleh mesin Google. Kemudian dari hasil yang didapatkan setelah memahami halaman website, maka informasi yang ada disimpan di dalam Indeks Google. Ini adalah pusat data dari Google itu sendiri.

Tentu saja untuk bisa melakukan pengindeksan, tidak bisa hanya menunggu mesin Google datang ke halaman website Anda. Perlu ada usaha lebih lainnya yang Anda lakukan. Apa saja itu?

Optimasi Pengindeksan Halaman

Ada beberapa poin utama agar Anda bisa melihat lebih cepat  mesin Google masuk ke dalam website yang dimiliki. Cara-caranya adalah:

  • Anda harus membuat judul halaman yang bermakna. Selain itu jangan membuat judulnya terlalu panjang. Google akan melihatnya sebagai suatu hal yang tidak layak. Poin ini harus diperhatikan karena bagi manusia sendiri, judul yang terlalu panjang juga pastinya tidak enak dibaca.
  • Selain membuat judul halaman yang pendek dan bermakna, jangan lupa untuk menggunakan judul halaman untuk menyampikan subjek halaman.
  • Terakhir adalah perbanyak teks, bukan gambar. Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa website dengan banyak gambar itu akan menjadi lebih mudah untuk diindeks Google. Namun itu adalah anggapan yang salah besar. Mesin Google lebih mudah dalam memahami teks, dibandingkan gambar dan video. Mesin Google memang tetap bisa memahami gambar dan video, namun tidak semuanya. Agar gambar dan video lebih bisa dipahami, jangan lupa untuk memasukkan teks penjelasan di bagian Alt Image dan deskripsi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine?

Itulah cara kerja Google Search dalam mengindeks kata kunci. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *