5 Cara Membuat Podcast Menarik
5 Cara Membuat Podcast yang Menarik Untuk Didengar
Mei 11, 2020
Fungsi Cara Kerja Pagespeed Google
Fungsi dan Cara Kerja PageSpeed Google
Mei 11, 2020
Show all

Pentingnya Membawa Bisnis Offline Ke Online

Membawa Bisnis Offline ke Online

Membawa Bisnis Offline ke Online

Dalam kondisi pandemi Corona virus atau COVID-19 ini, banyak bisnis yang merasakan kerugian besar. Khususnya bisnis yang masih memiliki sistem penjualan via offline. Kian hari kian sedikit yang membeli produk mereka. Pada akhirnya, pendapatan berkurang dan membuat keputusan krusial seperti memotong gaji karyawan atau melakukan PHK harus dilakukan. Dengan keadaan seperti ini, sebenarnya penting untuk membawa bisnis offline ke online.

Ya, bisnis pada hari ini bisa dilakukan dalam dua medium. Offline dan online. Namun tidak semua bisnis melihat bahwa bisnis online itu lebih menguntungkan. Ketika mereka sudah mendapatkan angka penjualan yang baik via offline, maka tidak perlu lagi pindah online. Namun dengan kemajuan teknologi, sebenarnya sudah waktunya mencoba untuk menjalankan bisnis offline dan bisnis online secara berbarengan.

Mungkin ada yang berpikir bahwa menjalankan bisnis offline dan online secara berbarengan itu sulit. Padahal tidak sama sekali. Ditambah lagi, ketika bisnis Anda pindah ke online, sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Apa saja keuntungan bisnis offline ke online? Simak penjelasannya di bawah ini.

Keuntungan Bisnis Offline ke Online

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda segera membawa bisnis ke online. Dimulai dari:

  • Tidak Terbatas Oleh Jarak

Keuntungan membawa bisnis offline menjadi online adalah tidak terbatasi oleh jarak. Permasalahan utama dari menurunnya bisnis offline adalah semakin sedikit konsumen yang mau datang langsung ke toko untuk membeli barang yang dibutuhkan. Para konsumen sadar bahwa sekarang mereka sudah bisa membeli barang via online saja. Hanya dengan bermodalkan smartphone dengan jaringan internet, maka proses pembelian barang hingga barang sampai ke konsumen bisa dilakukan dengan mudah serta cepat. Keuntungan inilah yang menjadi kesempatan besar bagi para bisnis yang ingin melebarkan sayap ke berbagai penjuru daerah lainnya, bahkan hingga ke luar negeri.

  • Memanfaatkan Teknologi yang Ada

Bisnis online sudah pasti memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Rasanya sayang ketika Anda sadar bahwa banyak teknologi yang bisa menaikkan level bisnis, tetapi malah tidak digunakan. Sebut saja website e-Commerce yang sekarang sudah bisa dibuat di masing-masing website. Kemudian ada juga pembayaran m-banking yang memudahkan Anda melakukan transaksi. Hanya dengan smartphone saja, itu semua bisa dilakukan. 

  • Lebih mudah untuk dilakukan

Jika Anda memperhatikan perkembangan bisnis online, semakin banyak bisnis yang melakukannya. Bisnis yang dimaksud di sini bukan hanya bisnis yang sudah settle saja, tetapi juga bisnis kecil yang hanya dilakukan oleh beberapa orang saja. Ini adalah bukti bahwa bisnis online memberikan sisi kemudahan yang sangat besar untuk dilakukan. 

Dengan tiga poin dari keuntungan bisnis online di atas, maka bisnis Anda menjadi semakin besar lagi. Peluang baru dan target pasar yang lebih luas bisa didapatkan. Apalagi didukung dengan bisnis offline yang masih terus dijalankan.

Bagaimana Membawa Bisnis ke Online?

Bagaimana caranya untuk membawa bisnis offline ke online sambil tetap menjalankan bisnis offline? Demi bisa memudahkan proses perpindahan yang dilakukan, ada beberapa poin yang harus Anda miliki agar usaha yang diberikan bisa lebih maksimal.

Langkah awal, Anda bisa mulai membuat akun di beberapa media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Dua media sosial ini dikenal memiliki pasar yang besar untuk bisnis online. Selain itu, Anda juga harus membuat Google My Business yang bisa didapatkan secara gratis. Google My Business adalah data yang diberikan kepada Google agar bisnis Anda bisa muncul dengan lebih mudah di dalam Google Search Engine dan Google Maps. Selain itu, Anda juga bisa memberikan informasi lengkap terkait bisnis yang dijalankan. Hal ini membuat konsumen tahu tentang bisnis Anda.

Untuk bisa lebih maksimal lagi, Anda juga bisa memiliki website e-Commerce. Ditambah dengan mengoptimasi website tersebut dengan strategi SEO. Artinya, website Anda bisa memiliki konten berkualitas sekaligus berada di halaman pertama Google Search Engine. Perlu diketahui, bahwa ketika website ada di halaman pertama Google, maka trafik pengunjung ke dalam website akan naik. Brand awareness juga menjadi lebih tinggi, lalu akhirnya penjualan Anda menjadi naik juga.

Pentingnya membawa bisnis offline ke online perlu didukung dengan website e-Commerce dan strategi SEO yang baik. Untuk bisa mendapatkan kedua hal penting tersebut, Anda bisa menghubungi ToffeeDev, agensi Digital Marketing yang sudah memberikan solusi tepat kepada para klien. ToffeeDev siap memberikan jalan keluar yang tepat untuk perpindahan bisnis Anda dari offline ke online. Hubungi ToffeeDev di sini untuk konsultasi lebih lanjut.

Konsultasi Bisnis Online

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *