Mendalami Sejarah SEO
Mengenal Seluk Beluk Sejarah SEO Secara Mendalam
April 30, 2020
Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online
Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online
Mei 4, 2020
Show all

Rekomendasi Cara Mengatasi Duplikat Konten WordPress

Cara Mengatasi Duplikat Konten WordPress

Cara Mengatasi Duplikat Konten WordPress

Mengurus website yang baik bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali hal yang harus dicek dan diperhatikan agar tidak menjadi masalah pada kemudian hari. Salah satunya adalah persoalan konten. Di dalam sebuah website, pastinya ada konten yang beragam, salah satunya adalah artikel. Keberadaan konten di dalam website menjadi satu kewajiban. Jika tidak adanya konten yang update, maka website tersebut akan terlihat seperti tidak diurus. Peringkatnya di mesin pencari Google pun bisa buruk. Namun tidak hanya harus melakukan update saja, tetapi juga harus diperhatikan dari sisi duplikat konten. Sebenarnya bagaimana cara mengatasi duplikat konten WordPress?

Dalam website sendiri, urusan duplikat konten menjadi titik krusial yang harus diurus. Dari namanya sendiri sudah jelas apa itu duplikat konten. Duplikat konten adalah adanya isi konten yang memiliki kesamaan hingga 100%. Namun duplikat konten tidak mementingkan apakah seluruh artikel itu memiliki kesamaan struktur dengan artikel lainnya. Asalkan memiliki barisan kalimat yang sama, maka itu terhitung sebagai duplikat konten.

Sebagai suatu masalah, tentu saja duplkat konten bukan suatu pertanda yang baik bagi sebuah website. Ketika adanya duplikat konten, maka halaman website tersebut tidak akan dianggap sebagai halaman yang baik. Peringkatnya sudah pasti turun di dalam hasil pencarian atau biasa disebut SERP.

Demi bisa mengatasi duplikat konten ini, khususnya di dalam WordPress, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja cara-caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Pertama

Duplikat konten itu sebenarnya perlu pengecekan lebih dalam. Tentu saja untuk cara pertama adalah mengecek setiap konten secara manual. Namun hal ini bisa dilakukan kalau jumlah konten di dalam website Anda terhitung masih sedikit.

Ketika website yang diurus sudah memiliki konten yang sangat banyak, maka Anda bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia saat ini. Ketika sudah menemukan duplikat konten yang terdapat di website Anda, maka ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan salah satunya. Pertama, Anda mau mengubah konten yang sama atau memilih untuk menghapusnya. Pilihan ada di tangan Anda.

Cara Kedua

Duplikat konten tidak hanya berurusan dengan isi kontennya saja, tetapi juga Meta Tag. Agar meta tag yang dimiliki setiap konten itu berbeda dan tidak dianggap duplikat, ada beberapa poin yang harus Anda pahami.

Pertama, dari segi judul konten. Anda harus memastikan bahwa semua kalimat yang ada di dalam masing-masing judul itu memiliki perbedaan. Jangan sampai benar-benar sama 100%. Tentu saja itu akan dihitung sebagai duplikat konten dan menambah masalah bagi kelangsungan website Anda.

Kedua, meta deskripsi juga bisa dihitung sebagai duplikat konten. Jika memang ada duplikat konten dari sisi meta deskripsi, maka perlu diubah seluruh meta deskripsi yang ada. Dalam membuat meta deskripsi, harus bisa mencakup apa isi dari konten tersebut agar pembaca dan mesin Google bisa mengerti. Kemudian jangan lupa juga untuk memasukkan keyword yang ditargetkan di dalam konten tersebut agar bisa lebih optimal dari sisi optimasi SEO.

Baca Juga: Penyebab Konten Duplikat Dalam Website Anda

Itulah rekomendasi cara mengatasi duplikat konten WordPress. Sekarang Anda sudah bisa mulai untuk mengecek apakah di dalam website ada duplikat konten atau tidak. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Muhamad Habiburachman
Muhamad Habiburachman
Interest New Things About Social Media and SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *