Menghadapi Keluhan Pelanggan
Bagaimana Menghadapi Keluhan Pelanggan dengan Benar?
Mei 28, 2020
Mengapa Iklan Sangat Penting Dalam Bisnis Online
Mengapa Iklan Sangat Penting Dalam Bisnis Online?
Mei 28, 2020
Show all

Cara Mengetahui CMS Sebuah Website

Mengetahui CMS Sebuah Website

Mengetahui CMS Sebuah Website

Saat ini terdapat banyak sekali website yang terdapat di internet. Masing-masing website memiliki desain yang berbeda-beda. Biasanya website tersebut digunakan untuk perusahaan dalam mempromosikan produknya atau bisa juga untuk menyebarkan informasi seperti media online. Di dalam membuat website, dibutuhkan teknologi bernama CMS atau Content Management System. Sebenarnya bagaimana cara mengetahui CMS sebuah website?

Ada beberapa CMS yang bisa Anda gunakan saat ini. Dimulai dari WordPress, Drupal, Joomla, hingga custom. Ya, CMS itu juga bisa di-custom sendiri asalkan Anda memiliki web developer yang mengerti bagaimana caranya. Dengan adanya CMS, maka manajemen website bisa lebih mudah. Khususnya di dalam menambahkan konten website. Jika Anda memperhatikan, banyak sekali website yang memiliki blog. Dalam blog itu, mereka memasukkan konten-konten menarik yang berhubungan dengan bisnis mereka. Termasuk artikel ini juga yang terdapat di dalam blog dari website ToffeeDev.

Ketika Anda melihat sebuah website, mungkin Anda berpikir bahwa website tersebut terlihat bagus dan rapi. Anda pun jadi penasaran CMS apa yang digunakan. Untuk mengetahui CMS sebuah website, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Manual

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah cara manual. Cara manual ini sebenarnya yang paling mudah dan simpel. Asalkan Anda tahu bagaimana caranya. Caranya adalah dengan membuka sebuah website, lalu klik kanan, dan pilih VIEW PAGE SOURCE (untuk browser Google Chrome).

Ketika sudah mengklik itu, Anda akan dibawa masuk untuk melihat website dalam bentuk source code. Nah, untuk mengetahui CMS apa yang digunakan website tersebut, Anda bisa melihat tag <meta name=”generator” atau …>powered-by. Di dalam tag itu, sudah pasti tertulis CMS apa yang digunakan website tersebut. Mudah, bukan?

Menggunakan Tools

Jika Anda ingin tahu CMS apa yang digunakan tapi ingin tahu secara lebih dalam, khususnya mengenai Database, Web Server, dan lainnya, Anda bisa menggunakan tools. Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk melihat CMS dari sebuah website. Dimulai dari What CMS, BuiltWith, hingga W3Techs.

Untuk What CMS, tool ini bisa mendeteksi 498 CMS yang bebeda. Tidak hanya itu saja. Bisa juga untuk melihat Database dan Web Server yang digunakan. What CMS memiliki ekstensi untuk Chrome dan Firefox.

BulitWith menghadirkan fitur yang juga banyak. Tool ini bisa mendeteksi tools apa saja yang digunakan website tersebut. Bisa melihat tools tracking, widgets, CDN, JavaScript Libraries, hosting, hingga SSL.

Selanjutnya ada W3Techs. Tampilannya memang terhitung paling sederhana di antara tools lain yang ada di daftar ini, tapi fiturnya pun lengkap Bisa melihat demografi pengunjung website, web server yang digunakan, peringkat website di Alexa, dan memiliki ekstensi Chrome dan Firefox.

Itulah cara mengetahui CMS sebuah website yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Langkah-langkah dalam menggunakan setiap cara yang sudah direkomendasikan di atas pun terhitung mudah. Tidak ada yang akan membuat Anda kebingungan atau harus menunggu terlalu lama. Sekarang, Anda tidak perlu penasaran lagi untuk CMS apa yang digunakan dalam website yang keren.

Baca Juga: Kriteria CMS Untuk Website yang Paling Tepat

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *