Teknologi Voice Search Tracking Yang Semakin Berguna
Teknologi Voice Search Tracking Yang Semakin Berguna
Februari 10, 2020
Apa itu Meta Keyword 1
Apa itu Meta Keyword? Ini yang Harus Anda Pahami
Februari 11, 2020
Show all

Cara Menggunakan Google Ads Dengan Mudah Dan Tepat

Cara Menggunakan Google Ads

Cara Menggunakan Google Ads

Memiliki bisnis saat ini membuat Anda perlu melakukan berbagai macam strategi konvensional hingga yang berbasis teknologi agar memiliki hasil yang maksimal. Khusus untuk strategi bisnis berbasis teknologi, sebenarnya sudah dimudahkan dengan penggunaan berbagai macam fitur yang bisa dipakai secara gampang juga. Salah satunya dengan memasang iklan di Google Ads. Bagi yang belum tahu, Google menyediakan ruang untuk bisnis yang ingin memasang iklan di dalam website-website milik mereka, termasuk Google Search Engine. Cara menggunakan Google Ads juga terhitung mudah asalkan Anda bisa mengerti cara mengikuti tutorialnya. Bagi yang tertarik menggunakan Google Ads untuk promosi bisnis dengan lebih optimal dan luas, di artikel ini, semuanya dibahas secara lengkap dan terperinci.

Tahapan Cara Menggunakan Google Ads

Untuk bisa menggunakan Google Ads sendiri, sebenarnya mudah asalkan Anda tahu dan mengerti berbagai macam opsi dan syarat yang diminta oleh Google. Untuk lebih jelasnya, simak tahapan caranya di bawah ini:

1. Buka Google Ads

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya membuka website Google Ads. Untuk domainnya, ada di www.ads.google.com. Setelah masuk ke dalam website, Anda bisa memulai membuat iklan dengan mencari tombol Start Now.

2. Harus Memiliki Akun Google

Setelah klik tombol Start Now, Anda akan diminta untuk mendaftar dengan akun Google. Jika Anda sudah punya, Anda bisa menggunakannya. Namun jika belum, Anda perlu membuatnya. Selain itu, Anda juga bebas untuk menggunakan akun Google milik pribadi atau milik bisnis.

3. Pilih Goal dari Iklan Anda

Ketika Anda sudah masuk, maka Anda akan diminta untuk memilih goal atau tujuan dari iklan yang dipasang. Ada tiga goal yang bisa Anda pilih salah satunya. Goal pertama adalah menghubungi bisnis Anda melalui telepon untuk bertanya atau memesan produk Anda. Untuk pemilihan goal ini, lebih cocok untuk bisnis yang sering bertransaksi atau berbicara panjang via telepon.

Kemudian goal kedua adalah untuk mengunjungi toko fisik yang dimiliki. Jika Anda memiliki toko fisik dan berharap para konsumen datang ke sana, seperti bisnis restoran, kafe, toko pakaian, dan lainnya, maka pilihlah goal yang kedua. Terakhir, goal ketiga adalah untuk mengunjungi website yang cocok untuk bisnis dengan sistem transaksi yang lebih fokus di dalam website. Jika memang bisnis Anda begitu, maka pilihlan goal ketiga.

4. Tentukan Jangkauan Lokasi dari Iklan

Selanjutnya Anda diminta untuk menentukan jangkauan lokasi untuk iklan yang nantinya dipasang. Google menyediakan fitur ini agar Anda tidak mendapatkan calon konsumen yang lokasinya terlalu jauh dari lokasi bisnis Anda. Dengan begitu, bisnis Anda menjadi lebih terpusat dan fokus.

5. Pilih Kategori

Setelah itu, Anda akan diminta memilih beberapa kategori, seperti bahasa yang digunakan di dalam iklan, kategori bisnis yang bisa diisi secara manual, serta harus memasukkan jenis produk yang dijual. Untuk jenis produk ini, sebaiknya pilih yang menjadi jagoan dari bisnis Anda.

Baca Juga: Hindari Bujet Bocor dalam Menggunakan Google Ads

6. Siapkan Kalimat Iklan yang Baik

Selanjutnya Anda diminta untuk membuat kalimat iklan atau copy. Nantinya kalimat ini dipasang di iklan. Anda harus memikirkan rangkaian kalimat yang baik. Jangan sampai terlalu panjang. Buat kalimat yang pendek dan memiliki punchline yang baik. Anda bisa mencari bagaimana membuat copy yang baik lewat internet.

7. Masukkan Foto

Setelahnya, Anda diminta untuk memasukkan foto. Tapi untuk opsi ini terhitung optional.

8. Tentukan Bujet Iklan

Dalam memasang iklan di Google, Anda tentu harus membayar sejumlah biaya. Untungnya, Anda bisa menentukan bujet iklan sendiri sesuai ketentuan Google.Jika ini pengalaman pertama Anda memasang iklan di Google, sebaiknya pilih yang kecil dulu. Seiring berjalannya waktu dan performa iklan semakin baik, Anda bisa memperbesar bujet.

9. Pilih Metode Pembayaran

Terakhir, Anda diminta untuk memilih metode pembayaran. Bisa lewat kartu kredit atau transfer bank. Jadi bagi yang tidak memiliki kartu kredit, tetap bisa memasang iklan di Google.

Itulah cara menggunakan Google Ads dengan mudah dan tepat. Ikuti cara di atas dengan sesuai agar bisa memasang iklan di Google. Semoga informasi ini bermanfaat!

David Antonny
David Antonny
Starting career as a Google Ads Advertiser and SEO Specialist at 2012, helping to grow the company’s business, especially in digital marketing expertise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *