Digital Nomad adalah profesi yang lahir di zaman modern
Digital Nomad Adalah Profesi yang Tak Terikat Ruang Kerja
Maret 2, 2020
Fitur Baru Instagram
Fitur Baru Instagram dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda
Maret 3, 2020
Show all

Cara Menggunakan Pinterest untuk Meningkatkan Trafik Blog

Cara Menggunakan Pinterest untuk Meningkatkan Trafik Blog

Cara Menggunakan Pinterest untuk Meningkatkan Trafik Blog

Social media adalah sebuah tool yang bisa membantu Anda untuk semakin memperluas eksposur untuk konten Anda. Salah satu media sosial yang bisa Anda gunakan adalah Pinterest.

Pinterest

Pinterest adalah sebuah pinboard online yang bisa digunakan untuk mengumpulkan berbagai macam konten multimedia dari berbagai website. Anda bisa membuat banyak pinboard, sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk mengorganisir gambar-gambar yang menarik perhatian Anda. Contohnya, jika Anda ingin mengumpulkan berbagai resep-resep makanan yang Anda temukan secara online, Anda bisa membuat board dan menamainya ‘Resep’.

Ada beberapa hal dari Pinterest yang menjadikannya sebagai salah satu platform yang tepat untuk mempromosikan konten blog Anda:

  • Pin di Pinterest bisa tersebar lebih jauh.
  • Sebuah pin bisa meningkatkan page visits dan juga pageviews
  • Website e-commerce yang menggunakan Pinterest mendapatkan 78 cents dollar Amerika untuk setiap pin-nya.

Cara Menggunakan Pinterest untuk Meningkatkan Trafik Blog Anda

Untuk mulai menggunakan Pinterest, ada beberapa hal yang yang harus Anda lakukan, seperti:

  1. Membuat akun Pinterest

Tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki akun pinterest. Anda bisa membuat akun personal atau akun pinterest for business, yang bisa Anda manfaatkan khusus untuk blog dan website Anda. Jangan lupa untuk memverifikasi blog Anda dan menghubungkan akun pinterest dengan blog Anda.

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengatur bio dari profil Anda, tambahkan link menuju blog Anda di dalam bio profil singkat Anda. Profile image juga sebaiknya sesuai dengan media sosial Anda lainya. Ini adalah hal-hal yang bisa membantu branding dari blog Anda.

Dengan pinterest for business, Anda akan memiliki akses ke pinterest analytics. Tool ini bisa membantu Anda untuk melihat performa dari kegiatan akun pinterest Anda. Rich Pins juga salah satu tool yang bisa membuat pins Anda memiliki informasi lebih banyak dari pins lainnya, seperti judul artikel, peta, dan bahkan rating untuk film. Rich Pins juga membuat pinterest bisa lebih mempercayai konten Anda.

  1. Fokuslah dengan Deskripsi Gambar

Buatlah deskripsi dari gambar Anda yang bisa membantu para pinners untuk mengerti isi dari blog post yang mereka pin.

Coba jelaskan dengan detail dan berikan informasi yang cukup untuk menarik perhatian para pinners agar mereka mengklik link yang Anda post. Kalimat-kalimat yang menarik dan positif untuk semakin menarik perhatian dari pinners. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata call-to-actions (CTA) di deskripsi pin.

  1. Perhatikan Kualitas Gambar Anda

Gunakan gambar yang memiliki kualitas yang bagus milik Anda untuk mengoptimasi pin Anda serta mendapatkan tingkat keterlibatan dan interaksi yang tinggi. Salah satu hal yang bisa Anda jadikan perhatian adalah format ukuran dari gambar Anda.

Gunakan gambar yang vertikal, karena kebanyakan orang-orang mengakses pinterest dari perangkat mobile mereka, gambar yang vertikal akan memudahkan para pinners untuk melihat gambar-gambar Anda. Pastikan juga gambar Anda menarik.

Baca Juga: Pengertian dan Keunggulan dari Pinterest

Kualitas gambar yang tinggi dengan branding dan logo yang minimal dan ditambah dengan text juga bisa meningkatkan kualitas dari konten-konten Anda.

Temukan Audiens Untuk Konten Anda

Audiens merupakan elemen yang sangat penting dalam strategi marketing Anda. Jika Anda bisa menarik perhatian orang-orang, mereka mungkin akan menyukai apa yang mereka lihat, dan kemungkinan besar mereka akan memilih untuk berinteraksi dengan pin Anda dan mengunjungi blog Anda secara rutin.

Manfaatkan pinterest sebagai salah satu media sosial yang bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk bisa mencari lebih banyak audiens.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda tentang cara menggunakan Pinterest, silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *