Jenis jenis Plagiarisme
Jenis-jenis Plagiarisme yang Sering Dilakukan
Mei 28, 2020
Mengetahui CMS Sebuah Website
Cara Mengetahui CMS Sebuah Website
Mei 28, 2020
Show all

Bagaimana Menghadapi Keluhan Pelanggan dengan Benar?

Menghadapi Keluhan Pelanggan

Menghadapi Keluhan Pelanggan

Setiap bisnis pasti ingin memiliki pelanggan sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki pelanggan, maka dari sisi penjualan akan memiliki pondasi yang bagus karena produk yang dijual akan terus digunakan  oleh mereka. Namun dalam perjalanan bisnis, pasti ada saja pelanggan yang merasa bahwa kualitas atau pelayanan yang diberikan malah menurun. Bahkan bisa membuat mereka kesal juga. Untuk bisa menyelesaikan masalah itu, tentu saja harus ada cara bagaimana menghadapi keluhan pelanggan dengan benar.

Pelanggan yang menyampaikan keluhannya kepada bisnis Anda pasti memiliki dasar. Tidak mungkin mereka mengeluh tanpa ada alasan dari produk yang digunakan atau pelayanan yang didapatkan. Pada dasarnya, setiap keluhan pelanggan harus dijawab dengan sebaik mungkin. Tidak hanya dari jawaban berupa kata-kata saja, tetapi juga dari tindakan yang diambil.

Untungnya, ada beberapa cara dalam menghadapi keluhan pelanggan yang bisa Anda temukan di bawah ini.

Berkomunikasi dengan Baik dan Jelas

Cara pertama dalam menghadapi keluhan pelanggan adalah berkomunikasi dengan baik dan jelas. Tidak dapat dipungkiri, banyak pelanggan yang mengeluh, tapi semakin dibuat kesal karena tidak adanya pola komunikasi yang jelas. Sudah kesal karena produk atau pelayanannya buruk, ditambah lagi dengan tidak adanya jawaban yang jelas dari pihak perusahaan atas keluhan yang dilontarkan.

Di dalam permasalahan apapun, komunikasi adalah jalan keluar nomor satu. Ketika komunikasi yang diberikan kepada pelanggan yang kecewa jauh lebih responsif, cepat tanggap, dan jelas, maka mereka akan merasa sedikit tenang. Namun dari komunikasi yang dijalankan dengan pelanggan, tetap harus ada tindakan nyata yang dilakukan.

Cobalah Ambil Langkah Nyata

Langkah selanjutnya yang harus diambil adalah langkah yang nyata. Apa maksud dari poin ini? Pelanggan yang sudah setia selama ini dengan menggunakan produk Anda pasti ingin mendapatkan apa yang mereka inginkan. Biasanya ketika produknya ternyata cacat, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Hal tersebut bisa dibilang sangat penting karena banyak bisnis hanya bisa mendengar tapi tidak bertindak apapun.

Hal tersebutlah yang membuat pelanggan malah tidak mau lagi menggunakan produk dari bisnis tersebut. Keputusan seperti itu tentu saja sangat berbahaya untuk bisnis Anda. Apalagi di era media sosial seperti ini. Pelanggan yang kecewa bisa saja memberikan testimoni yang buruk untuk produk  atau pelayanan Anda di media sosial. Akhirnya malah semakin banyak orang yang tahu tentang keburukan bisnis Anda yang sebenarnya bisa saja diselesaikan dengan baik dan jelas. Maka dari itu, cobalah segera mengambil langkah nyata.

Berikan Bonus Kepada Mereka

Supaya bisa memberikan rasa senang kepada para pelanggan yang mengeluh karena tidak puas atas produk atau pelayanan yang diberikan, ada cara lain. Anda bisa memberikan bonus kepada mereka. Bonus itu dalam bentuk apa saja? Bisa memberikan satu produk gratis, memberikan voucher potongan harga, dan lainnya. Bisa dibilang cara ini termasuk ampuh untuk membuat pelanggan menjadi tidak kesal lagi dengan bisnis Anda. Masalah yang ada bisa menjadi cepat selesai dan mereka tetap menjadi pelanggan setia.

Baca Juga: Mengapa Seorang Pelanggan Harus Dihargai?

Itulah cara menghadapi keluhan pelanggan yang bisa Anda lakukan. Ingat, komunikasi itu sangat penting dan perlu juga adanya tindakan nyata. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *