Struktur Website Adalah
Mengetahui Struktur Website yang Baik
Mei 6, 2020
Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website
Barisan Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website
Mei 6, 2020
Show all

Cara Mengurangi Bounce Rate Website Anda

Cara Mengurangi Bounce Rate Website

Cara Mengurangi Bounce Rate Website

Memiliki trafik yang tinggi di dalam website pastinya menjadi impian semua orang. Inilah yang menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk menerapkan beragam strategi yang bisa membuat trafik semakin tinggi. Khususnya dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Namun dalam urusan trafik ini, tetap saja ada masalah yang menghampiri jika bounce rate di dalamnya tinggi. Apa itu bounce rate? Bagaimana cara mengurangi bounce rate website Anda?

Bagi Anda yang awam tentang bounce rate, sebenarnya Anda wajib tahu tentang hal ini. Dalam SEO, ketika angka bounce rate itu tinggi, maka ada yang salah dengan strategi yang diterapkan di dalam website. Untuk mengetahui lebih dalam tentang bounce rate, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Bounce Rate?

Pada dasarnya, bounce rate adalah persentase dari pengunjung website yang memutuskan untuk langsung pergi atau keluar dari website setelah hanya membuka satu halaman saja. Ketika pengunjung website pergi dari halaman website tanpa mengklik satu tombol atau melakukan tindakan lainnya, itulah yang dihitung sebagai bounce rate.

Bounce rate juga termasuk ke dalam bagian single page visit, yang artinya mengindikasikan ada yang salah dalam penerapan strategi di dalam website Anda. Kesalahan itu ada di mana? Ada dua poin yang menjadi pemicu naiknya angka bounce rate website Anda.

Pertama, dari segi kualitas konten yang dihadirkan di dalam website sama sekali tidak menarik bagi pengunjung. Ini yang membuat mereka enggan untuk mengeksplorasi isi website Anda. Kedua, konten yang ada di dalam website bukanlah yang mereka butuhkan. Dengan kondisi ini, akhirnya mereka memutuskan untuk segera pergi dari website setelah hanya membuka satu halaman saja.

Untuk bisa menurunkan angka bounce rate, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda. Apa saja caranya?

Cara Mengurangi Bounce Rate

Untuk bisa mengurangi bounce rate di dalam website Anda, berikut cara-caranya:

  • Membuat Artikel yang Menarik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat artikel yang menarik. Pada saat ini, banyak sekali website yang menjadikan konten artikel sebagai andalan untuk menarik pengunjung. Namun tidak semuanya bisa membuat artikel yang menarik. Bagaimana membuat artikel yang menarik?

Anda harus bisa membuat artikel dengan alur cerita yang menarik. Buatlah jembatan dari rangkaian kalimat hingga akhirnya pembaca bisa mendapatkan intinya di sana. Selain itu jangan lupa gunakan teknik storytelling agar pembaca tidak merasa bosan.

  • Memilih Topik yang Relevan

Selain membuat artikel yang menarik, jangan lupa untuk memilih topik yang relevan. Topik-topik seperti itu bisa Anda dapatkan dari Google Trends atau keyword research. Dengan begitu, maka topik yang dibuat juga sedang banyak dicari orang banyak. Trafik pun akan naik dengan sendirinya dan pengunjung mau terus mengulik isi website Anda.

  • Membuat Website Menjadi Mobile Friendly

Kemudian Anda juga harus membuat website yang dimiliki menjadi mobile friendly. Tidak dapat dipungkiri, sekarang lebih banyak orang yang menggunakan smartphone untuk membuat dunia maya jika dibandingkan dengan pengguna laptop. Dengan kondisi ini, maka website yang mobile friendly dari segi tampilan harus dipenuhi juga.

Baca Juga: Bounce Rate, Hal Yang Ditakuti Oleh SEO

Itulah cara mengurangi bounce rate website Anda. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *