Youtube SEO tags
YouTube SEO: Memanfaatkan YouTube Tags 
Januari 30, 2020
Website Audit
Website Audit Untuk Pemula Dalam Meningkatkan SEO & UX
Januari 30, 2020
Show all

Ini Dampak yang Diberikan Media Sosial Terhadap SEO Anda

Media sosial terhadap SEO

Media sosial terhadap SEO

Media sosial adalah sebuah tool yang sering dimanfaatkan sebagai platform untuk beriklan sekaligus berkomunikasi dengan consumer Anda. Namun media sosial juga memiliki dampak secara tidak langsung untuk SEO website Anda. Berikut adalah dampak yang bisa Anda dapatkan dari media sosial terhadap SEO Anda.

1. Membawa Trafic

Traffic adalah salah satu faktor yang ingin Anda dapatkan dari sebuah SEO. Media sosial dapat mendatangkan traffic dengan meningkatkan visibilitas dari berbagai konten yang sudah Anda sajikan.

Salah satu keuntungan dari media sosial adalah bagaimana mudahnya konten Anda untuk dibagikan, melalui media sosial setiap konten Anda akan memiliki reach yang lebih luas.

Keuntungan ini datang berbarengan dengan tersedianya berbagai macam platform yang bisa digunakan sebagai media untuk menyiarkan konten Anda entah dalam bentuk gambar bahkan video.

2. Profile Media Sosial Akan Mendapat Rangking di Hasil Pencarian

Profil media sosial Anda juga bisa mempengaruhi SEO, dengan muncul pada hasil pencarian, terutama pada hasil pencarian branded, terutama pada halaman awal.

Selain untuk SEO Anda, profil media sosial juga dapat meningkatkan branding dari bisnis Anda. Dengan muncul pada halaman awal, brand Anda akan semakin terekspos.

Anda juga dapat melihat rating serta snippet dari review terhadap bisnis Anda. Dengan mengunjungi profil, para pengunjung dapat mengenal brand Anda dengan lebih dekat sekaligus mengenal personality dari brand Anda.

3. Meningkatkan Jangkauan dari Media Sosial

Sebagai sebuah channel, media sosial adalah sebuah tool yang baik untuk meningkatkan jangkauan dari konten Anda. biasanya orang-orang akan menemukan konten Anda dengan cara mencarinya melalui mesin pencarian dengan sebuah keyword yang relevan.

Jangkauan konten yang lebih luas akan membawa traffic dengan kualitas yang baik, tentu saja akan mempengaruhi SEO Anda. 

Ketika seseorang membagikan konten Anda di media sosial, maka akan terbentuk rantai dimana konten Anda akan selalu di share. Dengan begitu konten Anda akan muncul pada featured snippet ada kata kunci tertentu. Terutama jika ada pengaruh dari influencer media sosial.

BACA JUGA: Inilah Dampak yang Diberikan Media Sosial Terhadap SEO Anda

4. Media Sosial Platform adalah Mesin Pencarian

Ketika ingin menemukan sesuatu di Internet, orang-orang tidak  hanya menggunakan mesin pencari untuk mencari sesuatu. Dengan fungsi pencarian yang kuat, platform media sosial juga berfungsi sebagai mesin pencari yang berharga. Mungkin ada orang yang menemukan profil, halaman, atau konten Anda melalui pencarian media sosial.

Oleh karena itu akan sangat penting untuk mengoptimasi halaman media sosial Anda serta konten dengan keyword yang relevan untuk meningkatkan visibilitas brand Anda.

5. Local SEO

Media sosial juga dapat mempengaruhi Local SEO Anda dalam beberapa cara.

Seperti yang sudah Anda ketahui, NAP Anda (nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda) memiliki peran penting dalam peringkat pencarian lokal.

Jika Anda mempertahankan informasi NAP yang konsisten di semua daftar dan situs web Anda, Google akan menganggap bisnis Anda lebih kredibel dibanding yang lain. Hal tersebut dapat meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian lokal. Yang membuatnya penting untuk menggunakan informasi NAP yang sama di seluruh profil media sosial Anda, daftar lokal, dan situs web.

Terlebih lagi di beberapa platform media sosial, terdapat fitur geo-tag yang bisa digunakan untuk stories serta postingan Anda. Ini juga dapat meningkatkan visibility diantara audiens lokal Anda, yang akan meningkatkan jangkauan.

6. Youtube SEO

Video dari Youtube akan mendapatkan ranking pada hasil pencarian, terlebih lagi video yang populer serta relevan.

Pada hasil pencarian juga akan muncul carousel video pada awal halaman hasil pencarian.

Oleh karena itu  mengoptimalkan YouTube Anda dan video penting untuk SEO. Yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan deskripsi dan judul video dengan kata kunci yang relevan. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas tidak hanya dalam platform tetapi juga dalam hasil pencarian biasa.

Dari poin-poin diatas, kita bisa melihat bahwa media sosial memegang peran penting dalam strategi SEO Anda. walaupun dampaknya tidak secara langsung mempengaruhi ranking Anda, keuntungan utamanya adalah meningkatkan visibilitas dari brand Anda.

Oleh karena itu jangan lupakan media sosial pada strategi SEO. Jika Anda memiliki pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk di-share ya.

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *