Penulis SEO Profesional
Berikut Rahasia Untuk Menjadi Penulis SEO Profesional
Februari 4, 2020
Content Marketing
Content Marketing: Bagian Penting Untuk Bisnis Anda
Februari 4, 2020
Show all

Tips On-Page SEO: E-A-T & YMYL yang Tingkatkan SEO Anda

E A T YMYL

E A T YMYL

Banyak yang percaya bahwa E-A-T adalah salah satu faktor yang bisa membantu kesuksesan dari SEO Anda. Namun banyak juga yang menganggap bahwa faktor ini terlalu dibesar-besarkan.

Perdebatan mengenai pentingnya E-A-T menjadi terkenal setelah hal ini dimasukan dalam Google Search Quality Evaluator Guidelines.

Berbarengan dengan pernyataan:

“Sistem ranking kami … di desain dengan spesifik agar dapat mengidentifikasi situs dengan indikasi mengenai expertise, authority, dan trustworthiness yang tinggi.“

Pernyataan diatas menjadi salah satu faktor yang menjadi bukti dari pentingnya E-A-T. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru, karena Google selalu berusaha untuk membuat algoritma mereka se-”manusia” mungkin.

Namun algoritma Google belum sepenuhnya sempurna, user behavior dan teknologi juga akan selalu berkembang. Disinilah search quality evaluator berperan.

Search quality evaluator adalah  orang-orang yang dipekerjakan oleh Google untuk menilai dan mengetes kualitas dari hasil pencarian. Namun rating yang mereka berikan bukan lah sebuah faktor ranking.

Data yang dikumpulkan dari orang-orang tersebut tidak akan memberikan impact secara langsung terhadap ranking sebuah website.

E-A-T adalah kepanjangan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. E-A-T sangat penting untuk konten YMYL.

YMYL (Your Money Your Life) adalah sebuah kategori untuk website-website yang menawarkan produk atau jasa atau informasi yang bisa memberikan dampak untuk kebahagiaan, kesehatan, financial stability, atau keselamatan pengguna.

Website YMYL akan dianggap oleh Google sebagai situs dengan standar yang tinggi karena stakes nya yang sangat tinggi. Beberapa industri yang masuk dalam kategori ini adalah e commerce, financial services, healthcare, dan legal.

Dalam YMYL Anda harus memastikan konten yang dibuat harus menolong orang-orang dan tidak menyakiti orang-orang yang mengkonsumsi konten Anda.

Kenapa E-A-T Sangat Penting Untuk SEO Anda

Google sangat menghargai konten dengan kualitas yang tinggi, oleh karena itu mereka akan selalu merekomendasikan untuk membuat konten yang berkualitas.

Namun konten yang berkualitas itu seperti apa?

Konten berkualitas adalah konten yang dapat memberikan benefit untuk klien, kustomer, pengguna, atau pembaca.

Berdasarkan guidelines dari Search quality evaluator, halaman yang berkualitas memiliki:

  • Level yang tinggi dari E-A-T
  • Jumlah konten berkualitas tinggi, termasuk title yang deskriptif dan membantu.
  • Informasi yang memuaskan mengenai siapa yang bertanggung jawab terhadap website, bila terjadi transaksi dalam website maka website harus memiliki informasi mengenai customer service yang memuaskan.
  • Reputasi website yang positif mengenai penulis konten.

Halaman dengan kualitas yang tinggi serta YMYL akan memiliki tingkat E-A-T yang tinggi. Namun E-A-T akan diaplikasikan ke berbagai jenis website.

 Sehingga prioritas tertinggi Anda adalah membuat konten yang diinginkan oleh target audiens Anda atau dapat menawarkan nilai yang berharga.

Cara Meningkatkan E-A-T dari Website Anda

Setelah memahami pentingnya E-A-T untuk website Anda, maka saatnya Anda meningkatkan E-A-T dari website Anda.

1. Identifikasi Author Anda dengan Bio

Google guidelines menyarankan untuk membuat artikel dengan “journalistic professionalism”, salah satu caranya adalah dengan memasukan nama dari penulis konten yang sudah diterbitkan.

Akan lebih baik lagi jika Anda membuat bio mengenai penulis, atau halaman terpisah yang berisi konten-konten yang sebelumnya sudah diterbitkan.

2. Buatlah Kontak Anda Lebih Mudah Untuk Dicari

Pastikan Anda melink halaman About Us dan/atau Contact Us pada navigasi utama atau footer dari website Anda.

Hal ini tentu akan memudahkan para pengguna mengetahui mengenai siapa Anda dan bagaimana untuk mengontak Anda.

3. Hapus Atau Tingkatkan Konten Anda yang Berkualitas Rendah

Jika Anda memiliki konten yang sudah tidak lagi berguna atau memiliki performa yang buruk dan tidak lagi layak untuk menginvestasikan sumber daya Anda, maka menghapus konten tersebut adalah cara tercepat untuk meningkatkan E-A-T.

Namun menghapus sebuah konten adalah pilihan terakhir Anda. Bila memungkinkan, perbaiki dahulu konten tersebut.

Beberapa caranya adalah:

  • Biarkan orang yang lebih memiliki Authoritative untuk menulis konten Anda
  • Tambahkan quote dari ahli, data, sumber dan, sitasi
  • Tingkatkan readability, grammar, pengejaan, dan struktur konten Anda
  • Tambahkan informasi agar konten Anda lebih komprehensif
  • Title baru yang lebih baik
  • Tambahkan unsur visual
  • Tambahkan video

4. Buatlah Reputasi Brand yang Lebih Positif

Reputasi brand yang positif akan menjadi kunci untuk perkembangan bisnis Anda serta E-A-T.

Ini dapat Anda capai melalui thought leadership.

Thought leadership sendiri adalah bagaimana Anda memberikan jawaban terbaik mengenai pertanyaan terbesar dari kustomer Anda, dalam format yang disukai oleh kustomer Anda.

Dengan membagikan insight yang dianggap target audiens Anda sesuatu yang berharga bagi mereka, maka akan ada kesempatan terjadinya konversi.

Ini juga akan membantu Anda dalam membangun authority dalam niche dan membantu Google untuk mempercayai Anda. 

Jika Anda sudah melakukan segala hal yang sudah ditunjukkan dalam Google E-A-T guidelines maka Anda sudah membuat konten yang berguna, memiliki kualitas yang tinggi.

Dengan kata lain Anda sudah memberikan user experience yang memuaskan.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Atau ada masukan untuk artikel E-A-T & YMYL ini? Silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *