Macam-Macam Search Engine yang Berguna Untuk Anda
Desember 19, 2019
fb konsultasi seo
Panduan SEO untuk Anda yang Baru Mengenal SEO
Desember 26, 2019
Show all

Inilah Cara Menggunakan Google Drive Bagi Pemula

Kemajuan dunia teknologi yang tiada hentinya membuat adanya berbagai macam alat bantu bagi Anda dalam menunjang aktivitas setiap harinya. Dari urusan sekolah hingga pekerjaan, semuanya ditopang teknologi.

Google, sebagai salah satu raksasa perusahaan teknologi dunia, juga terus memberikan inovasi yang efek positifnya dirasakan oleh masyarakat luas. Salah satu teknologi ciptaan Google yang saat ini sangatlah membantu dalam dunia pekerjaan adalah Google Drive.

Google Drive adalah layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis. Di dalam Google Drive, ada maksimal kapasitas file yang bisa Anda gunakan, sebesar 15GB. Jika Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar, Anda bisa mendapatkannya dengan berbayar.

Google Drive juga terkoneksi dengan layanan Google lainnya yang biasa dipakai di dunia pekerjaan seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan yang lainnya. Tidak hanya itu saja, Google Drive bisa menjadi pusat dari dokumen pekerjaan perusahaan Anda agar semuanya terdapat di dalamnya sehingga mudah diakses oleh para karyawan.

Jika Anda tertarik dengan penggunaan Google Drive, di bawah ini ada beberapa informasi yang berguna tentang cara menggunakan Google Drive bagi pemula.

Masuk ke Google Drive

Untuk masuk ke Google Drive, Anda bisa mengunjungi website mereka dengan url https://www.google.com/drive/. Setelah masuk ke sana, Anda akan diminta untuk memilih salah satu tipe Google Drive yang diinginkan yaitu Personal atau Business.

Untuk penggunaan yang lebih mudah, memang sebaiknya menggunakan Personal saja. Namun, untuk menggunakan Google Drive, Anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu karena nantinya akan terkoneksi di antara keduanya.

Cek Dashboard Google Drive

Setelah masuk ke Google Drive, Anda akan berada di bagian dashboard dari Google Drive personal milik Anda. Di sana memang cukup banyak bagian untuk penggunaan berbagai fitur. Untuk memulai penggunaan Google Drive, sebenarnya cukup mudah.

Sebagai pusat dokumen milik Anda, Anda bisa langsung memasukkan berbagai macam file di sana seperti video, lagu, dokumen, hingga foto serta gambar. Anda tinggal men-drag file dari komputer Anda ke dashboard.

Membuat dokumen baru

Jika Anda memang ingin membuat dokumen baru seperti docs, .ppt, atau excel, Anda bisa memilih bagian New di dashboard Google Drive. Di bagian pojok kiri atas, ada tombol New yang cukup besar. Klik tombol itu. Setelah itu akan muncul menu tambahan. Di sana ada tulisan Folder (untuk membuat folder baru di dalam Google Drive), File upload (untuk mengunggah file dari komputer Anda), Folder upload (untuk mengunggah folder secara langsung dari komputer Anda), dan ada opsi membuat Google Docs, Google Sheets, Google Slides serta yang lainnya. Untuk membuat dokumen baru, Anda bisa memiliki salah satu dari pilihan tersebut. Setelah Anda selesai membuat dokumen tersebut, secara otomatis dokumen itu sudah disimpan di dalam Google Drive Anda.

Di-share ke orang lain

Di dalam dunia pekerjaan, penggunaan Google Drive sangatlah sering. Dengan berbagai dokumen yang digunakan, setiap dokumen tersebut tidak hanya dikerjakan atau dicek oleh satu orang saja. Pastinya ada berbagai macam orang yang menggunakannya.

Dokumen yang ada di dalam Google Drive Anda juga bisa di-share ke orang lain. Caranya adalah dengan membuka file tersebut, lalu klik tombol Share di pojok kanan atas yang berwarna hijau. Setelahnya, masukkan email dari masing-masing orang yang mau Anda berikan dokumen tersebut. Anda tinggal klik Done jika sudah selesai. Akhirnya dokumen tersebut sudah bisa dilihat oleh orang lain.

 

Dengan penjelasan cara menggunakan Google Drive bagi pemula di atas, Anda tidak perlu lagi kebingungan dalam penggunaannya. Banyaknya fitur dari Google Drive memang sayang untuk dilewatkan. Koordinasi pekerjaan menjadi lebih mudah, aktivitas Anda pun menjadi lebih ringan.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *