Mengapa Bisnis Online Banyak Diminati
Mengapa Bisnis Online Banyak Diminati?
Mei 4, 2020
Cara Kerja CMS Joomla
Mengetahui Cara Kerja CMS Joomla yang Berguna
Mei 4, 2020
Show all

Bagaimana Cara Kerja CMS WordPress?

Ketahui Cara Kerja CMS WordPress

Ketahui Cara Kerja CMS WordPress

CMS atau Content Management System menjadi bagian dalam teknologi website yang tidak bisa dilupakan. Ketika pada awalnya, hanya orang-orang yang mengerti bahasa pemrograman saja yang bisa membuat  website dan mengurus website. Sekarang sudah tidak lagi. Orang awam dalam urusan ini pun juga bisa asalkan mau belajar. Dalam teknologi CMS, ada beberapa CMS yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik dalam kemudahan menggunakannya serta fitur-fiturnya. Salah satunya adalah WordPress. Sebenarnya bagaimana cara kerja CMS WordPress?

WordPress bisa dibilang menjadi CMS paling banyak digunakan saat ini. Pesaing terdekat dari CMS ini adalah Joomla dan Drupal. Walaupun memiliki beberapa pesaing, tetap saja WordPress menjadi nomor satu. Alasan utama mengapa WordPress menjadi CMS paling terkenal pada hari ini adalah kemudahan dalam penggunaannya, beragam fitur yang bisa dimanfaatkan, banyaknya plugin yang bisa membuat website menjadi lebih bagus lagi, dan lainnya.

Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2019, WordPress menguasai pasar CMS hingga menyentuh angka 79%. Dengan angka yang sangat besar itu, maka kita bisa membandingkan nama popularitas WordPress di dunia CMS dengan Google dalam urusan mesin pencari. Sama dengan WordPress, Google juga menguasai pasar mesin pencari bahkan hingga lebih dari 90%.

Dengan keadaan seperti ini, maka Anda sebenarnya sangat disarankan untuk menggunakan WordPress jika ingin memiliki website sendiri. Sebelum mengenal bagaimana cara kerja CMS WordPress, sebaiknya mari membahas keunggulan dari WordPress.

Keunggulan WordPress

WordPress menawarkan berbagai macam keunggulan yang bisa dirasakan oleh orang yang menggunakannya, termasuk Anda. Dimulai dari:

  • WordPress memiliki dashboard atau pusat pengendalian yang mudah dimengerti oleh orang awam. Dengan kemudahan dalam penggunaan dashboard WordPress, Anda juga bisa menggunakannya dengan lancar.
  • WordPress memiliki Community Support yang terampil. Ketika Anda sedang kebingungan dalam mencari solusi dari masalah yang tiba-tiba muncul di dalam WordPress Anda, maka dengan hanya mencari informasi di internet, pasti sudah bisa ditemukan jalan keluarnya. Banyak sekali informasi terkait WordPress di internet pada saat ini.
  • Optimasi SEO di WordPress lebih mudah. Sebagai sebuah strategi dalam digital marketing, SEO menjadi penting untuk dilakukan. Dengan SEO, maka Anda bisa mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi ke dalam website. Kemudian Anda bisa menaikkan brand awareness lalu akhirnya bisa menaikkan penjualan juga. Dengan WordPress, ada beragam plugin SEO yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Yoast SEO. Anda bisa dengan mudah melakukan optimasi SEO On Page di setiap halaman website dengan penilaian yang diberikan oleh Yoast SEO sendiri. Optimasi jadi semakin lebih baik pula.

Cara Kerja CMS WordPress

Sebagai sebuah CMS, tentu saja WordPress memiliki cara kerja yang tidak berbeda jauh dengan CMS lainnya seperti Joomla. Ketika website Anda sudah jadi dan pengunjung ingin mengakses ke sana, permintaan yang dimasukkan ke dalam browser dalam bentuk URL akan diproses untuk diambil datanya di dalam database. Database akan memberikan respon dalam bentuk kode HTML. Inilah yang nantinya akan dimunculkan di dalam browser. Artikel yang Anda baca ini juga merupakan bentuk kode HTML juga. Untuk database di dalam WordPress, mereka menggunakan MySQL agar bisa menyimpan seluruh informasi dan media yang ada di dalam website.

Baca Juga: Mengetahui Cara Penggunaan CMS Yang Tidak Tepat

Sekarang Anda sudah tahu cara kerja CMS WordPress yang mungkin saja sudah Anda gunakan pada saat ini. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

 

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *