Pentingnya Aplikasi Keamanan Website
Apa saja Aplikasi Keamanan Website yang Ada Saat ini?
Mei 18, 2020
Persuasi Dalam Komunikasi Pemasaran
Mengapa Persuasi Dalam Komunikasi Pemasaran itu Penting?
Mei 18, 2020
Show all

Pentingnya Keamanan Website Demi Menjaga Data

Pentingnya Keamanan Website

Pentingnya Keamanan Website

Pada saat ini, semua perusahaan memiliki website. Mau perusahaan yang sudah besar ataupun masih merintis, mereka melihat bahwa dengan memiliki website, banyak kelebihan yang ditawarkan. Dimulai dari menjadi sumber informasi terkait perusahaan, menjadi media promosi, bisa lebih mudah berinteraksi dengan konsumen, dan menaikkan brand awareness. Namun demi bisa membuat website tersebut beroperasi secara maksimal, maka harus tahu pentingnya keamanan website.

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang berpikir bahwa yang paling penting adalah memiliki website. Namun ketika berbicara mengenai data-data di dalamnya, bisa saja ada yang penting dan harus dijaga agar tidak bisa dibobol oleh pihak yang bertanggung jawab. Ketika keamanan website tersebut buruk, maka masalah besar seperti penyebaran informasi penting di dalam internet dan bisa diakses semua orang bisa muncul. Itulah yang sebaiknya dihindari.

Maka dari itu dibutuhkan keamanan website yang baik demi menjaga data-data di dalamnya. Sebenarnya saat ini sudah ada cara mengamankan website dengan lebih maksimal. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

SSL Untuk Keamanan Website

Saat ini, ada satu cara sederhana namun memiliki pertahanan yang kuat dari serangan hacker untuk menjaga website. Cara tersebut adalah menggunakan Security Socket Layer atau biasa disingkat SSL.

SSL adalah teknologi yang bisa mengamankan proses dari pengiriman data antara web browser dan web server. Selain itu juga bisa juga mengamankan pertukaran data antar server. Tidak dapat dipungkiri, dalam proses pengiriman dan pertukaran data tersebut, sangat rentan dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah dibutuhkan SSL.

Keberadaan SSL bisa membuat website lebih aman ketika sedang melakukan transaksi, khususnya untuk website yang membutuhkan data penting konsumen. Apa saja data penting tersebut? Bisa dimulai dari alamat rumah, nomor handphone, password, email, nomor kartu kredit, dan lainnya.

Memang saat ini cukup banyak website yang membutuhkan data penting seperti itu di dalam melakukan transaksi. Beragam marketplace yang sudah digunakan oleh masyarakat luas membuat SSL untuk keamanan website menjadi penting.

Sebenarnya tidak hanya marketplace saja yang membutuhkan SSL, tetapi website perbankan dan keuangan juga membutuhkan SSL. Dengan barisan data penting sekaligus rahasia dari para penggunanya, maka dibutuhkan sistem SSL ini.

Manfaat Lain SSL

Sebenarnya, SSL tidak hanya bisa membuat website lebih baik dari sisi keamanan, tetapi juga dari segi kecepatan. Ya, ketika menggunakan SSL, maka website menjadi lebih ringan untuk dibuka oleh semua orang.

Banyak orang yang memang akan segera pergi dari website jika website tersebut terlalu lama untuk dibuka. Kata “lama” di sini merujuk kepada jumlah waktu yang hanya 3 detik saja. Di atas 3 detik, maka orang lebih sering keluar dari website tersebut. Maka dari itu, sekali Anda menggunakan SSL, ada dua manfaat yang bisa didapatkan. Dimulai dari perbaikan keamanan website dan kecepatan website juga.

Baca Juga: Apa saja Aplikasi Keamanan Website yang Ada Saat ini?

Itulah penjelasan tentang pentingnya keamanan website demi menjaga data. Konsumen pun juga menjadi jauh lebih percaya untuk menggunakan bisnis Anda ketika website yang dipakai itu memiliki SSL.

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *