Peluang Usaha 2020
Melihat Peluang Usaha 2020 Untuk Bisnis Online
Juni 11, 2020
Marketing Plan Untuk Produk Baru
Merencanakan Marketing Plan Untuk Produk Baru
Juni 11, 2020
Show all

Langkah-Langkah Dalam Membangun Brand Image

Cara Membangun Brand Image

Cara Membangun Brand Image

Brand image adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap bisnis atau perusahaan. Dengan adanya brand image, maka pasar atau konsumen bisa lebih mudah untuk memilih produk Anda dan lebih menganggap produk Anda sebagai ikon. Inilah mengapa banyak sekali produk yang sudah identik untuk beberapa barang tertentu. Sebut saja Aqua untuk air mineral dan Indomie untuk mi instan. Namun sebenarnya bagaimana membangun brand image?

Memang, untuk membangun brand image bukanlah perkara mudah. Banyak sekali hal yang harus dilakukan. Bahkan dari berbagai macam bagian, seperti marketing, promosi, hingga penjualan. Namun dengan kerja sama dan visi yang baik, maka brand image tersebut sudah pasti bisa terbentuk.

Ada beberapa langkah dalam membangun brand image yang bisa dilakukan. Apa saja langkah-langkah itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perhatikan Target Pasar

Langkah pertama dalam membangun brand image adalah memperhatikan target pasar. Setiap bisnis memiliki target pasar, bahkan ada yang berbeda-beda. Maksudnya adalah produk-produk yang dijual oleh satu bisnis pun, target pasarnya bisa berbeda. Ini semua tergantung dari beberapa poin dalam target pasar, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, hingga lokasi.

Ketika berbicara mengenai produk yang murah dan merakyat, maka sudah jelas target pasarnya adalah kalangan menengah ke bawah. Begitu juga sebaliknya. Namun yang paling penting dari target pasar ini adalah ketika ingin melakukan promosi, maka materi promosi yang dipilih sudah sesuai dengan target pasar yang ada.

Bangun Brand Persona

Selanjutnya adalah berusaha membangun brand persona. Setiap produk yang ada itu sebenarnya memiliki personanya sendiri. Ada yang identik dengan kalangan anak muda, ada yang identik untuk orang dewasa, dan ada juga yang identik untuk jenis kelamin tertentu. Ini semua memang tergantung dari produk yang dijual itu sendiri.

Bahkan kalau kita mau berbicara mengenai Indomie, produk-produknya itu malah bisa diterima oleh semua kalangan. Meskipun ada juga yang bilang bahwa Indomie itu produk anak muda. Tidak dapat dipungkiri, popularitas Indomie di kalangan anak muda itu sangatlah besar. Begitu juga di media sosial. Itulah brand persona yang telah dibangun Indomie berdasarkan paket produk yang mereka jual. Untuk itu, Anda harus tahu mau ke mana brand persona yang ingin dibentuk.

Pikirkan Promosi

Tentu saja langkah selanjutnya dalam membangun brand image adalah memikirkan promosi. Dalam memasarkan produk, sudah pasti harus menggunakan promosi yang sesuai. Untuk zaman sekarang, promosi via media sosial terlihat relevan, khususnya bagi para bisnis yang memang baru merintis. Dengan fitur iklan online yang tersedia, maka promosi iklan yang dilakukan bisa langsung ditargetkan ke target pasar yang sesuai.

Selain itu jangan lupa menggunakan promosi dengan konten pemasaran dan tentunya PR. Dengan kombinasi dari ketiganya, maka proses dalam membangun brand image akan jauh lebih mudah tercapai dan sesuai keinginan yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga: Pilihan Strategi Marketing Kreatif Untuk Brand Awareness

Itulah langkah-langkah dalam membangun brand image. Jangan sampai lupa untuk melakukan ketiga poin di atas agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga informasi yang diberikan di dalam artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda semua. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *