AMP Google Untuk Smartphone 1
Memahami Fungsi AMP Google sebagai Andalan Smartphone
Februari 14, 2020
Alexa App
Alexa App, Assistant AI Unggulan Dari Amazon
Februari 14, 2020
Show all

Manfaatkan Position Tracking Untuk Tingkatkan Performa SEO

Position Tracking Tingkatkan SEO

Position Tracking Tingkatkan SEO

Dalam dunia SEO, Anda pasti mengenal sebuah tool yang akan sangat membantu tugas Anda dalam mengoptimasi setiap strategi SEO Anda. Salah satu tool yang paling sering digunakan adalah SEMRush.

SEMRush merupakan SEO tool yang bisa digunakan untuk meriset keyword, mengukur performa dari keyword strategy yang digunakan oleh kompetitor Anda, SEO audit, dan masih banyak lagi.

SEMRush sangat digemari karena dapat meringankan serta meningkatkan kualitas dari strategi SEO yang dijalankan, oleh karena itu tidak salah lagi, mengapa banyak sekali agensi-agensi hingga perusahaan besar menggunakan tool ini.

Namun ada satu fitur yang bisa Anda manfaatkan semakin meningkatkan kualitas dari strategi SEO Anda, nama dari fitur ini adalah position tracking.

Mengenal Position Tracking

Position tracking berguna untuk melacak ranking harian dari sebuah website untuk sebuah set dari target keyword yang sudah di kustomisasi. Anda juga dapat mengatur fitur ini untuk melacak dalam sebuah lokasi geografis tertentu atau device apa yang digunakan.

Poin-poin utama yang dimiliki oleh tool ini adalah:

  • Kemampuan untuk melacak keyword serta domain apapun – bahkan yang tidak ada dalam basis data SEMrush.
  • Melacak dan membandingkan beberapa lokasi geografis atau tipe device dalam satu proyek
  • Laporan featured snippet untuk semakin meningkatkan kesempatan untuk muncul di featured snippet 
  • Local SEO tracking yang mudah
  • Laporan dalam bentuk PDF sederhana untuk membagikan hasil dengan tim dan klien

Kenapa Position Tracking Penting?

Fitur menjadi penting karena, dengan fitur ini Anda dapat melihat bagaimana setiap usaha yang Anda lakukan membuahkan hasil, dan melihat halaman mana yang mendapatkan traffic yang paling banyak, sekaligus melihat halaman mana yang underperforming sehingga nantinya Anda dapat memperbaiki hal ini. Dan juga memonitor ranking dari kompetitor Anda.

Position tracking akan mengidentifikasi segala macam fitur unik dari SERP, yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan fitur dari SERP yang cocok untuk niche serta target keyword Anda. Ditambah dengan update harian dan weekly email report. Dan jika Anda perlu untuk memberikan laporan kepada klien, akan sangat mudah untuk menarik data dalam bentuk pdf yang gampang untuk dibaca.

Baca Juga: Cara Memasang Google Analytic Di Blog Anda

Historical Data

Salah satu keuntungan lainnya adalah Anda dapat melihat historical data ketika Anda menambahkan kompetitor baru untuk di tracking

Misalkan Anda memulai kampanye pada tanggal 1 januari 2019 tanpa menambahkan kompetitor untuk diukur. Lalu pada tanggal 1 januari 2020 Anda menambahkan 2 kompetitor untuk diukur. Maka Anda dapat melihat seluruh data mereka sebelum tanggal 1 januari 2020 tersebut.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk melihat bagaimana tren dan perubahan dalam target keyword Anda. yang akan meningkatkan perspektif Anda kedepannya. Anda juga dapat mengekspor data dari tool selain SEMRush. Tetapi Anda hanya bisa menggunakan fitur ini bila ANda memiliki paket annual Guru dan Business subscriptions.

Deleting

Salah satu kekurangan dari tool ini adalah ketika Anda ingin menghapus sebuah tool, maka Anda harus menghapus keseluruhan kampanye. Artinya Anda akan kehilangan berbagai tool lain yang sudah Anda gunakan seperti site audit, social media poster, dan lain-lain.

Jadi pastikan Anda sudah benar-benar yakin 100% untuk menghapus sebuah proyek, karena data Anda akan hilang selamanya. 

Position tracking adalah sebuah tool yang sangat berguna untuk mengatur dan mengoptimasi  kampanye Anda. Manfaatkan tool ini untuk semakin meningkatkan SEO Anda.

Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di-share ya.

Muhamad Habiburachman
Muhamad Habiburachman
Interest New Things About Social Media and SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *