Peluang Dan Tantangan Pemasaran Online
Peluang Dan Tantangan Pemasaran Online Hari Ini
Mei 14, 2020
Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi
Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi
Mei 15, 2020
Show all

Cara Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Membangun dan Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Membangun dan Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Setiap bisnis pasti ingin memiliki konsumen yang menjadi pelanggan tetap dan mau terus menggunakan produk yang dijual. Namun untuk bisa mendapatkan konsumen yang setia, perlu usaha membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Tidak mungkin target tersebut didapatkan secara sekejap. Pasti ada saja rintangan yang didapatkan.

Sebenarnya Anda bisa saja mendapatkan konsumen yang setia terhadap bisnis Anda. Cara mencapainya pun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah jika Anda tahu barisan caranya. Di bawah ini, ada empat cara membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Dari cara-cara yang dijelaskan, Anda bisa segera menerapkan di dalam bisnis Anda sekarang juga. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan lengkapnya.

Memberikan Pelayanan Ramah

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan pelayanan ramah. Bisa dibilang cara ini memang sudah harus ada di setiap bisnis. Namun dalam praktiknya, banyak bisnis yang tidak mampu melakukannya karena beberapa hal. Ada yang gagal karena karyawannya yang tidak kompeten, tidak adanya SOP yang benar, hingga hal-hal lainnya.

Dengan memberikan pelayanan ramah, maka konsumen akan merasakan kenyamanan dalam bertransaksi dengan bisnis Anda. Selain itu, mereka juga akan melihat bahwa produk Anda juga layak digunakan karena mendapatkan pelayanan yang baik. Nilai itulah yang harus dimiliki di dalam hubungan antara Anda dengan konsumen.

Mendengar Keluhan Konsumen

Selain memberikan pelayanan ramah, Anda juga jangan lupa untuk selalu mau mendengar keluhan konsumen. Dalam perjalanan bisnis, pasti ada saja masalah yang terjadi. Pengiriman yang telat, kondisi barang yang tidak baik, dan lainnya. Untuk bisa menyelesaikan semua masalah itu, Anda harus mau mendengar dan menjawab keluhan dari konsumen yang telah membeli produk.

Dewasa ini, ada beberapa perusahaan besar yang dikenal tidak mampu menjawab keluhan konsumen. Akhirnya citra mereka pun menjadi buruk. Sudah pasti Anda tidak mau mendapatkan hal negatif seperti itu, bukan? Maka dari itu, Anda harus mau mendengar keluhan yang diberikan dan mengurusinya. Dengan sifat tanggung jawab itu, konsumen akan melihat bisnis Anda memiliki nilai yang positif dan produknya layak untuk digunakan lagi.

Cobalah Menawarkan Produk Baru

Ketika sudah memiliki konsumen yang cukup banyak, Anda jangan lupa untuk menawarkan produk baru. Penawarannya bisa lewat email ataupun pesan singkat. Konsumen akan merasa bahwa Anda mampu membangun hubungan baik dengan mereka. Konsumen pasti merasa diperhatikan walaupun, misalnya mereka tidak sedan membutuhkan produk baru tersebut. Namun setidaknya ada usaha lebih dari Anda dalam mencapai konsumen yang selama ini sudah menggunakan produk Anda.

Miliki Website

Agar komunikasi dan informasi yang ingin diberikan kepada konsumen menjadi lebih mudah disampaikan, jangan lupa memiliki website. Bisa dibilang, memiliki website menjadi hal penting pada hari ini. Bisnis Anda akn terlihat jauh lebih profesional ketika website yang dimiliki itu selalu up to date. Kemudahan dalam berkomunikasi dengan konsumen juga bisa didapatkan di sana, salah satunya lewat fitur Live Chat.

Jika Anda membutuhkan website, ToffeeDev bisa memenuhinya melalui Jasa Pembuatan Website Perusahaan. Kami siap memberikan solusi bisnis online kepada Anda dengan membuat website yang berkualitas. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Itulah cara membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *