Company Profile
Ini Cara Company Profile di Website Membantu Bisnis Anda
Januari 28, 2020
Optimasi Konten Mobile
Tips Marketing: Optimasi Konten Mobile Anda
Januari 28, 2020
Show all

5 Langkah Membuat Plan Konten Instagram yang Optimal

Plan Konten Instagram

Plan Konten Instagram

Pada saat ini cukup banyak media sosial yang tersedia di internet dan smartphone. Dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Khusus untuk media sosial yang paling banyak digunakan sebagai media promosi oleh para brand dan perusahaan, maka Instagram adalah jawabannya. Instagram menawarkan bentuk promosi yang efektif karena di dalamnya bisa menonjolkan sisi visual untuk konten Instagram dengan bentuk foto, video, hingga carousel. Ditambah lagi, ada fitur mengubah akun Instagram biasa menjadi akun bisnis. Dengan mengubahnya, maka Anda bisa melihat melakukan promosi dengan lebih masif lagi dan bisa mengecek juga hasil engagement dari masing-masing postingan yang ada.

Untuk bisa mendapatkan konten Instagram yang baik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, termasuk membuat plan yang optimal. Di bawah ini, ada lima langkah membuat plan konten Instagram yang bisa Anda contoh untuk selanjutnya.

1. Membuat plan konten untuk jangka waktu tertentu

Langkah pertama untuk membuat plan konten Instagram yang optimal adalah membuat plan konten untuk jangka waktu tertentu. Demi bisa mendapatkan promosi yang optimal, memang lebih dianjurkan untuk memposting minimal satu kali setiap harinya. Mengapa harus begitu? Karena dengan semakin banyaknya pengguna Instagram, semakin banyak pula saingan Anda. Agar tidak tenggelam, memang sebaiknya melakukan posting satu kali setiap harinya.

Dengan setiap hari memposting, Anda pastinya membutuhkan konten yang sudah siap sedia. Demi tidak mengalami kehabisan ide, sebaiknya Anda membuat plan konten untuk jangka waktu tertentu, seperti 3 minggu ke depan, atau lebih baik lagi untuk satu bulan ke depan. Dengan demikian, Anda hanya perlu memposting saja setiap harinya, tanpa perlu memikirkan apa yang mau diposting pada hari itu.

Dengan plan konten yang juga sudah dibuat, Anda juga bisa lebih memaksimalkan strategi promosi di dalamnya. Proses brainstorming akan lebih optimal.

2. Menyiapkan media konten yang terbaik

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media konten yang terbaik. Di dalam Instagram, Anda bisa memposting di feed dalam bentuk foto, video, hingga carousel. Ditambah lagi, sekarang juga bisa melakukan promosi lewat Instagram stories. Dengan banyaknya medium yang bisa digunakan, Anda memang harus menyiapkan media konten yang terbaik.

Saat  sedang membuat plan konten Instagram untuk satu bulan ke depan, Anda bisa sudah memulai membuat kontennya. Pikirkan dari awal. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan media konten yang terbaik, dari segi komposisi warna hingga kualitas.

BACA JUGA: 4 Cara Meningkatkan Brand Awareness Produk Anda

3. Gunakan hashtag yang relevan

Di dalam media sosial, pastinya ada fitur hashtag yang bisa Anda taruh di setiap postingan. Nah, untuk Instagram sendiri, Anda juga jangan lupa untuk menggunakannya. Ada tiga tipe hashtag yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Hashtag trending: Menggunakan hashtag yang trending di Instagram. Namun harus tetap di dalam satu industri yang sama dengan Anda.
  • Hashtag general: Menggunakan hashtag yang sangat umum.
  • Hashtag spesifik: Menggunakan hashtag yang spesifik sesuai dengan industri dari brand Anda.

Namun perlu diingat, Anda jangan menggunakan hashtag yang terlalu banyak. Gunakan saja lima hingga enam hashtag tiap postingan agar tidak terkesan spamming hashtag.

4. Posting pada waktu yang tepat

Di dalam memposting foto atau video, Anda juga harus mempostingnya pada waktu dan hari yang tepat. Menurut SproutSocial, waktu memposting paling tepat adalah hari Rabu pada pukul 11 pagi dan Jumat pada pukul 10 pagi hingga 11 pagi. Sedangkan untuk hari paling tepat adalah hari Rabu.

Untuk mendapatkan engagement yang konsisten, bisa memposting pada hari Selasa hingga Jumat, mulai pukul 10 pagi hingga 3 siang. Ada juga hari dan waktu terburuk. Untuk Hari terburuk, disebut hari Minggu. Untuk waktu terburuk dari segi engagement adalah pada malam hari, mendekati tengah malam dan subuh, sekitar pukul 11 malam hingga 3 pagi.

Jadi jangan sembarang untuk menaikkan postingan di Instagram. Pilih waktu dan hari terbaik sesuai data di atas.

5. Cek hasil dari masing-masing postingan

Langkah terakhir adalah mengecek hasil dari masing-masing postingan. Di dalam akun Instagram bisnis, Anda bisa mengecek jumlah rate engagement dan jumlah reach. Selain itu cek juga berapa banyak komen di dalam masing-masing postingan. Dan terakhir adalah mengecek pembelian yang terjadi berkat promosi di Instagram. Dengan mengecek hasil tersebut, Anda bisa tahu apakah promosi yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Jika belum, Anda bisa mencari strategi lain untuk plan konten Instagram selanjutnya.

Itulah lima langkah membuat plan konten Instagram yang optimal. Jangan lupa untuk melakukan lima hal di atas. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa mendapatkan paket promosi yang lengkap dan optimal untuk brand atau perusahaan Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *