Adobe XD Adalah
Adobe XD, Aplikasi yang Cocok Untuk Membuat Mobile App
April 7, 2020
Link Berbayar dalam SEO
Apakah Harus Memiliki Link Berbayar dalam SEO?
April 8, 2020
Show all

Domain dan Hosting, Hal Penting Dalam Pembuatan Website

Mencari Tahu Domain dan Hosting

Domain dan Hosting

Dalam sebuah proses membuat website, ada dua buah komponen penting yang harus dimiliki yaitu, Domain dan Hosting. Masih banyak orang yang seringkali tidak bisa membedakan antara apa itu domain dan apa itu hosting. Untuk bisa memahami perbedaan keduanya, kita akan membahas nya pada artikel ini.

Pengertian Domain

Sederhananya, nama domain ini adalah alamat dari sebuah website. Inilah yang akan digunakan oleh orang – orang untuk dapat mengunjungi website Anda, Domain menjadi sebuah nama unik yang akan digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri adalah sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit angka. Domain akan mempermudah para pengunjung dalam mengakses dan juga mengingat alamat dari website Anda.

Jenis – Jenis Nama Domain

Sebuah nama domain sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa bagian, yaitu:

  • Di bagian pertama ada Top Level Domain (TLD) adalah susunan huruf terakhir, setelah tanda titik dari sebuah domain, atau bagian dari nama domain yang berada di posisi paling kanan sampai tanda titik. Contohnya .com
  • Bagian kedua disebut Second Level Domain (SLD) adalah bagian kedua dari kanan atau bagian setelah TLD dari sebuah nama domain.
  • Bagian ketiga disebut Third Level Domain adalah bagian setelah SLD dari sebuah nama domain. Contoh Google.co.id maka Third Level Domain-nya adalah Google

Sedangkan subdomain adalah sebuah domain yang merupakan bagian dari domain utama Anda, subdomain biasanya terletak di depan (sebelah kiri) dari nama domain. Tujuan dari dibuatnya subdomain ini karena diperlukannya sebuah website baru yang memiliki fungsi berbeda dengan website utama Anda.

Bagian-Bagian Domain

Top Level Domain (TLD) dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Global Top Level Domain (gTLD) adalah TLD untuk berbagai keperluan umum. Contoh: .com, .net, .org, .gov, .biz, .info
  • Country Code Level Domain (ccTLD) adalah TLD yang khusus digunakan untuk negara tertentu. Contoh: .id, .uk, .sg, .my

Namun ada beberapa jenis domain berdasarkan TLD yang sering kita jumpai, yaitu :

  • .com digunakan untuk domain website komersial atau perusahaan
  • .net digunakan untuk domain website jaringan
  • .org digunakan untuk domain website organisasi (non profit)
  • .gov digunakan untuk domain website pemerintah
  • .biz digunakan untuk domain website bisnis
  • .info digunakan untuk domain website informasi
  • .edu digunakan untuk domain website pendidikan
  • .ac digunakan untuk domain website akademis
  • .sch digunakan untuk domain website sekolah
  • .id digunakan untuk domain website Indonesia

Dan masih banyak lagi contoh domain lainnya yang bisa Anda jumpai.

Pengertian Hosting

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai domain yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer, nah server komputer ini ada di dalam sebuah Hosting.

Hosting adalah sebuah tempat yang akan digunakan untuk menyimpan data – data yang akan dibutuhkan oleh website, bisa terdiri dari berbagai macam data, seperti gambar, video, tulisan, plugin, script yang rumit, dan lebih banyak lagi. 

Hubungan Domain dan Hosting

Domain dan hosting menjadi sebuah bagian penting dalam proses pembuatan website. Jika dianalogikan secara sederhana, hosting adalah rumah bagi website Anda, sedangkan domain akan menjadi alamat nya. Bila ada rumah tapi tidak ada alamat, maka orang – orang akan bingung bagaimana caranya mengunjungi rumah tersebut. Begitupun sebaliknya, jika ada alamat tapi tidak ada rumah, maka untuk apa mengunjungi alamat tersebut?

Apakah Anda sudah paham mengenai domain dan hosting? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *