Gaya Hidup Konsumtif Saat Pandemi
Ketahui Gaya Hidup Konsumtif Masyarakat Saat Pandemi
Juni 15, 2020
Ciri Ciri Desain Web Minimalis
Inilah Barisan Ciri-Ciri Desain Web Minimalis
Juni 15, 2020
Show all

Menelusuri Industri 5.0 yang Akan Datang

Mengenal Industri 5.0

Mengenal Industri 5.0

Kemajuan teknologi dan industri membuat umat manusia sadar bahwa pada akhirnya, kehidupan mereka akan dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Teknologi yang ada hingga bisa menjadi berbentuk sistem robotik yang pastinya akan mempermudah aktivitas manusia. Tapi dari sana, juga bisa menghilangkan tugas manusia juga. Kita sudah sering mendengar bagaimana industri 4.0 didengungkan di tengah-tengah masyarakat. Ketika industri 4.0 masih belum digunakan secara total, ternyata sudah ada industri 5.0.

Ya, saat ini sudah ada rencana membuat industri 5.0. Walaupun industri 4.0 masih perlahan-lahan digunakan, tentunya sudah harus mulai melanjutkan langkah selanjutnya, yaitu dengan fokus membuat versi 5.0.

Sebenarnya bagaimana bentuk industri 5.0? Apa saja perubahan yang ditawarkan untuk masyarakat dunia? Simak penjelasannya lebih lengkap di bawah ini.

Diawali Jepang

Konsep industri 5.0 ini memang pertama kali diawali di Jepang, tepatnya pada tahun 2019. Saat itu, pihak Jepang sudah sadar bahwa dalam kehidupan masyarakat di sana, ada masalah yang harus dicari jalan keluarnya. Masalah yang dialami Jepang ini meliputi bidang kesehatan terkait pembiayaan dan pelayanan untuk para lansia.

Selain itu, ada lagi masalah lainnya. Memang Jepang adalah negara maju dari sisi teknologi. Namun ketika semakin banyak teknologi yang digunakan, ternyata tenaga buruh ahli mereka malah minim dan biaya perawatan infrastruktur pun juga tinggi.

Kondisi ini akhirnya membuat Jepang ingin industri 5.0 segera muncul. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, hingga munculnya robot dengan AI yang bisa menggantikan peran manusia, menjadi alasan utama untuk urusan ini. Jepang ingin industri yang paling baru ini bisa tetap berpusat kepada manusia, tapi memiliki basis teknologi yang mumpuni.

Sesuai masalah yang ada, akhirnya Jepang memiliki jalan keluar yang coba mereka tawarkan, khususnya untuk masyarakat mereka sendiri terlebih dahulu. Apa saja solusi yang ditawarkan Jepang?

Solusi Dari Industri 5.0

Kalau Anda membaca masalah yang dialami Jepang pada saat ini, maka wajar sajar Jepang ingin segera menyelesaikan persoalan yang ada. Maka dari itu, dengan direncanakannya industri 5.0, ada beberapa solusi yang ditawarkan oleh Jepang, seperti:

  • Untuk layanan kesehatan di Jepang, diciptakan fokus utama dengan sistem remote.
  • Memperbanyak penggunaan data kesehatan dari setiap warga negara Jepang yang sudah mencapai usia lansia agar bisa lebih mempercepat proses penangan kesehatan.
  • Dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, maka mulai saatnya menggunakan sistem robot dan AI sebagai perawat.
  • Tidak hanya untuk layanan kesehatan saja. Sistem AI, robot, dan sensor juga akan digunakan untuk membantu pemeliharaan jalanan, jembatan, terowongan, serta infrastruktur lainnya.

Jepang memang tidak main-main dengan kehidupan masyarakatnya. Mereka ingin memberikan yang terbaik sekaligus kemudahan agar tidak ada lagi pihak-pihak yang merasa kesulitan. Maka dari itu, industri 5.0 yang sepertinya akan diawali dari Jepang terlebih dahulu menjadi pertanda bahwa masyarakat dunia harus siap menghadapi industri ini. Jangan sampai malah ketinggalan dari Jepang karena itu bisa merugikan juga. Efeknya adalah kita tidak akan merasakan kemudahan yang sudah coba ditawarkan oleh industri ini.

Itulah penjelasan tentang industri 5.0 yang akan datang. Semoga informasi yang diberikan di dalam artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *