DesignAwards.Asia Design Of The Day
Bagaimana Membuat Website Untuk Pertama Kali
April 25, 2016
5 Tools Yang Dapat Digunakan Untuk Mengembangkan Social Media Strategy
April 27, 2016
Show all

Mengapa Google “Near Me” Penting Bagi Bisnis Multi-Location?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengguna mobile saat ini berkembang dengan sangat cepat dan pesat. Keuntungan ini tidak hanya dirasakan oleh para pengguna saja, tetapi juga bagi para pebisnis. Mereka melihat peluang ini sebagai peluang yang sangat besar dan bagus. Coba saja kamu perhatikan, saat ini banyak sekali aplikasi mobile yang semakin memudahkan kita untuk tetap dapat berhubungan jarak jauh in a real time. Dan ternyata para pemilik bisnis lokal juga melihat kesempatan “emas” yang ada dari para pengguna mobile phone.

Semua pebisnis memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan pencarian “near me”. Di tahun 2015, Google mencatat bahwa pencarian “near me” atau “nearby” pada mesin pencari naik dua kali lipat. Dan ternyata hal itu juga masih berlaku sampai saat ini. Ya, Google semakin “pintar” mengetahui keberadaan penggunanya saat itu juga. Jadi ketika kita mencari, sebagai contoh sebuah restoran, ketika kamu mencari sebuah restoran maka mesin Google akan mengarahkan kita kepada restoran yang ada di sekitar kita.

Namun, kesempatan terbesar ternyata berada pada bisnis yang memiliki multi-location. Terutama bagi perusahaan besar di berbagai banyak lokasi di kota yang sama. Inilah alasannya mengapa…

Ranking pada halaman pertama sebuah mesin pencari adalah tugas yang berat. Ditambah lagi sekarang Ads hanya mempunyai 3 spot iklan pada bagian atas mesin pencari. Dan untuk hasil organik, terdapat tantangan yang lebih lagi agar untuk menjadikan hasil pencarian tersebut lebih powerful. 

Sekarang, coba pikirkan 5 – 10 lokasi di daerah yang sama (untuk satu brand yang sama), mereka pasti akan bersaing ketat untuk mendapatkan space yang terbatas itu. Dan itu cukup menantang. Banyak sekali pebisnis multi-location mengatakan bahwa memiliki lebih dari satu nama dalam daftar halaman pertama untuk brand yang sama adalah hal yang langka.

Pencarian “Near me” saat ini menjadi semakin populer karena para pencari on-the-go yang sering sekali mencari bisnis, yang lokasinya tidak seberapa jauh dari tempat mereka berada. Dan suatu keuntungan lebih apabila, si pencari tersebut adalah “orang baru” di area tersebut, yang sama sekali tidak mengenal lingkungannya.

Lalu bagaimana caranya agar hasil pencarian “near me” menghasilkan hasil yang terbaik? Algoritmanya Google meningkatkan betapa pentingnya jarak dari lokasi si pencari. Ini banyak diperdebatkan jika marketer bisa mempengaruhi hasil pencarian “near me”, namun ada beberapa strategi marketing untuk pencarian lokal yang mungkin bisa membantu:

  • Pastikan nama bisnis, alamat dan nomor telepon kamu terpampang di websitemu dan mudah untuk ditemukan. Setidaknya kamu harus memiliki halaman yang berbeda untuk tiap lokasi, tapi semua alamat yang ada paling tidak muncul di website.
  • Google My Business harus sudah dioptimisasi dengan baik. Pastikan semua informasi yang ada seperti nama, alamat dan nomor telepon-nya match dengan yang ditampilkan di website.
  • Dapatkan banyak respon positif yang bisa kamu dapatkan dari masing-masing lokasi tersebut, terutama via Google.

source: searchengineland.com

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *