Marketing Communication Adalah
Marketing Communication adalah Kunci dari Pemasaran Anda
April 7, 2020
Mencari Tahu Domain dan Hosting
Domain dan Hosting, Hal Penting Dalam Pembuatan Website
April 7, 2020
Show all

Adobe XD, Aplikasi yang Cocok Untuk Membuat Mobile App

Adobe XD Adalah

Adobe XD Adalah

Teknologi yang semakin berubah dan juga berkembang menghasilkan berbagai inovasi untuk berbagai macam industri, salah satunya adalah industri teknologi. Di tahun 2016, Adobe membuat software terbaru yang bernama Adobe XD. Adobe XD adalah sebuah software yang bisa dimanfaatkan oleh para desainer aplikasi mobile

Terlebih lagi saat ini, aplikasi mobile menjadi bagian dalam hidup masyarakat yang tidak bisa disingkirkan begitu saja, hal ini membuat banyak orang yang menggunakan aplikasi mobile setiap harinya untuk menunjang aktivitas sehari – hari agar bisa berjalan dengan lancar.

Adobe XD adalah aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para desainer aplikasi mobile dalam pengembangan UX/UI. Sebagai sebuah software, akan ada yang namanya kelebihan dan juga kekurangan. Apa saja itu? Berikut penjelasan secara lebih lengkapnya.

Kelebihan Adobe XD adalah

Adobe XD adalah aplikasi dengan fungsi yang akan menunjang proses desain sebuah aplikasi mobile, dengan berbagai kelebihan yang sangat berguna , dan bisa memberikan kemudahan dan menciptakan workflow yang lebih baik lagi. Berikut beberapa kelebihan yang bisa dirasakan:

 

  • Prototyping tools

 

Salah satu manfaat dari adobe XD adalah membuat alur kerja yang lebih baik dan terperinci sekaligus teratur sehingga ketika ada proyek desain lainnya, tidak akan saling mengganggu satu sama lainnya.

 

  • Focused design tools

 

Tools yang bisa membantu untuk membuat kerangka kerja, mockup hingga screen layouts and production untuk desain yang lainnya.

 

  • Asset design from Photoshop, Sketch, Illustrator

 

Adobe memiliki beberapa software yang bisa digunakan untuk mendesain seperti Photoshop, Sketch dan Illustrator. Adobe juga mendukung platform – platform ini untuk bisa memasukkan aset desain ke dalam proyek yang sedang dikerjakan di Adobe XD. Yang akan semakin memudahkan proses pekerjaan seorang desainer.

 

  • Built-in sharing

 

Tools ini bisa merekam video selama proses pengerjaan desain sehingga, Anda dapat mengecek kembali ataupun dilihat oleh desainer lainnya melalui fitur Creative Cloud.

 

  • Fast performance

 

Performa yang cepat adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh adobe, yang bisa memastikan lancarnya proses pekerjaan Anda.

Kekurangan Adobe XD Adalah

Dengan berbagai kelebihan di atas, Adobe XD tetap saja memiliki kekurangan yang bisa dirasakan ketika menggunakannya, seperti:

 

  • Difficult animating UI

 

Dalam membuat sebuah prototype Anda sangat ingin bisa menunjukkan hal apa saja yang akan ditampilkan dari aplikasi mobile tersebut, namun dengan Adobe XD, tidak ada tools animasi yang support dengan Adobe XD, dan tentu saja akan mengecewakan.

 

  • No CSS export

 

CSS export bisa membuat desainer bekerja lebih simpel lagi dan mempercepat proses pengerjaan. Tapi, saat ini adobe XD masih belum menyediakan fitur ini.

 

  • Copy/Paste feature

 

Sayang sekali Adobe XD tidak menyediakan fitur copy paste yang tidak mumpuni dan akan  menyulitkan kinerja seorang desainer.

Kesimpulan

Adobe XD adalah sebuah tools desain yang berbasis vektor untuk aplikasi web dan juga aplikasi mobile, yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe. Yang saat ini tersedia untuk macOS dan Windows.

Aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk Anda dan memudahkan proses pembuatan prototype aplikasi Anda dengan berbagai kelebihan yang sudah ditawarkan.

Baca Juga: Adobe Premiere Pro CC, Aplikasi Editing Foto Untuk Anda

Jadi, apakah Anda akan menggunakan aplikasi Adobe XD ini untuk membuat prototype aplikasi mobile Anda? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini untuk bisa memberikan informasi kepada orang luas.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *