Hosting Adalah Rumah Website
Hosting Adalah Rumah Untuk Website Anda
April 6, 2020
Voice Search Optimization Tips
Voice Search Optimization Tips Dalam SEO
April 7, 2020
Show all

Coding Adalah Skill yang Berguna di Zaman Sekarang

Coding Adalah Bahasa Pemrograman

Coding Adalah Bahasa Pemrograman

Perkembangan zaman membawa berbagai macam peluang baru untuk orang – orang. Salah satunya adalah kesempatan untuk mengembangkan berbagai skill yang berguna untuk pekerjaan Anda. salah satunya coding. Coding adalah skill yang dibutuhkan oleh seorang programmer untuk membuat berbagai macam hal, mulai dari website hingga aplikasi smartphone.

Terlebih lagi saat ini para programmer merupakan profesi yang sangat dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan, mulai dari start up hingga perusahaan besar, tentu saja dengan gaji yang besar. 

Sebelum mempelajari coding lebih lanjut, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu apa itu coding.

Coding Adalah

Coding adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang akan dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman yang digunakan, yang kemudian akan dikonversi menjadi kode – kode untuk dibaca oleh mesin atau komputer. Perintah tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin menggunakan compiler.

Coding adalah cara untuk berkomunikasi antara manusia dan komputer agar bisa melaksanakan tugas tertentu dan juga memecahkan sebuah masalah.

Fungsi dan Manfaat Coding

Kegiatan coding adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Namun di jaman yang saat ini serba digital dan juga canggih, menjadikan seorang programmer sebagai salah satu profesi yang akan digaji dengan tinggi. Berikut beberapa fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari skill coding ini:

  • Kemampuan untuk coding yang bisa Anda gunakan untuk membuat website, program, game, aplikasi , dan masih banyak lagi.
  • Skill yang akan sangat berguna dalam profesi programming yang dibayar cukup tinggi saat ini.

Contoh bahasa Pemrograman (Coding)

  1. C

Bahasa C ini termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C ini mulai dikembangkan sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie. 

  1. C++

C++ merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir mirip, tetapi kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. 

  1. C#

C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

  1. PHP

PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf. PHP (PHP Hypertext Pre-processor) adalah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang dirancang untuk membangun website yang dinamis. Selain itu banyak website – website ternama seperti Facebook, WordPress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya.

  1. JAVA

Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. 

  1. JavaScript

JavaScript adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript kebanyakan terdapat pada development website. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat website yang interaktif dan juga menarik.

  1. Python

Bila kita melihat tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membangun aplikasi, dengan basis web ataupun berbasis mobile

Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman yang akan Anda jumpai. Masih akan ada bahasa – bahasa lainnya yang akan Anda jumpai ketika belajar coding.

Baca Juga: Cara Membuat Website Sederhana Dengan HTML dan CSS

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *