Taksonomi Website
Mantapkan SEO dengan Taksonomi Website yang Baik
Maret 31, 2020
SEO Report yang Baik untuk Klien Anda
Cara Membuat SEO Report yang Baik untuk Klien Anda
Maret 31, 2020
Show all

Engagement Marketing: Membangun Relasi dengan Konsumen

Engagement Marketing

Engagement Marketing

Hubungan Baik dengan konsumen adalah kunci agar bisnis Anda dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Engagement Marketing hadir sebagai salah satu strategi yang bisa membantu Anda dalam membangun hubungan baik dengan para konsumen. Menjaga hubungan baik dengan para konsumen bisa menunjukkan keseriusan Anda dalam berbisnis.

Apa itu Engagement Marketing

Secara sederhana, Engagement Marketing adalah penggunaan konten yang strategis dan menciptakan interaksi yang memiliki makna dari waktu ke waktu. Engagement Marketing selalu ingin para pelanggan terlibat secara aktif dalam pembuatan program pemasaran daripada hanya sebagai penerima serta target dari strategi pemasaran.

Proses dari Engagement Marketing

Untuk memulai sebuah proses dari Engagement Marketing ada beberapa langkah yang bisa menjadi perhatian Anda, seperti:

 

  • Visibilitas

 

Visibilitas adalah bagaimana bisnis Anda bisa dengan mudah dilihat oleh para konsumen potential Anda, beberapa tools yang bisa membantu Anda membangun adalah Attribute Model, Buyer Personas, KPI (Key Performance Index) ,Inbound & Outbound Marketing.

 

  • Attraction

 

Hal ini merujuk pada saat konsumen pertama kali berinteraksi dengan Anda. Buatlah konten yang akan menarik perhatian konsumen sekaligus menimbulkan keinginan untuk berinteraksi, entah itu sekedar klik, membaca, komen, atau mendownload. Tools yang bisa Anda gunakan adalah Personalized Content, dan Content Marketing Strategy.

 

  • Interest

 

Setelah mendapatkan klik, komen, atau download, jangan biarkan konsumen Anda pergi begitu saja. Gunakan strategi lainnya untuk tetap bisa membuat mereka teta terlibat dengan Anda. Tools yang bisa membantu Anda adalah Helpful Content, Customer Control, dan Marketing Automation.

 

  • Relationship

 

Kini saatnya bagi Anda membangun hubungan dengan para konsumen, secara online maupun offline. Saatnya Anda menggunakan CRM (customer relationship management). 

 

  • Commitment

 

Pada tahap ini para konsumen akan melakukan aksi final, bisa berupa pembelian ataupun pendaftaran, dengarkan dan bantu dengan seksama para konsumen pada tahap ini. Tools yang akan membantu Anda adalah Customer Surveys & Feedback, KPI, dan apapun yang dibutuhkan oleh konsumen Anda.

Strategi Engagement Marketing

Ada banyak sekali strategi yang bisa Anda lakukan, beberapa diantaranya adalah:

Cintai Konsumen Anda

Konsumen adalah pilar penting dalam bisnis Anda, jika Anda menganggap mereka tidak penting, maka akan ada kemungkinan besar mereka akan memilih kompetitor Anda. Para konsumen akan bisa membantu Anda dalam beberapa hal, mulai dari menulis review yang baik tentang Anda hingga merekomendasikan Anda kepada orang lain.

Social Media Sebagai Tool Membangun Engagement

Meningkatkan jumlah followers di social media akan secara langsung berdampak pada pertumbuhan dan loyalitas audiens Anda. Dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai angka sekitar 2,3 miliar orang, menjadikan social media sebagai sebuah tools yang paling penting bagi Anda untuk  melibatkan para konsumen ke dalam strategi Engagement Marketing Anda. 

Tawarkan Value untuk Konsumen Anda

Kepuasan konsumen adalah hal yang selalu harus Anda prioritaskan. Untuk membangun atau mempertahankan hal ini, Anda bisa menawarkan berbagai macam hal yang memiliki value bagi mereka. Hal ini akan bisa membuat mereka “terobsesi” dengan Anda, yang tentu saja adalah hal yang baik.

Kesimpulan

Engagement Marketing adalah hal yang sangat penting saat ini, mengingat semakin banyaknya persaingan yang ada. Menjaga hubungan baik dengan konsumen dipercaya bisa membantu bisnis Anda untuk bertahan. Berikan pelanggan Anda pengalaman yang konsisten dan luar biasa, dan Anda akan dihargai dengan kepercayaan dan kesetiaan mereka.

Baca Juga: Hashtag Marketing, Strategi Bermanfaat Untuk Bisnis Anda

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *