Fitur Baru Instagram
Fitur Baru Instagram dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda
Maret 3, 2020
Memilih Konsultan SEO
Cara Memilih Konsultan SEO yang Tepat
Maret 3, 2020
Show all

Mengenal Google Tag Manager Dengan Banyak Manfaat

Google Tag Manager Adalah

Google Tag Manager Adalah

Sebagai raksasa teknologi dunia pada saat ini, Google terus berusaha memberikan inovasi terbaik lewat produk yang mereka ciptakan. Cukup banyak produk Google yang sering digunakan sehari-hari, seperti Google Maps hingga Gmail. Tidak hanya berhenti di situ saja, Google juga memiliki produk untuk para IT dan developer website yang membutuhkan bantuan tool yang bisa memudahkan kerja mereka. Produk tersebut adalah Google Tag Manager.

Sesuai namanya, Google Tag Manager adalah alat untuk meletakkan tag. Sebelum masuk lebih dalam, sebenarnya tag merupakan potongan kode yang dimasukkan atau di-embed di JavaScript atau HTML sebuah website untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Informasi tersebut bisa dalam bentuk berapa banyak orang yang mengunjungi halaman website, link apa saja yang paling banyak dibuka, bagaimana caranya orang bisa masuk ke website, hingga produk apa yang mereka hilangkan dari keranjang belanja. Dengan tag tersebut, maka bisa diperoleh informasi yang sesuai. Tag juga memberikan informasi tersebut ke produk Google lainnya yang juga digunakan, seperti Google AdWords, Google Analytics, dan lainnya.

Penjelasan Google Tag Manager

Setelah Anda mengetahui kegunaan tag, sekarang saatnya membahas Google Tag Manager. Sebagai sebuah produk khusus tag, maka Google Tag Manager adalah alat yang mampu membuat seluruh proses penempatan tag sudah pasti lebih mudah. Cara penggunaannya pun mudah. Anda tinggal memasukkan kode ke dalam website sebanyak satu kali saja. Nanti dengan Google Tag Manager, maka akan otomatis dimasukkan ke bagian yang sesuai. Anda juga tidak perlu lagi menuliskan tag yang sama terus menerus. Google Tag Manager bisa membuat dan memonitor tag, sehingga kerja Anda menjadi lebih efisien dan mudah. 

Baca Juga: Pahami Google Analytics dan Google Tag Manager, Serta Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Manfaat Penggunaan Google Tag Manager

Ada berbagai macam manfaat penggunaan Google Tag Manager yang bisa memudahkan kerja para penggiat IT dan developer, seperti:

  • Dengan Google Tag Manager, IT dan developer tidak perlu kesulitan membuat kode untuk menanamkan tag di dalam website. Pekerjaan lain yang lebih penting bisa dikerjakan oleh mereka.
  • Walaupun tag tersebut dibuat oleh Google Tag Manager, tetap saja Anda bisa mengubah dan mengatur tag sesuai dengan keinginan. Bukan berarti karena dibuat oleh Google Tag Manager, maka tidak bisa Anda custom
  • Tag yang dibuat Google Tag Manager sudah pasti memiliki jaminan kualitas. Dengan kondisi ini, maka masalah yang biasanya terjadi dalam proses pembuatan bisa terminimalisir karena kesalahan manusianya itu sendiri.
  • Tidak hanya berhenti di situ saja. Masih ada satu keunggulan dari Google Tag Manager. Kualitas pekerjaan Anda sudah pasti lebih terjamin karena sistem yang dibuat sudah mampu menunjang itu semua. Hasil yang dibuat oleh alat ini juga pasti memiliki akurasi yang baik di dalam penggunaan alat analitiknya. Terakhir ketika Anda ingin membuat laporan, maka data-data yang terdapat di dalamnya sudah pasti bisa dipertanggung jawabkan karena informasi yang dihadirkan merupakan angka yang sebenarnya.

Bagi para developer yang memang membutuhkan bantuan dalam membuat tag, sangat disarankan untuk menggunakan Google Tag Manager. Jangan sampai lewatkan kesempatan menggunakan alat ini. Semoga informasi yang diberikan berguna untuk Anda. Sebaiknya jangan lupa untuk memberikan komentar di artikel ini dan share artikel ini di media sosial milik Anda agar semakin banyak orang yang mendapatkan informasi berguna ini.

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *