Sejarah Myspace
Sejarah Myspace, Media Sosial yang Berjasa Untuk Musik
Maret 16, 2020
Cara Monetisasi Video Youtube
Cara Monetisasi Video Youtube Yang Bisa Anda Coba
Maret 17, 2020
Show all

Saatnya Anda Mengetahui Apa Itu Account Executive

Apa itu Account Executive

Apa itu Account Executive

Bagi Anda yang ingin bekerja di dunia agensi, ada salah satu jenis pekerjaan yang bisa Anda coba untuk kuasai, yaitu Account Executive (AE). AE bisa menjadi sebuah profesi menarik untuk Anda coba, terlebih lagi jika Anda adalah seorang yang senang berkomunikasi.

Tapi Apa itu account executive dan bagaimana caranya menjadi seorang account executive? Mari kita mengetahuinya secara lebih lanjut.

Apa itu Account Executive

Jika Anda bertanya apa itu account executive, cara mudah untuk menjawabnya adalah seseorang yang akan menjaga hubungan antara agensi dan klien. Namun tugas mereka bukan hanya sekedar itu. Ada hal – hal lain yang juga mereka kerjakan, mulai dari menyampaikan ide, menyusun budgeting, dan juga membuat perencanaan.

AE adalah jenis profesi yang baru terkenal dalam beberapa tahun terakhir ini, mengiat mulai banyaknya muncul berbagai jenis agensi, mulai dari advertising hingga digital marketing. Tentu akan ada banyak lowongan pekerjaan yang tersedia untuk posisi ini.

Peran Dari Seorang Account Executive

Pada umumnya, jobdesk dari seorang AE kurang lebih sama dengan sales. Mereka merupakan bagian dari tim Marketing dan/atau Sales, yang berada di level pemula alias entry level. Tugas utama dari seorang AE adalah melakukan pendekatan dan penawaran kepada berbagai perusahaan yang akan menjadi target klien, hingga menghasilkan sebuah kerjasama yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam industri media dan periklanan, peran dari seorang AE agak sedikit berbeda. Banyak dari mereka fokus untuk mencari perusahaan yang akan mengisi ruang iklan yang sudah disediakan. Walaupun begitu, keduanya sama – sama memiliki tantangan tersendiri yang menarik untuk Anda jajal.

Baca Juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Content Writer?

Ada beberapa keahlian yang bisa membuat Anda menjadi seorang AE yang baik yang akan kita bahas pada poin selanjutnya.

Skill yang Akan Membantu Seorang Account Executive

Ada beberapa skill yang bisa membantu pekerjaan seorang AE, beberapa diantaranya adalah:

 

  • Public Speaking yang Baik

 

Kerjasama yang baik akan dapat dibangun jika seorang AE memiliki kemampuan public speaking baik yang dapat menarik perhatian para klien. Seperti memberi penjelasan mengenai berbagai benefit yang akan didapat klien ketika menjalin kerjasama dengan perusahaan Anda.

 

  • Pengetahuan di BIdang Marketing

 

Pengetahuan yang cukup dalam bidang marketing akan bisa membantu Anda untuk bisa menjalin kerjasama dengan para klien. 

 

  • Mengutamakan Klien

 

AE bukan hanya menjadi seseorang yang bertugas untuk meningkatkan keuntungan dari perusahaan, tetapi juga menjadi partner bisnis para klien. Ketika klien membutuhkan bantuan untuk membuat penganggaran, AE harus bersedia untuk membantu klien.

Bila Anda bisa menunjukkan performa yang maksimal kepada klien, pastinya klien akan setia pada perusahaan Anda, sehingga hubungan bisnis antara keduanya tetap bisa  berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.

 

  • Pola Pikir Menarik

 

Akan ada banyak klien yang akan dihadapi seorang AE, dengan kriteria nya masing – masing. AE harus memiliki pola pikir terbuka untuk bisa menghadapi berbagai perbedaan tersebut. Jika tidak, profesionalitas dari seorang AE akan berkurang di mata para klien. Semakin Anda paham bagaimana cara untuk menghadapi klien sesuai sifatnya, maka akan semakin meningkat servis yang Anda berikan.

 

  • Manajemen Yang Baik

 

Kemampuan untuk membuat jadwal yang baik akan semakin membantu Anda sebagai seorang AE. Dengan mencatat seluruh kegiatan Anda setiap harinya secara detail di notes, dan menuliskan nama klien beserta progresnya akan juga bisa membantu Anda untuk menjadwalkan kegiatan Anda.

Apakah Anda sudah paham apa itu account executive? Dan apa saja yang harus Anda miliki untuk menjadi AE yang baik. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *