SERP adalah
Pastikan Website Anda Muncul Pada SERP
Maret 17, 2020
App Snapchat
Snapchat, Social Media Unik Dengan Berbagai Fiturnya
Maret 18, 2020
Show all

Apa itu Slug? Apa Kegunaannya Untuk Website Anda?

Slug Adalah

Slug Adalah

Bila Anda menggunakan WordPress sebagai CMS untuk website, pasti akan sering melihat sebuah teks yang akan muncul setelah nama domain, dan menjadi bagian dari permalink. Teks tersebut biasa disebut sebagai Slug. Bila Anda adalah seorang yang masih pemula dalam dunia blog dan website, Anda akan bertanya apa itu Slug?

Apa Itu Slug

Seperti yang sudah disebutkan diatas, WordPress Slug adalah sebuah teks yang akan diletakkan ataupun muncul setelah nama domain dan menjadi bagian dari permalink yang berfungsi untuk mengarahkan pengunjung website untuk masuk ke konten Anda.

Hal ini bisa dilakukan secara otomatis oleh WordPress, namun Anda juga bisa memasukkannya secara manual.

Cara Membuat dan Mengatur Slug di WordPress

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur hal ini, beberapa diantaranya adalah:

 

  • WordPress Post Slug

 

Untuk bisa mengubah Slug dari postingan WordPress Anda, yang pertama dilakukan adalah arahkan kursor Anda ke kolom di bawah Title dan cari Permalink URL. Bila tidak ada permalink, Anda harus membuat dan memasukkan judul postingan terlebih dulu. Setelah permalink muncul, Anda baru bisa mengedit slug dengan mengklik opsi Edit. Setelah itu, klik OK.

 

  • WordPress Page Slug

 

Tidak berbeda jauh dengan post slug, membuat dan mengatur page slug juga bukan hal yang sulit. Permalink URL dari halaman situs berlokasi di bawah kolom nama halaman. Klik Edit, ketikkan Slug untuk halaman yang dituju, dan klik OK.

Ada beberapa Slug yang bisa Anda atur secara lebih lanjut, Anda bisa membacanya disini.

Tips Dalam Membuat Slug WordPress

 

  • Menargetkan keywords SEO

 

Memasukan keyword di dalam URL dipercaya dapat semakin meningkatkan peringkat dari website Anda. Tidak ada ruginya untuk mencoba hal ini.

 

  • Hindari kata hubung

 

Slug WordPress Anda haruslah SEO-friendly, sebisa mungkin jangan menyertakan kata – kata yang tidak Anda butuhkan, termasuk kata hubung, contohnya seperti seperti di, ke, dan pada. Jika Anda membuat suatu postingan dalam Bahasa Inggris, hindarilah penggunaan stopwords, seperti a, the, dan and

Baca Juga: URL itu Apa? Mengapa Penting Dalam Internet?

Install plugin khusus SEO, seperti Yoast SEO, yang akan bisa membantu Anda untuk menghindari dan menghapus kata – kata yang tidak perlu dimasukan ke dalam permalink atau Slug.

 

  • Slug yang simpel dan informatif

 

Slug yang simpel akan sangat user-friendly dan lebih disukai Google. Sebaiknya buatlah Slug yang pendek, singkat, dan juga tepat sasaran dengan memasukkan keyword yang ingin ditargetkan.

 

  • Manfaatkan Redirect

 

Jika Anda diharuskan untuk mengganti Slug WordPress, maka hal ini bisa mempengaruhi seluruh tampilan dari URL. Baik user maupun mesin pencari tidak akan lagi bisa menemukan konten – konten Anda yang menggunakan URL lama tersebut.

Apabila hal ini tidak bisa dihindari lagi, ada sebaiknya Anda membuat 301 redirect yang akan dapat mengalihkan para pengunjung website dari Slug lama menuju Slug baru. Untuk membuat halaman pengalihan, install dan aktifkan plugin SEO Yoast atau Redirection.

Kesimpulan

Anda sudah mengetahui apa itu Slug. Slug adalah teks yang akan diletakkan setelah nama domain dan menjadi bagian dari permalink. Mengoptimasi hal ini akan bisa semakin membantu website Anda untuk disukai oleh mesin pencari, dan juga para pengguna dari website Anda.

Jadi apakah Anda sudah tau apa itu Slug? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *