Pinterest SEO
5 Tips Sukses Pinterest SEO yang Bisa Anda Manfaatkan
Maret 27, 2020
Masalah Digital Marketing
Masalah Digital Marketing yang Bisa Anda Hindari
Maret 30, 2020
Show all

Hindari Google Algorithm Penalty yang Bisa Merugikan Anda

Cara Menghindari Google Algorithm Penalty

Cara Menghindari Google Algorithm Penalty

Google algorithm penalty adalah hal yang sangat menakutkan bagi Anda yang memiliki website. Penalti ini akan bisa mengacaukan segala kerja keras dan sumber daya yang sudah Anda tuangkan untuk membuat website tersebut mendapatkan ranking pada hasil pencarian Google.

Penalti akan berlaku bagi website yang melanggar apa saja yang tidak disetujui oleh Google ataupun adanya perubahan algoritma. Google algorithm penalty merupakan hasil dari algoritma yang telah berkembang dan terus berubah. 

Apa itu Google Algorithm Penalty

Penalti akan diberikan oleh Google kepada website yang melakukan aktivitas – aktivitas yang melanggar pedoman webmaster nya. Secara sederhana, Google penalti adalah dampak negatif pada peringkat dan traffic website yang disebabkan oleh perubahan algoritma yang menentukan hasil pencarian atau website yang melanggar secara sengaja dan mencoba untuk mengakali Google. Walaupun setiap cara yang Anda lakukan saat ini untuk mengelabui Google bisa memberikan hasil yang bagus, namun pada akhirnya Google akan menyadari hal ini dan akan memberikan penalti untuk Anda.

Hal yang Akan Memicu Google Algorithm Penalty

Google tidak akan memberikan penalti tanpa ada sebab yang jelas, ada beberapa hal yang memicu Google untuk memberikan Anda penalti, seperti:

  1. Link tersembunyi
  2. Cloaking
  3. Website yang membawa para pengunjung ke halaman yang lain.
  4. Menggunakan Keyword yang tidak relevan
  5. Menggunakan segala macam Teknik SEO Black Hat.

Pengaruh Google Algorithm Penalty untuk Anda

Salah satu dampak yang bisa terjadi ketika website Anda mendapatkan penalti adalah website tidak lagi terdaftar pada halaman hasil pencarian, atau peringkat website Anda turun secara drastis. Hal ini tentu akan berdampak pada penurunan traffic dan hilangnya para pengunjung Anda dan turunya pendapatan Anda.

Cara menghindari Google Algorithm Penalty 

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk bisa menghindari penalti dari Google. Beberapa caranya adalah:

  1. Perhatikan Guidelines Google. Ikuti setiap aturan yang sudah dibuat oleh Google Agar Anda terhindar dari penalti.
  2. Audit Konten Anda. Lakukan hal ini untuk bisa memastikan konten – konten Anda yang terdahulu sudah sesuai dengan algoritma terbaru dari Google. Terutama konten – konten Anda yang memiliki pengunjung yang banyak.
  3. Konten Berkualitas. Konten merupakan bagian penting dari sebuah website, dan konten yang berkualitas tentu akan membantu website Anda mendapatkan traffic. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menghindari penalti sekaligus menjadi faktor untuk bisa mendapatkan ranking.
  4. Hindari Spam. Penggunaan komentar spam dianggap sebagai teknik SEO Black Hat yang digunakan untuk meningkatkan popularitas dan peringkat website. Secara  sederhana, komentar spam mengacu pada link yang di sematkan pada komentar di berbagai blog dengan tujuan mempromosikan situs website lain.
  5. Up to date dengan pembaruan algoritma Google. Dengan tetap update, Anda akan bisa menemukan berbagai cara untuk tetap bisa mengoptimalkan website Anda tanpa harus terkena penalti dari Google.

Kesimpulan

Google algorithm penalty adalah cara bagi Google untuk menghukum orang – orang yang mencoba untuk mengelabui Google. Dan tetap memastikan adanya persaingan yang sehat antar website. Pastikan website Anda sudah teroptimasi tanpa melanggar aturan – aturan yang sudah ditetapkan oleh Google, dan perhatikan juga setiap update mengenai algoritma Google.

Baca Juga: Google BERT: Algoritma Google Untuk Memahami Bahasa

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *