3 Cara Meningkatkan Hasil Dari Iklan Online
Agustus 4, 2015
Kenapa Pemasaran Tradisional Tidak Lagi Efektif? – Ask Monday #18
Agustus 10, 2015
Show all

Meta Deskripsi / Meta Description

Meta deskripsi atau Meta description adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web. Meta deskripsi biasa digunakan di hasil pencarian mesin pencari (HPMP) untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.

Contoh kode

<head>
<meta name=”description” content=”ini adalah contoh penulisan meta deskripsi. Ini biasanya muncul di hasil pencarian.”>
</head>

Apa itu Meta Deskripsi?

Tag Meta deskripsi, walaupun tidak penting dalam peringkat mesin pencari, sangat penting untuk meningkatkan jumlah klik dari HPMP. Paragraf singkat ini adalah kesempatan dari pemilik web untuk memasarkan konten kepada pencari dan memungkinkan mereka untuk mengetahui halaman tersebut berisi informasi yang sedang mereka cari.

Meta deskripsi sebaiknya menggunakan kata kunci di dalamnya, tetapi juga membuat deskripsi yang menarik untuk membuat pencari ingin klik website anda. Relevansi langsung kedalam halaman dan keunikan di setiap halaman adalah kuncinya. Deskripsi yang baik terdiri dari 150-160 karakter.

Langkah Praktis SEO

Menulis Iklan Yang Menarik

Tag meta deskripsi memiliki fungsi sebagai tulisan iklan. Ini menarik pembaca ke dalam sebuah website dari HPMP dan merupakan bagian penting dari search marketing. Menulis agar mudah di baca dan menggunakan kata kunci yang tepat akan meningkatkan jumlah pengunjung masuk kedalam web. Untuk meningkatkan tingkat jumlah-klik dari hasil pencarian mesin pencari, perlu kita ketahui bahwa Google dan mesin pencari lain akan menebalkan kata kunci dalam deskripsi saat kata-kata ini sesuai dengan apa yang di cari.

Jumlah Karakter Yang Direkomendasikan

Jumlah karakter di meta deskripsi tidak terbatas, tetapi mesin pencari biasanya memotong deskripsi yang panjangnya lebih dari 160 karakter. Sangat disarankan untuk menulis meta deskripsi dalam 150-160 karakter.

Bukan Faktor Peringkat Google

Google mengumumkan di September  2009 bahwa meta deskripsi ataupun meta kata kunci bukan hal yang di perhatikan dalam algoritma menentukan peringkat dari Google. Google menggunakan meta deskripsi untuk memberikan hasil saat pencari menggunakan operator tingkat lanjut dalam Google, dan juga untuk menampilkan gambaran umum di halaman hasil pencarian, tetapi perlu di catat bahwa meta deskripsi mempengaruhi algoritma peringkat dari Google untuk pencarian umum.

Tanda Petik Memotong Deskripsi

Pada saat tanda petik digunakan dalam meta deskripsi, Google memotong deskripsi tersebut. Untuk mencegah meta deskripsi ini dipotong, lebih baik menghilangkan semua karakter yang bukan alphanumeric dari meta deskripsi. Apabila tanda petik ini penting untuk meta deskripsi anda, anda bisa menggunakan tanda petik satu daripada tanda petik dua.

Terkadang Tidak Masalah Untuk Tidak Menulis Meta Deskripsi

Walaupun secara umum lebih baik untuk menulis meta deskripsi, daripada membiarkan mesin yang membuatnya dari halaman tersebut, ini tidak selalu yang terjadi. Apabila halaman tersebut ditargetkan untuk satu hingga tiga kata kunci tertarget, maka anda ingin menuliskan meta deskripsi untuk halaman tersebut. Namun apabila halaman tersebut dibuat tanpa penargetan kata kunci yang spesifik, mungkin anda ingin membiarkan mesin yang membuatnya untuk anda. Kenapa? Karena saat mesin yang membuatkan untuk anda, maka mesin akan menarik sesuai dengan apa yang dicari. Hal ini membuat tulisan di hasil pencarian lebih relevan.

 

Nana Damayanti
Nana Damayanti
Saya adalah Founder dari ToffeeDevSaya menyukai design yang bukan hanya bagus di mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan.

8 Comments

  1. Tiarka Florist berkata:

    gimana yaa supaya terbaca di bing webmaster

  2. Ade Mulyadi berkata:

    Terima kasih informasinya, saya jadi paham sekarang tentang fungai meta deskripsi tersebut.

  3. ridlo berkata:

    makasih mba admin penjelsannya cukup komplek

  4. Mau tanya min, perubahan meta keyword lama ke yang baru ada efek sampingnya gak ke kinerja google?

  5. alan berkata:

    terimakasih sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *