imovie apk
Edit Video Dengan iMovie, Eksklusif Untuk Pengguna Apple
Maret 18, 2020
Clickbait Adalah
Apa itu Clickbait? Mengapa Sering Diperdebatkan?
Maret 18, 2020
Show all

Bagaimana Menerapkan Journalism SEO yang Tepat?

Journalism SEO

Journalism SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi strategi dalam bisnis yang sedang naik daun saat ini. Dengan menerapkan SEO yang tepat dan sesuai, maka website dari bisnis tersebut bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google dengan keyword tertentu. Untuk bisa mencapai tujuan itu, ada satu hal yang menjadi bagian penting dalam strategi SEO yaitu membuat artikel. Pembuatan artikel ini tidak bisa sembarangan dan asal-asalan. Kualitas yang diberikan harus tetap baik dengan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Prinsip journalism SEO harus bisa diterapkan dengan tepat di sana.

Pertanyaannya adalah bagaimana menerapkan journalism SEO yang tepat? Apalagi mengingat tidak semua content writer yang membuat artikel ramah SEO tahu tentang prinsip jurnalistik yang baik. Sebenarnya ada beberapa cara agar journalism SEO bisa berada dalam jalurnya dan tidak melupakan prinsip jurnalistik yang sudah ada pakemnya juga.

Di bawah ini ada beberapa poin tentang journalism SEO yang perlu Anda ketahui, khususnya bagi para content writer dan jurnalis yang masih bingung bagaimana membuat artikel yang ramah SEO dan tetap memiliki prinsip jurnalistik.

Tetap Fokus Kepada Keyword

Poin pertama yang tetap harus Anda lakukan dalam journalism SEO adalah fokus kepada keyword. Tidak mungkin membuat artikel yang SEO friendly namun melupakan penggunaan keyword. Untuk artikel SEO, memang sulit untuk menggunakan keyword yang sembarangan. Harus ada proses keyword research terlebih dahulu dengan menggunakan beberapa tools yang telah tersedia.

Selain itu, sebenarnya Anda juga bisa menemukan keyword yang sedang naik daun dengan melihat tren yang ada di masyarakat. Untuk cara ini, memang tidak bisa dibuktikan dengan angka, tapi melihat dari tren di media sosial dan media online. Dari sana, maka Anda bisa mendapatkan trafik ke dalam website melalui artikel yang sesuai keyword.

Berikan Informasi yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Banyak SEO content writer yang memang tidak memiliki  dasar ilmu jurnalistik. Itu tidaklah salah, tetapi sayangnya dari segi kualitas informasi yang diberikan, terkadang tidak bisa dipertanggungjawabkan atau malah terkesan asal-asalan. Untuk itu, dalam journalism SEO, tetap jangan lupa memberikan informasi yang sesuai fakta yang ada. Anda bisa mencari informasi tersebut di website yang sudah terbukti kualitasnya. Jangan malah mencari informasi dari website yang tidak jelas.

Namun Jangan Fokus Kepada SEO Saja

Walaupun journalism SEO fokus kepada keyword, tetap jangan hanya fokus terhadap SEO saja. Anda jangan lupa untuk memberikan kualitas tulisan yang berkualitas. Kualitas tulisan yang baik itu bisa dilihat dari beberapa poin, seperti: tulisan yang enak dibaca, informasi yang diberikan jelas, tata penulisannya runut, dan kesalahan penulisan yang minim.

Baca Juga: Optimalkan Digital Marketing Anda Dengan Content Marketing

Untuk bisa memenuhi seluruh poin itu, memang tidak dapat dipungkiri harus dengan memupuk pengalaman dan terus latihan. Seiring berjalannya waktu, maka kualitas tulisan yang Anda berikan pasti terus meningkatkan. Inilah mengapa, seorang SEO content writer tidak boleh hanya fokus kepada SEO saja. Ketika SEO yang baik digabungkan dengan tulisan yang berkualitas, maka hasilnya adalah satu kombinasi konten yang bisa memuaskan pembaca dan juga mesin.

Dengan penjelasan di atas, Anda sekarang sudah tahu tentang journalism SEO dan bagaimana menerapkanya. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini di media sosial Anda agar lebih banyak yang membacanya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *