Inilah Tips Kerja Remote
7 Tips Kerja Remote Khusus untuk Anda
April 9, 2020
Pentingnya Heading Tag Dalam SEO
Pentingnya Heading Tag untuk Keberhasilan SEO Anda
April 9, 2020
Show all

Mobile First Index SEO: Pengertian dan Cara Optimasinya

Pengertian Mobile First Index SEO

Pengertian Mobile First Index SEO

Perangkat mobile saat ini telah menjadi sumber utama dari trafik internet di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri , pengguna internet yang mengakses melalui perangkat mobile sudah mencapai angka 94 persen. Pada 2018, Google secara resmi merilis algoritma terbaru yang bisa memberikan hasil pencarian di mobile yang lebih baik dengan merilis  Google Mobile First Index. Munculnya algoritma ini juga memicu munculnya strategi baru, yaitu mobile first index SEO, yang akan kita bahas di artikel ini.

Apa itu Mobile First Index SEO

Mobile first index SEO adalah strategi SEO yang muncul untuk bisa mengoptimalkan website disaat algoritma Google Mobile First Index diperkenalkan. Para ahli SEO akan melakukan berbagai macam cara untuk mengoptimasi konten dan juga halaman – halaman website mereka untuk perangkat mobile.

Google Mobile First Index sendiri adalah cara indeksasi Google yang akan mengutamakan versi mobile dari website dalam menentukan ranking. Jika sebelumnya Google menentukan ranking dengan menilai performa website di versi desktop, dengan hadirnya algoritma Google Mobile First Index, Google akan menilai performa website melalui crawling website versi mobile

Bila performa website versi mobile Anda tidak bagus, hal ini akan memberikan pengaruh yang buruk untuk penilaian SEO Anda. Masih banyak pemilik website yang belum sadar bagaimana pentingnya performa website di perangkat mobile.

Saatnya Cek Performa Website versi Mobile Anda

Pastikan Anda mengecek kondisi performa dari website versi mobile Anda sebelum melakukan optimasi mobile first index SEO. Ada beberapa situs yang bisa Anda kunjungi, seperti:

Anda hanya perlu memasukkan alamat dari website yang ingin di cek performanya, setiap tools ini akan melakukan inspeksi dan memberikan penilaiannya. 

Cara Optimasi Mobile First SEO

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat website Anda menjadi mobile friendly. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat website Anda teroptimasi untuk bisa bertahan di algoritma Mobile First Index :

 

1. Gunakan Tema yang Responsif

 

Saat ini sudah banyak tema WordPress yang mobile friendly. Sehingga Anda hanya perlu memilihnya dengan hati – hati, atau bisa dengan meng-update tema WordPress ke versi terbaru. Dan biasanya para developer sudah menambahkan fitur – fitur baru seperti mobile friendly.

 

2. Mobile First Design

 

Selain tema yang responsif ,Anda juga harus memiliki desain website yang mengikuti prinsip mobile first design. Sebelumnya banyak orang mendahulukan desain pada versi desktop, namun sudah saatnya untuk menjadikan desain mobile sebagai prioritas.

Beberapa tips lainnya adalah:

  • Jangan Gunakan Adobe Flash Player
  • Gunakan Popup Sewajarnya
  • Terapkan Finger Friendly Design
  • Hindari Penggunaan Slider

 

3. Jangan Blokir CSS, JavaScript, atau Gambar

 

Pada awalnya, memblokir elemen – elemen seperti CSS, JavaScript dan gambar bisa membantu meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile. Elemen – elemen ini seringkali menyebabkan masalah di website versi mobile. Namun saat ini teknologi smartphone sudah bisa mengatasi masalah – masalah ini, sehingga tidak perlu memblokirnya lagi.

 

4. Tingkatkan Kecepatan Website

 

Kecepatan website adalah hal yang penting, baik di desktop maupun mobile. Pengunjung selalu menuntut kecepatan dalam loading website. Pengunjung tidak akan sabar untuk menunggu loading website yang lama. 

 

5. Gunakan Plugin Mobile WordPress

 

Salah satu cara yang paling praktis dan cepat untuk membuat website yang mobile friendly, adalah dengan menggunakan plugin mobile WordPress yang bisa menjadi solusi Anda. WordPress menyediakan berbagai pilihan plugin mobile untuk membantu Anda membuat website yang mobile friendly. Beberapa di antaranya adalah:

  • WPTouch
  • AMP for WP
  • Jetpack by WordPress

Kesimpulan

Berikut adalah cara bagi Anda dalam mengoptimasi mobile first index SEO yang akan bisa membantu website Anda untuk meraih hasil yang optimal di era mobile ini. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Baca Juga: Mobile First Design: Strategi Terbaik Dapatkan Kesuksesan

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *